Lebih Hemat Wifi atau Paket Data? Simak Ulasan Lengkapnya!

Lebih Hemat Wifi atau Paket Data

Selama masa pandemi ini rasanya memang lebih banyak orang yang akhirnya memilih untuk memasang wifi sebagai penyambung internet untuk melakukan WFH atau SFH. Hal ini dilakukan karena beberapa orang merasa bahwa penggunaan paket data dirasa lebih mahal. Sebenarnya lebih hemat WiFi atau paket data sih? Simak ulasanya berikut ini:

1. Jarak Penggunaan WiFi

Apabila membahas tentang lebih hemat WiFi atau paket data tentunya ini bisa dibilang merupakan penilaian yang subjektif. Tergantung dari bagaimana kebutuhan orang yang menggunakan internet. Masa penggunaan WiFi bisa dibilang cukup hemat meskipun digunakan oleh lebih dari satu orang dalam satu ruangan. Hal ini karena jaringan WiFi memang dapat dipakai secara kolektif dan dari jarak tidak lebih dari 100 meter.

2. Masa Penggunaan WiFi

Biasanya penggunaan WiFi dapat bertahan selama satu bulan penggunaan. WiFi juga bisa digunakan dalam waktu yang tidak berbatas atau bisa dibilang unlimited. Hal ini tentunya akan memudahkan pengguna supaya tidak perlu melakukan isi ulang selama satu bulan penuh. Pengguna tentunya juga bisa melakukan akses internet secara terus-menerus selama satu bulan nonstop.

3. Jarak Penggunaan Paket Data

Paket data bisa menjadi alternatif yang tepat apabila pengguna memang merupakan seseorang yang sering melakukan perjalanan atau pekerjaan diluar. Sama seperti WiFi yang bisa digunakan oleh lebih dari satu orang. Paket data juga bisa digunakan secara kolektif. Bedanya adalah penggunaan tethering atau sharing paket data ini tidak bisa dilakukan lebih dari radius 30 meter.

4. Dilihat Melalui Pembayaran Bulanan

Bila dilihat dari pembayaran bulanan pengguna WiFi diharuskan untuk membayarkan sekitar 300 ribu setiap bulannya. Pembayaran ini nantinya akan bisa digunakan dalam satu bulan nonstop dengan jarak maximal 100 meter dari perangkat wifi.  Penggunaan secara kolektif juga bisa dilakukan menggunakan WiFi. Hal ini tentunya akan menghemat pengeluaran bila pengguna memang membutuhkan banyak jaringan untuk membuka internet setiap harinya di rumah.

Sementara, paket data memang bisa dibilang tergantung dari pengguna. Apabila dalam satu minggu saja misalkan pengguna menggunakan paket data nonstop. Mulai dari media sosial dan aktivitas internet lain yang membutuhkan banyak kuota maka, dipastikan bahwa paket data akan cepat habis. Pengguna harus kembali mengisi paket data bila kuota telah habis meskipun waktu penggunaan masih tersisa hingga akhir bulan.

5. Masa Penggunaan Paket Data

Berbeda dengan WiFi yang bisa digunakan nonstop tanpa perlu isi ulang maka, paket data tentunya membutuhkan proses isi data setiap kali kuota habis. Pengisian kuota ini juga bisa dilakukan kapanpun tanpa ada batas waktu satu bulan seperti halnya WiFi. Pengguna bisa mengisi kuota setiap seminggu sekali atau bahkan satu bulan sekali. Tentu semuanya tergantung dari penggunaan internet yang dilakukan.

Apabila dalam satu minggu penggunaan kuota yang seharusnya cukup hingga satu bulan habis maka, sudah dipastikan pengguna harus mengisi kuota kembali bila telah habis. Bila dilihat dari pernyataan tersebut tentu dapat disimpulkan bahwa masa penggunaan paket data tetap tergantung dari jumlah kuota yang digunakan setiap harinya. Berbeda dengan WiFi yang memang sudah ditentukan masa berlakunya sehingga pengguna bisa menggunakan internet tanpa batas.

6. Tergantung Kebutuhan Pemakai

Penggunaan internet tentunya merupakan satu hal yang tidak bisa dihindari di masa digital sekarang ini. Hampir semua hal seakan bisa diakses bahkan harus diakses menggunakan internet. Melihat dari sini tentunya penggunaan kuota maupun WiFi akan jadi penyambung sempurna yang dapat digunakan. Untuk itu dalam menentukan mana yang lebih hemat serta praktis untuk digunakan tentunya tetap tergantung dari penggunanya sendiri.

Itulah pembahasan tentang lebih hemat wifi atau paket data. Hal ini tentu tetap harus ditentukan sendiri oleh setiap individu karena setiap kebutuhan internet yang berbeda. Tentunya penggunaan internet tetap tergantung dari individu itu sendiri. Apabila memang digunakan untuk dirubah dan nonstop akan lebih baik bila pengguna menggunakan WiFi.

Baca Juga:
5 Kelemahan CCTV Wifi yang Wajib Diketahui Sebelum Membeli
Cara Mengatur Jarak Jangkauan Wifi Indihome Bisa Diperluas dan Dipersempit
Cara Membatasi Bandwidth WiFi dengan dan Tanpa Aplikasi Tambahan

Related posts