8 Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar Android Terbaik

  • Whatsapp
aplikasi Perekam Layar Android Terbaik

Beberapa besutan smartphone Android terkini memang sudah membekali softwarenya dengan aplikasi perekam layar. Namun fungsi perekam layar tersebut hanya memiliki fitur fitur dasar saja. Untuk itu kita tetap membutuhkan aplikasi perekam layar terbaik untuk memenuhi kebutuhan seperti halnya pembuatan video tutorial, perekaman pertandingan live game, hingga keperluan pembuatan konten Youtube.

Sederet aplikasi rekam layar memang membutuhkan akses root agar fungsinya dapat berjalan dengan baik. Akan tetapi bagi pengguna android yang tidak tau menau perihal oprek HP tentunya akan kesulitan saat akan menggunakannya. Karena itulah kami akan memberikan referensi perihal daftar aplikasi perekam layar android terbaik tanpa root yang bisa kamu coba.

8 Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar Android Terbaik

1. Perekam Layar Mobizen

mobizen screen recorder

Perekam layar Mobizen merupakan aplikasi yang mendapatkan kategori editor choice dan mendapat penghargaan sebagai aplikasi terbaik 2016 versi Google. Aplikasi ini sering digunakan oleh para gamers untuk merekam streaming game yang meraka jalankan. Walaupun tergolong aplikasi gratis dan tanpa perlu root nyatanya fitur yang ditawarkan merupakan fitur premium.

Beberapa fitur unggulan yang ditawarkan Mobizen adalah pengaturan resolusi, pengaturan frame per detik, kualitas gambar hingga full HD, rekam tanpa batas ke kartu SD, tools editing video, dan tentunya semua rekaman tanpa watermark bahkan bisa membuat watermark milikmu sendiri. Khusus bagi kamu seorang gamers sekaligus Youtubers maka aplikasi ini sangat kami rekomendasikan untuk di download pasalnya semua fitur yang ditawarkan sudah memenuhi kebutuhan gamers, mulai dari dukungan FaceCam hingga video intro / penutup untuk video.

2. Perekam Layar Inshot Inc

perekam layar inshot inc

Perekam layar karya dari Inshot Inc. ini merupakan aplikasi perekam layar dengan hasil tangkapan yang berkualitas tinggi dan sepenuhnya gratis untuk digunakan. Dengan lebih dari 100 juta unduhan dan mendapatkan rating 4.7 dari 2 juta pengulas maka bisa dikatakan bahwa aplikasi satu ini merupakan salah satu dari aplikasi perekam layat terbaik di android.

Tiga kelebihan utama dari perekam layar satu ini adalah tanpa root, tanpa watermark, dan tanpa limit waktu perekaman. Tidak hanya itu, hasil dari perekaman layarnya pun dapat kita sesuaikan secara khusus dalam ukuran 240p hingga 1080p dan 15 FPS hingga 60 FPS. Dari segi penggunaan pun terbilang sangat mudah hanya dengan sekali klik kita dapat melakukan perekaman sesuai waktu yang telah kita atur sebelumnya.

3. V Recorder

v recorder

Di urutan ketiga ada aplikasi V Recorder karya dari VideoShow EnjoyMobi Video Editor & Video Maker Inc. yang mana aplikasi ini memiliki keunggulan terkait fitur perekaman seperti rekam dengan suara dan sunting hasil rekaman dengan efek yang unik, filter yang beragam dan pilihan musik yang cukup lengkap.

Untuk pengguna reguler maka tidak bisa menghilangkan watermarknya. Namun untuk pengguna VIP / profesional selain tanpa watermark juga mendapatkan fitur lain yang sangat komplit mulai dari filter yang trendy, 100+ tema, ribuan musik dan efek suara dengan full lisensi, stiker dan gif yang lucu, tools editing video (cut, kompress, potong klip, gabungkan, kolase, putar, pisahkan dan lainnya), kontrol kecepatan, dan juga kuas ajaib.

4. Omlet Arcade

omlet arcade

Butuh aplikasi perekam layar yang dikhususkan untuk live streaming game online? Jika ya maka Omlet Arcade adalah pilihan yang tepat. Hadirnya aplikasi ini akan memudahkan para pemain game untuk melakukan streaming gamenya ke berbagai platform yang berbeda-beda seperti Youtube, Facebook, Twitch, dan Omlet. Kamu bisa meningkatkan reputasi profil, membangun followers, mendapatkan donasi, chatting dengan gamers lain, hingga berjumpa dengan gamers lain secara tatap muka.

