Cara Membatasi Bandwidth WiFi dengan dan Tanpa Aplikasi Tambahan

  • Whatsapp
Cara Membatasi Bandwidth WiFi dengan dan Tanpa Aplikasi Tambahan

Keberadaan WiFi menjadi suatu kondisi penting untuk terhubung dengan berbagai aktivitas. Jaringan yang cepat akan sangat menguntungkan, namun kadang hal ini terhambat oleh bandwidth yang digunakan orang lain sehingga kecepatannya menjadi lebih lambat. Cara membatasi bandwidth WiFi dapat dilakukan agar perangkat terhubung bisa dibatasi. Hal ini bisa dijalankan dengan beberapa trik mudah, dengan ataupun tanpa bantuan aplikasi tambahan.

5 Cara Membatasi Bandwidth WiFi dengan dan Tanpa Aplikasi Tambahan

Inilah langkah-langkahnya:

1. NetLimiter

Download NetLimiter yang bisa didapatkan dari situs https://www.netlimiter.com/. Cara membatasi bandwidth WiFi yang pertama ini dapat dioperasikan dari laptop ataupun PC. Buka dan jalankan aplikasinya sehingga pengguna akan ditunjukkan aplikasi maupun perangkat yang tersambung dengan WiFi-nya. Beri ceklis di tanda download serta upload limit. Sesudah itu pengguna akan diarahkan menuju halaman bernama Rule Editor. Ketikkan angka limit di kolom yang tersedia pada menu “Value”. Tekan “Save”, maka bandwidth sudah dapat dibatasi.

Baca Juga: Cara Memprioritaskan Jaringan WiFi dengan Mudah

2. Router Digisol

Masuklah ke Digisol dengan alamat IP dari routernya. Apabila belum mengetahuinya, pengguna dapat memeriksa alamat tersebut dengan menekan logo Windows beserta huruf R di keyboard. Jendela Run akan ditampilkan, di sanalah pengguna bisa mengetikkan CMD atau cmd.exe. Tekan enter, lalu ketikkan ipconfig dan enter lagi. Alamat IP terletak pada Ipv4 Address, diawali dengan angka 192. Setelah berhasil, login menuju Digisol.

Halaman utama Digisol yang berwarna merah akan segera terbuka. Tekan tulisan “Status” kemudian “Active Client”. Selanjutnya ketikkan IP yang hendak dibatasi kecepatannya. Lanjutkan dengan ketuk “Advanced” dan “QoS Setup”. Tambahkan dengan “Add”, lalu isikan data seperti besaran kecepatan yang diinginkan. Tekan “Add” di bawah, lalu proses pembatasan bandwidth telah selesai.

3. TP Link

Masukkan alamat IP seperti cara Digisol tadi. Setelah bisa login menggunakan identitas pengguna, ketuk bagian “DHCP” kemudian “DHCP Client”. Selanjutnya akan ditunjukkan alamat IP seluruh perangkat yang mengakses TP Link tersebut. Catat alamatnya, lalu batasi bandwidth-nya dengan tekan “Control” lalu “Rule List”. Isikan alamat tadi, lalu isilah “Egress Bandwidth” yang berguna untuk membatasi kecepatan. Tekan “Save” dan sekarang kecepatannya telah berhasil dibatasi.

Baca Juga: Cara Kerja Wifi Extender Sebelum Memasangnya di Rumah

4. P2pover

Instal software P2pover di laptop ataupun PC. Cara membatasi bandwidth WiFi menggunakan apps ini dilakukan dengan menjalankan aplikasinya lalu menuju “System Setting”. Tekan “Auto Select” kemudian lakukan pengaturan jadwal untuk pembatasan bandwidth melalui “Schedule Setting”. Tekan “Rules Setting” lalu “New”. Isikan namanya serta tentukan jadwal. Setelah jendela untuk pengaturan bandwidth muncul, atur batas incoming ataupun outgoing.

Hal ini berguna untuk membatasi jumlah pengguna dalam mengakses platform tertentu. Tekan “Next” hingga jendelanya berakhir kemudian klik “Finish”. Berikutnya ketuk “Scan”, maka pengguna dapat mengetahui perangkat yang tersambung dengan jaringan. Pilihlah “Control All” dan “Start”. Lakukan pembatasan bandwidth dengan cara klik kanan di nama pengguna yang ingin dikontrol dan tekan “Apply Rule”. Bisa juga memutuskan akses pengguna ke WiFi dengan menekan “Drop Host”.

5. Modem ZTE

Bukalah browser yang terdapat di laptop ataupun PC. Sebelumnya pastikan bahwa perangkatnya telah terkoneksi dengan WiFi. Pada URL browser, ketiklah 192.168.1.1 lalu di bagian username dan juga sandinya dengan tulisan “user”. Selanjutnya buka “Network” dan lanjutkan dengan “SSID Setting”. Tentukan jumlah user yang dapat mengakses WiFi. Metode ini tidak terhubung langsung dengan bandwidth, namun bisa menjadi opsi terakhir jika cara lainnya tidak berhasil dilakukan.

Itulah informasi mengenai cara membatasi bandwidth WiFi. Terkhusus pada masa pandemi seperti sekarang, aktivitas digital menjadi sesuatu yang mengharuskan masyarakat untuk beradaptasi. Tidak dipungkiri bahwa WiFi cepat menjadi dambaan sebagian besar orang.

Baca Juga:
Cara Ganti Password Indihome Wifi, Biar Wifi Tidak Mudah Dicuri!
Cara Melihat Password WiFi yang Tersambung di Hp dengan Aplikasi

Related posts