4 Cara Menampilkan Icon Aplikasi Yang Hilang Di Android

  • Whatsapp
Cara Menampilkan Icon Aplikasi Yang Hilang Di Android

Ketika ingin mencari aplikasi kesukaan, terkadang ada suatu momen di mana ikon dari aplikasi tersebut hilang. Hal tersebut sebenarnya tidak begitu menjadi masalah bagi sebagian orang, tetapi bagi sebagian orang lainnya, tidak adanya ikon bisa jadi hal yang mengganggu. Agar ikon aplikasi ini bisa kembali, ada beberapa cara menampilkan icon aplikasi yang hilang di Android. Untuk itu, berikut adalah cara-caranya:

[lwptoc]

1. Mengganti Launcher Android

Dari beberapa alasan yang menyebabkan ikon aplikasi hilang, aplikasi launcher di Android bisa menjadi penyebab hilangnya ikon aplikasi. Menggunakan sembarang launcher ternyata dapat menyebabkan berbagai masalah di Android, mulai dari muncul iklan di aplikasi bahkan virus di HP. Maka dari itu, ada cara untuk mengatasi ini yakni dengan mengganti launcher dan berikut adalah caranya:

  • Buka aplikasi Google Play Store kemudian ketik Lawnchair Launcher dan unduh aplikasi tersebut. Lawnchair merupakan launcher Android yang bebas iklan dan tampilannya mirip dengan HP Google Pixel.
  • Tunggu sampai aplikasi berhasil dipasang.
  • Ketika aplikasi sudah dipasang, tekan tombol home dan pilih Lawnchair lalu pilih selalu atau always. Memilih pilihan tersebut dapat membuat launcher ini dapat berjalan ketika kembali ke layar awal.
  • Jika sudah selesai, cari aplikasi yang hilang ikonnya.
  • Hapus launcher yang sebelumnya digunakan dengan masuk ke pengaturan lalu ke aplikasi. Cari launcher yang bermasalah tersebut lalu pilih uninstall.

2. Membersihkan Data Aplikasi Home

Cara di bawah ini mungkin berlaku jika launcher atau aplikasi home bawaan HP bermasalah. Terkadang para pengguna HP tidak tahu aplikasi apa yang digunakan di home. Namun ketika aplikasi bawaan tidak dapat dilepas pemasangannya, maka data dari aplikasi harus dihapus terlebih dahulu. Berikut di bawah ini adalah cara menampilkan icon aplikasi yang hilang di Android dengan clear data:

  • Geser status bar ke bawah dan pilih ikon gir.
  • Cari menu aplikasi atau aplikasi sistem dan cari aplikasi dengan ikon bergambar rumah.
  • Pilih aplikasi tersebut dan kemudian klik pada Hapus atau clear data.
  • Tunggu sampai selesai dan jika diminta untuk restart HP maka lakukan hal tersebut.

3. Memasang Ulang Aplikasi Yang Ikonnya Hilang

Jika aplikasi home atau launcher tidak ada masalah sama sekali, bisa jadi penyebabnya adalah kesalahan ketika memperbarui aplikasi melalui Play Store. Hal yang menimbulkan kesalahan tersebut bisa terjadi karena saat memperbarui, jaringan terputus atau HP tiba-tiba mati. Untuk itu berikut adalah cara memasang ulang aplikasi yang ikonnya hilang:

  • Masuk ke aplikasi Google Play Store dan cari aplikasi yang ikonnya hilang tersebut. Misalnya aplikasi yang ikonnya hilang adalah Facebook Lite, maka cari Facebook Lite di pencarian.
  • Pilih aplikasi tersebut dan lihat kotak hijau di sebelah uninstall. Jika bertuliskan open, maka pilih uninstall untuk memasang ulang aplikasi. Akan tetapi jika tulisan di kotak hijau tersebut bertuliskan update maka pilih tombol hijau tadi.
  • Tunggu prosesnya sampai selesai dan pastikan jaringan internet lancar serta status baterai berada dalam kondisi yang baik.

4. Memulai Ulang HP Android

Mungkin jika cara di atas belum atau terlalu rumit, tidak ada salahnya untuk memulai ulang HP. Terkadang beberapa masalah bisa diatasi hanya dengan menahan tombol power kemudian memilih boot ulang. Siapa tahu masalah yang sebenarnya bukan dari aplikasi home atau dari proses perbarui ulang aplikasi.

Ikon aplikasi yang hilang terkadang membuat repot beberapa orang. Apabila cara menampilkan icon aplikasi yang hilang di Android sesuai cara di atas tidak teratasi, melakukan flashing ulang adalah jalan keluarnya. Flashing ulang HP ini ibarat membuat HP tersebut serasa seperti baru. Sebelum flashing ulang, pastikan untuk menyalin beberapa data penting di HP terlebih dahulu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *