5 Cara Memperkuat Sinyal Wifi Android Tanpa Aplikasi yang Bisa Dicoba

  • Whatsapp
Cara Memperkuat Sinyal Wifi Android Tanpa Aplikasi

Sinyal wifi yang disinyalir lebih kencang dari data seluler membuat banyak orang berbondong-bondong menggunakannya baik dengan memasang di rumah atau menggunakan wifi publik. Nyatanya, seringkali sinyal wifi menjadi lemah tiba-tiba karena berbagai alasan. Untuk itu perlu menggunakan cara memperkuat sinyal wifi android tanpa aplikasi agar tidak perlu repot install aplikasi tambahan.

Penggunaan wifi di rumah akan lebih mudah diatur daripada wifi yang sifatnya publik. Pasalnya, ketika memperkuat wifi bukan hanya pengaturan pada ponselnya saja, melainkan kedua perangkat ini harus sama-sama disesuaikan agar wifi kembali kencang. Namun tidak usah khawatir, meski menggunakan wifi publik, beberapa cara di bawah ini mungkin bisa membantu mengembalikan kekuatan sinyalnya:

1. Perhatikan Penggunaan Case Ponsel

Menggunakan case pada ponsel selain dapat mencegah kerusakan atau pun goresan karena benturan dapat juga dimanfaatkan sebagai hiasan dan membuat ponsel terlihat lebih estetik. Namun pernahkah merasakan perbedaan kecepatan jaringan wifi ketika memakai case dan tidak memakai case? Jika ya, perlunya pengetesan kecepatan internet untuk membuktikan prasangka tersebut.

Untuk mengeceknya, jalankan speed test ketika memakai dan tidak memakai case kemudian rasakan perbedaannya. Jika kecepatan internet lebih baik ketika case ponsel dilepas, artinya case tersebut menghalangi jaringan internet yang masuk. Apalagi case berbahan logam sangat rentan mengganggu laju sinyal masuk ke ponsel.

2. Mengganti Frekuensi Ponsel Menjadi Lebih Tinggi

Semakin tinggi frekuensi pada ponsel, semakin kencang pula jaringan internet yang dipakainya. Pada dasarnya kebanyakan ponsel memiliki pengaturan default frekuensi pada 2.4 GHz, terlebih tipe android keluaran lama. Maka dari itu, pengguna perlu meningkatkan frekuensi tersebut demi melancarkan jaringan wifi.

Mengapa frekuensi lebih tinggi menjadi lebih baik? Pada frekuensi 2.4 GHz seringkali terjadi gangguan karena banyak akses yang masuk. Sementara frekuensi 5 GHz belum banyak terisi sehingga tumpang tindih dapat dihindari. Pengaturan frekuensi dapat melalui menu “Setting” dan masuk ke “Wifi” lalu tekan “Advance Setting”. Akhiri dengan memilih 5 GHz pada “Wifi Frequency Band”.

3. Tempatkan Router pada Lokasi yang Strategis

Bagi pengguna wifi rumahan permasalah jaringan wifi lambat mungkin dikarenakan penempatan router yang kurang tepat. Cara memperkuat sinyal wifi android tanpa aplikasi ini bisa dengan memindahkan router ke tempat yang lebih terbuka. Pasalnya, jangkauan wifi akan terhalang oleh furnitur dan tembok jika ditempatkan pada lokasi yang terlalu tertutup.

Baiknya simpan router pada langit-langit atap rumah agar dapat menyebarkan sinyal dengan mudah. Arus wifi yang tidak terhalang karena ditempatkan pada tempat yang tinggi membuat wifi dapat menyebar secara leluasa menuju ponsel pengguna. Meskipun router sudah di lokasi strategis, pengguna sebaiknya tidak terlalu jauh agar sinyal yang didapatkan tetap bagus.

4. Cegah Ponsel Terkoneksi ke Jaringan Buruk

Bagi pengguna wifi publik, kadangkala di ruang terbuka banyak wifi yang dapat diakses baik menggunakan kode ataupun tidak. Wifi yang terkoneksi otomatis belum diketahui kekuatan sinyalnya. Untuk itu, setting pengaturan ponsel untuk menerima jaringan yang kencang saja melalui menu “Setting” lalu tekan “Wifi” dan menuju ke “Advance Setting” untuk memblokir koneksi yang buruk.

5. Perbarui Firmware yang Telah Usang

Salah satu alasan jaringan lemah pada ponsel adalah penggunaan firmware yang belum terupdate. Software perangkat tegar ini bekerja dengan memproses ROM secara rutin. Agar jaringan lancar dan mulus, update software secara berkala atau ketika ada pemberitahuan update. Pergilah ke menu “Setting” lalu cari “About Phone” dan klikSystem Update”. Tunggu sampai proses selesai.

Itulah cara memperkuat sinyal wifi android tanpa aplikasi yang wajib dicoba jika seringkali terganggu oleh jaringan wifi yang buruk. Maka,dengan sinyal wifi yang kencang, berbagai aktivitas seperti bekerja dan belajar dengan akses internet kembali dapat dijalankan dengan lancar.

Baca Juga:
2 Cara Melihat Kecepatan WiFi Indihome Cepat dan Mudah Dipahami
5 Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect ke WiFi
Lebih Hemat Wifi atau Paket Data? Baca Ulasannya

Related posts