5 Cara Mengatasi Baterai HP yang Cepat Habis dengan Mudah dan Cepat

  • Whatsapp
Cara Mengatasi Baterai HP yang Cepat Habis

Baterai HP cepat habis sepertinya telah menjadi permasalahan banyak pengguna smartphone. Pada masanya, baterai smartphone memang akan mengalami penurunan performa. Salah satu tandanya adalah baterai HP yang cepat habis. Ada cara mengatasi baterai HP yang cepat habis agar bisa bertahan lebih lama.

Cara-cara ini mungkin tidak bisa membuat baterai HP bertahan dalam waktu lama secara signifikan. Setidaknya, dengan mengikuti cara-cara sederhana ini para pengguna bisa memperpanjang umur penggunaan baterai HP. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Mengaktifkan Mode Power Savings

Cara mudah yang sering diremehkan oleh para pengguna android untuk menghemat baterai smartphone androidnya adalah mengaktifkan mode power savings. Padahal mode power saving ini biasanya sudah ada di setiap smartphone android bahkan di smartphone dengan basis sistem operasi iOS. Hal ini karena memang mode power savings ini sangat membantu sekali untuk menghemat daya baterai.

Tidak hanya menghemat daya baterai, mode power savings juga akan membuat penggunaan baterai lebih efisien. Jadi, walaupun baterai HP sudah sering cepat habis tapi dayanya bisa bertahan lebih lama. Apalagi jika selalu diaktifkan dalam mode power savings.

2. Mematikan Fitur Lokasi

Cara mengatasi baterai hp yang cepat habis selanjutnya adalah mematikan fitur lokasi atau GPS. Banyak pengguna smartphone terutama android yang secara tidak sengaja mengaktifkan fitur lokasi atau GPS. Kemudian, jangan lupa juga untuk tidak mematikan fitur satu ini setelah digunakan. Padahal fitur lokasi atau GPS merupakan salah satu fitur yang paling menguras daya baterai.

Hal ini karena fitur lokasi atau GPS memerlukan update secara real time dan terus menerus selama aktif. Ada baiknya pengguna untuk memeriksa menu dan fitur lokasi atau GPS ini dari waktu ke waktu. Jika dalam keadaan aktif bisa segera dinonaktifkan, dengan begitu daya baterai tidak akan termakan untuk sesuatu yang tidak terlalu diperlukan.

3. Mengatur Kecerahan Layar atau Brightness

Selain fitur lokasi atau GPS, salah satu fitur lain yang paling menguras daya baterai pada smartphone adalah penggunaan layar khususnya kecerahan layar atau brightness. Semakin terang cahaya yang dikeluarkan oleh layar artinya semakin banyak daya baterai yang dipakai. Untuk mengatasi ini pengguna bisa menurunkan kecerahan layar.

Jika tidak sempat atau malas untuk mengatur kecerahan layar berulang kali. Para pengguna bisa menghidupkan fungsi auto brightness. Fitur bawaan smartphone ini akan mengatur kecerahan layar sesuai dengan cahaya yang diterima sekaligus menyesuaikan dengan daya baterai yang masih ada.

4. Airplane Mode Jika Sinyal Buruk

Jangan mengira bahwa airplane mode atau mode pesawat hanya digunakan ketika pengguna menaiki pesawat saja. Airplane mode juga bisa membantu para pengguna untuk menghemat daya baterai terutama ketika sinyal buruk. Ketika sinyal buruk maka, proses transmisi internet akan berjalan semakin lambat dan membutuhkan waktu yang lebih lama. Itu artiya membutuhkan energi dan daya baterai yang lebih banyak pula.

Daripada membuang-buang daya baterai untuk internet yang lambat lebih baik jika para pengguna menonaktifkan layanan data dengan cara menyalakan airplane mode. Tidak hanya mematikan data, airplane mode juga akan memperlambat kinerja smartphone pengguna. Setelah sinyal kembali pulih pengguna bisa mematikan lagi airplane mode.

5. Membersihkan Cache

Cache adalah adalah data proses yang digunakan oleh browser dan aplikasi untuk menyimpan informasi. Biasanya opsi ini tersimpan di dalam memori smartphone agar pengguna bisa mengulang proses yang sama dengan mudah. Cache ini juga bisa membebani kinerja smartphone jika terlalu banyak.

Tidak hanya membebani memori smartphone, cache juga bisa menjadi beban bagi daya baterai. Ada baiknya bagi para pengguna smartphone utamanya adalah para pengguna Android. Untuk secara rutin mengecek smartphone dan aplikasi-aplikasi di dalamnya kemudian menghapus data cache secara rutin.

Itulah 5 cara mengatasi baterai hp yang cepat habis dengan mudah dan cepat. Dengan menggunakan cara di atas, daya baterai smartphone bisa bertahan lebih lama. Selain itu kesehatan baterainya sendiri juga akan lebih terjaga.

Baca Juga:
5 Cara Menggunakan Selfie Ring Light Sesuai dengan Modelnya

Related posts