5 Cara Mengunci Wifi Agar Tidak Bisa Dibobol Dengan Mudah

  • Whatsapp
Cara Mengunci Wifi Agar Tidak Bisa Dibobol Oleh Pencuri Sinyal

Banyak masyarakat Indonesia sekarang yang menggunakan jaringan WiFi di Rumah. Jangan santai dulu para pengguna jaringan WiFi, karena jaringan WiFi yang dipasang tidak sepenuhnya aman. Ada kemungkinan besar para maling sinyal dapat menyadap dan membobol password WiFi. Untuk menghindari hal tersebut berikut ini adalah cara mengunci WiFi agar tidak bisa dibobol.

Daftar 5 Cara Mengunci Wifi Agar Tidak Bisa Dibobol Oleh Pencuri Sinyal

Cara-cara ini bisa dilakukan para pemilik jaringan WiFi untuk meningkatkan keamanan jaringannya. Terlebih lagi sebenarnya cara-cara ini cukup mudah untuk dilakukan sendiri oleh si pemilik. Selain itu cara ini juga cukup efektif untuk mengamankan jaringan WiFi dari pembobolan dan penyadapan password:

1. Mensetting Password yang Kuat

Kata sandi atau password adalah pertahanan pertama dari jaringan WiFi. Setiap kata sandi atau password memiliki kekuatan yang dapat mengamankan jaringan WiFi. Semakin rumit dan semakin kuat kekuatan sandi. Jaringan WiFi akan semakin sulit dibobol dan disadap oleh maling sinyal. Mensetting password yang kuat sangatlah penting bagi para pemilik jaringan WiFi. Dengan menggunakan password yang kuat dan unik jaringan tidak akan mudah dibobol.

Jangan gunakan kata sandi atau password yang mudah ditebak orang. Hindari password dengan menggunakan tanggal lahir atau hal-hal semacam itu. Gunakan kombinasi huruf kecil, huruf besar, dan angka dalam password. Selain itu ada baiknya bagi para pemilik jaringan WiFi untuk secara rutin merubah password dan kata sandi jaringan WiFinya.

2. Mengganti SSID dalam Jaringan WiFi

Cara mengunci WiFi agar tidak bisa dibobol selanjutnya adalah dengan cara mengganti SSID dalam jaringan WiFi. SSID atau Service Set Identifier adalah nama jaringan WiFi yang digunakan dalam jaringan. Selain kata sandi yang harus unik, SSID ini juga harus unik dan kuat sehingga jaringan WiFi tidak mudah dibobol dan disadap. Ada baiknya juga mengganti SSID dalam jaringan WiFi secara berkala.

3. Menghapus Akses MAC Address

Media Access Control Address atau MAC Address adalah alamat jaringan atau disebut juga sebagai kode unik. Alamat jaringan ini umumnya ada pada device seperti laptop dan HP. Para pemilik jaringan WiFi bisa mengetahui device apa saja yang menyambung pada jaringan WiFinya dengan mengidentifikasi MAC Address ini.

Jaringan WiFi ini juga biasanya menyimpan informasi MAC Address ini sehingga perangkat yang sama akan dengan mudah menyambung dalam jaringan. Agar tidak mudah dibobol dan disadap, para pemilik jaringan WiFi harus menghapus MAC Address secara berkala. Hal ini agar tidak ada device lain yang dengan mudah memasuki jaringan WiFi. Device tersebut bisa menjadi jalan bocornya kata sandi jaringan.

4. Menggunakan Enskrips WPA2

WPA2 atau WiFi Protection Access 2 adalah metode pengamanan jaringan WiFi yang dinilai paling aman untuk digunakan. WPA2 menawarkan perlindungan jaringan WiFi yang berlapis dan sudah ditingkatkan dari versi pengamanan sebelumnya yaitu WPA. Selain WPA2, para pemilik jaringan WiFi juga bisa menggunakan WEP atau Wired Equivalent Privacy.

5. Mematikan Fitur WPS

WiFi Protected Set Up yang berupa sistem keamanan pada WiFi yang memiliki fungsi untuk menghubungkan router dengan HP dan laptop maupun perangkat lainnya. Kondisi WPS yang aktif memungkinkan orang lain untuk membobol dan menyadap jaringan WiFi. Hal ini karena sudah banyak aplikasi yang memiliki fitur ini. Jadi, sekarang lebih aman jika WPS ini dimatikan daripada diaktifkan.

Itulah cara mengunci WiFi agar tidak bisa dibobol dengan mudah oleh para maling sinyal. Cara-cara di atas bisa dilakukan sendiri oleh para pemilik WiFi sehingga tidak perlu sampai memanggil penyedia layanan WiFi. Tingkatkan keamanan jaringan WiFi sesegera mungkin sebelum terjadi pembobolan dan penyadapan.

Baca Juga:
Cara Kerja Wifi Extender Sebelum Memasangnya di Rumah
Cara Memperbaiki Sinyal WiFi iPhone 6 Lemah Yang Bisa Dilakukan
Cara Melihat Password Wifi Sendiri

Related posts