Omlet Arcade saat ini support terhadap berbagai macam game populer seperti PUBG mobile, Minecraft, Fortnite, Free Fire, Mobile Legends, Brawl Stars, Roblox, serta masih banyak lainnya. Rekaman layar yang dihasilkan mendukung kualitas resolusi tinggi ditambah lagi dengan overlay yang membuat live streamingmu semakin keren. Tertarik untuk mencoba aplikasi perekam layar android terbaik satu ini?

5. Screen Recorder

screen recorder

Butuh fungsi dobel untuk merekam layar dan screenshot tangkapan layar? Aplikasi perekam layar yang hanya berukuran 3,5 MB ini bisa jadi solusi yang tepat untuk kamu coba. Walau berukuran kecil fitur yang ditawarkan cukup banyak. Diantaranya ada perekaman layar, screenshot, penyimpanan memori eksternal, pengeditan overlay, trim video, penambahan teks dan logo gambar, mode malam, dan mendukung simple magic button.

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini dengan lancar maka harus menggunakan eksternal mic. Karena untuk internal sound saat ini belum bisa digunakan untuk perangkat di bawah android 10. Selain itu 1 eksternal mic tidak bisa digunakan untuk merekam suara dalam 2 aplikasi sehingga butuh pengaturan tambahan untuk bisa menggunakannya.

6. Vidma Screen Recorder

vidma screen recorder

Aplikasi perekam layar terbaik satu ini memiliki rating yang cukup tinggi yakni 4,7 dengan jumlah unduhan di atas 1 juta. Bagi yang menginginkan aplikasi perekam layar yang simpel maka vidma screen recorder ini bisa jadi pilihan utamanya. Selain memiliki UI yang sederhana, aplikasi ini pun memiliki fitur canggih yang begitu mengesankan.

Beberapa fitur tersebut antara lain ada perekaman layar sekaligus suara, audio yang dihasilkan begitu jernih, terintegrasi langsung dengan tools editing video, dukungan facecam sehingga bisa merekam layar dan wajah dalam waktu yang sama, perekaman tanpa watermark, perekaman tanpa limit waktu, dan tambahan fitur keren (buat musik, setting kecepatan video, setting volume video, pangkas / putar / potong video).

7. Assistive Touch IOS

assistive touch ios

Walaupun ada kata IOS nya namun aplikasi perekam layar terbaik satu ini dikhususkan hanya untuk penggunaan di perangkat android. Konsep dari aplikasi ini berbeda dari yang lainnya karena Assistive Touch sendiri lebih mengedepankan kemudahan penggunaan dengan cara pembuatan tombol akses mengambang yang bisa dioperasikan lewat satu sentuhan untuk tiap fitur yang ada.

Tombol akses cepat memiliki berama fitur antara lain perekam layar layaknya IOS, screenshot, kunci layar mati, rotasi layar, pengubah volume, pengatur kecerahan, mode jangan ganggu, senter, penyematan app favorit, dan dukungan sidik jari untuk lock smartphone android kita. Dengan kontrol yang sederhana tapi fitur yang tersedia cukup banyak.

8. Perekam Layar AppSmartz

perekam layar appsmartz

Perekam layar karya AppSmartz juga jadi primadona tersendiri bagi pengguna android. Karena itulah sampai saat ini aplikasi ini sudah memiliki 10 juta unduhan lebih dengan jumlah pengulas lebih dari 350 ribu.

Dengan bantuan aplikasi ini kamu dapat dengan mudah merekam layar HP disertai dengan facecam atau kamera depan lalu hasilnya tersedia dalam format video yang dapat diekspor ke kartu SD. Bagi yang hobi berbagi tutorial, pembuatan presentasi cerita, videografi gambar, atau hobi upload hasil ngegame di Youtube maka perekam layar satu ini benar-benar layak untuk dicoba. Setiap video yang sudah dibuat dapat langsung di bagikan ke berbagai layanan streaming video seperti Youtube.

Dari kedepalan aplikasi perekam layar android terbaik tersebut manakah yang paling sering kamu gunakan?

Rekomendasi Lainnya:

Related posts