5 Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect ke WiFi

  • Whatsapp
Cara mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect ke WiFi

Laptop tidak bisa connect ke WiFi tentu sangat mengganggu. Di saat kebutuhan untuk memakai internet semakin tinggi seperti era pandemi saat ini, banyak aktivitas yang tadinya tidak memerlukan koneksi WiFi menjadi bergantung pada keberadaannya. Penyebab dari hal ini sangat beragam, baik internal (dari laptopnya) ataupun sistem dari WiFi yang memang bermasalah.

5 Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect ke WiFi Di Rumah dengan Mudah

Berikut ini cara untuk mengatasi laptop yang tidak bisa tersambung ke WiFi yang bisa Anda lakukan sendiri.

1. Mengatur Ulang Jaringan

Lakukan pengaturan kembali jaringan internet. Ada kalanya penyebab gagalnya koneksi WiFi ke laptop yakni pengaturan internetnya tidak tepat. Langkah pertamanya adalah klik kanan lambang WiFi pada layar laptop. Pilihlah “Open Network”, pada halaman tersebut tekan “Change Adapter Options”.

Masuklah ke “Properties” pada gambar WiFi. Tekan dua kali di tulisan “Internet Protocol Version 4”. Nyalakan fitur otomatis dengan memilih kedua “Obtain” yang tersedia. Perintah ini akan mengarahkan WiFi untuk mencari pengaturan alamat IP beserta DNS-nya.

2. Menginstal Kembali Driver WiFi

Salah satu alasan laptop tidak bisa connect ke WiFi yakni driver WiFi-nya. Oleh karena itu, perlu uninstall kemudian menginstalnya kembali. Pastikan sudah memiliki file driver dari WiFi yang digunakan. Apabila belum punya, pengguna bisa memakai bantuan dari aplikasi tambahan bernama Driverpack Solution. Aplikasinya berukuran 6 MB saja dan kompatibel untuk Windows sistem 10, 8, hingga 7.

Sesudah mengunduh aplikasi, masuk ke “Device Manager”. Caranya klik kanan di lambang Windows. Selanjutnya carilah driver WiFi yang terinstal dalam “Network Adapters”. Di driver tersebut langsung klik kanan kemudian tekan”Uninstall”. Otomatis proses akan berjalan dan laptop bisa di-restart untuk mengatur ulang driver. Saat laptop menyala kembali, lakukan instalasi ulang pada driver WiFi.

3. Reset Ulang Koneksi

Perhatikan keterangan jaringan dengan mengarahkan kursor menuju lambang WiFi di layar laptop. Apabila ada tulisan “limited access” hal ini bisa disebabkan oleh cache ataupun data yang mulai menumpuk di laptop. Cache ini dapat mengakibatkan beban yang tidak diperlukan dan menyebabkan gangguan seperti bug dalam menerima sinyal WiFi.

Solusinya mudah, masuk ke “Command Prompt”, bisa dengan membuka aplikasinya langsung atau melalui Ctrl+R. Ketik perintah “netsh winsock reset catalog” lalu langsung klik “Enter”. Kali ini masukkan perintah berupa “netsh int ipv4 reset reset.log”. Berikutnya ketuk “Enter” lalu restart laptop. Melalui cara ini pengguna bisa menghilangkan cache serta bug yang mengganggu.

4. Menyalakan Enable

Perhatikan status dari adapter WiFi. Seringkali laptop tidak bisa connect ke WiFi disebabkan hal sepele yaitu belum mengaktifkan tombol enable. Melalui tanda enable, pengguna bisa memberi izin bagi perangkatnya untuk mempergunakan WiFi. Pada logo WiFi di layar laptop, klik kanan lalu cari “Open Network”. Selanjutnya bukalah “Status” lalu “Change Adapter options”. Di gambar WiFi, klik kanan dan lanjutkan dengan ketuk “Enable” sehingga laptop dapat memberi akses bagi WiFi yang sudah terkoneksi untuk digunakan.

5. Memutus dan Menyambungkan Kembali Jaringan

Periksa keterangan mengenai jaringan dengan menekan lambang WiFi. Pengguna akan melihat nama WiFi yang terhubung dengan laptopnya. Pada nama tersebut tekanlah tulisan “Disconnect” untuk memutus sementara jaringannya. Tunggu sampai beberapa saat, berikutnya hubungkan kembali dengan menekan “Connect”.

Selanjutnya, jika berhasil terkoneksi lakukan percobaan dengan membuka internet browser. Apabila sudah bisa memuat halaman, berarti permasalahannya sudah selesai diatasi. Cara ini cocok untuk mengatasi gangguan pada WiFi yang bertuliskan “Unidentified”.

Itu lima cara mengatasi laptop tidak bisa connect ke WiFi. Di saat WiFi memegang peran penting untuk menunjang keberlangsungan aktivitas belajar dan bekerja seperti sekarang. Jadi, sangat disayangkan bila tidak memahami trik sederhana mengatasi gangguan jaringan pada WiFi.

Baca Juga:
Lebih Hemat Wifi atau Paket Data? Simak Ulasan Lengkapnya
Cara Mengatur Jarak Jangkauan Wifi Indihome Bisa Diperluas dan Dipersempit
Cara Membatasi Bandwidth WiFi dengan dan Tanpa Aplikasi Tambahan

Related posts