Ternyata Mudah! Begini Cara Menggunakan Keyboard Translate GBoard

  • Whatsapp
cara menggunakan keyboard translate GBoard

Di era sekarang ini, beragam kemudahan ditawarkan untuk memudahkan segala aktivitas kehidupan. Translate menjadi kemudahan tersendiri lantaran seseorang yang tidak cukup menguasai bahasa negara lain dapat secara mudah mengerti hanya dengan sebuah aplikasi. Ada hal yang lebih canggih lagi sebab, keyboard ternyata dapat membuat seseorang yang sedang mengetik dapat menerjemahkan ke dalam bahasa lain.

Langkah dan Cara Menggunakan Keyboard Translate GBoard

Penasaran bagaimana caranya? Berikut cara menggunakan keyboard translate GBoard.

1. Unduh GBoard

Langkah pertama yakni unduh terlebih dahulu aplikasi GBoard. Aplikasi ini dapat secara mudah dan bebas diunduh melalui Google Play Store. GBoard yang merupakan besutan dari Google ini, tidak hanya berfungsi untuk menerjemahkan atau translate saja, lho. Banyak sekali fitur yang ditawarkan mulai dari penelusuran emoji, dikte teks, penelusuran gif hingga multibahasa. Jadi, bagi yang menggunakan aplikasi ini maka tidak perlu beralih bahasa secara manual, cukup gunakan GBoard. Secara otomatis aplikasi ini akan mengoreksi, memberikan saran, dan translate dengan sangat mudah.

2. Buka Aplikasi

Langkah selanjutnya dari cara menggunakan keyboard translate yakni membuka aplikasi dan mengizinkan akses aplikasi. Jika sudah pilih menu “Pilih Metode Masukkan” selanjutnya pilih GBoard. Lalu buka setelan GBoard untuk menyesuaikan setelan bahasa. Caranya cukup tambahkan bahasa dengan meng-klik setelan GBoard, lalu klik bahasa dan tambahkan keyboard. Pengguna bisa juga menggunakan dengan cara yang lebih simple yakni dengan klik lama spasi.

3. Buka Setelan GBoard

Langkah yang harus dilakukan adalah dengan mengatur setelan GBoard. Untuk yang pertama yang harus dilakukan adalah memilih tambahan bahasa seperi cara yang sebelumnya, jika sudah atur juga tinggi keyboard. Caranya cukup mudah, buka terlebih dahulu setelan GBoard dan selanjutnya pilih preferensi dan pilih ketinggian keyboard.

Atur saja sesuai dengan keinginan dan menyesuaikan juga dengan jari dan tangan serta kenyamanan saat mengetik. Bukan hanya itu saja, hal yang harus diatur adalah mengaktifkan tampilan angka. Caranya yakni masuk saja ke setelan GBoard, lalu pilih preferensi dan aktifkan baris angka pada keyboard QWERTY.

4. Mencoba Mengirim Pesan

Langkah berikutnya yakni dengan mencoba mengirim pesan. GBoard secara otomatis akan aktif pada keyboard bawaan ponsel. Jika sudah aktif maka tandanya adalah muncul beberapa ikon yang semula tidak ada di keyboard menjadi muncul di sana. Untuk mencoba mengirim pesan dan mencoba fitur translatenya maka klik ikon Google translate yang berada di atas keyboard utama.

5. Pilih Bahasa yang Akan di Translate

Jika sudah mengklik ikon translate cara menggunakan keyboard translate sebagai langkah berikutnya adalah dengan memilih bahasa pada kolom yang disediakan. Pengguna tinggal pilih saja bahasanya mulai dari bahasa awal dan bahasa yang akan diterjemahkan berikutnya. Semua bahasa tersedia melalui pilihan ini, layaknya translate pada umumnya bahasa yang tersedia sangat lengkap.

6. Tulis Kata yang Ingin Diterjemahkan

Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah dengan mengetik kata- kata yang ingin diterjemahkan. Nantinya hasil terjemahan akan muncul dengan sendirinya dan terdapat berbagai saran kata untuk menyempurnakan kalimat yang telah dibuat. Pengguna tinggal mengecek kembali apakah ada kalimat yang salah atau kurang tepat.

Itulah beberapa langkah dari cara menggunakan keyboard translate GBoard yang dapat dicoba untuk memudahkan dan mempercepat proses menerjemahkan. Dengan begitu akan semakin mudah untuk berkomunikasi dengan orang lain dan siapapun. Hal ini karena dengan menggunakan aplikasi GBoard ini akan membuat penggunanya dapat melakukan komunikasi dengan berbagai orang di penjuru dunia melalui aplikasi perpesanan atau media sosial lainnya.

Baca Juga:
Cara Melihat Password WiFi yang Tersambung di Hp dengan Aplikasi
Cara Melihat SMS di Kartu SIM yang Hilang

Related posts