Ketahui Cara Kerja Wifi Extender Sebelum Memasangnya di Rumah

  • Whatsapp
Cara Kerja Wifi Extender Sebelum Memasangnya di Rumah

Penggunaan WiFi di rumah, perkantoran hingga lembaga saat ini menjadi satu dari kebutuhan penting untuk menunjang berbagai aktivitas. Jenis WiFi pun beragam mulai dari WiFi booster, WiFi extender dan WiFi repeater. Sebelum memasangnya, pengguna perlu mengetahui bagaimana WiFi tersebut bekerja khususnya cara kerja WiFi extender yang akan dibahas pada artikel ini.

Mengetahui cara kerja sebuah WiFi penting dilakukan agar dapat memasang WiFi sesuai kebutuhan juga disesuaikan dengan budget yang disediakan. Wifi yang dapat membentangkan jangkauan jaringan yang jauh tentu lebih baik daripada WiFi yang jaringannya terbatas. Untuk itu, sebelum membeli WiFi dan memasangnya di rumah, ketahui terlebih dahulu hal-hal berikut ini.

Perbedaan Ketiga Jenis WiFi

Pada dasarnya, ketiga jenis wifi ini yakni wifi booster, wifi extender dan wifi repeater memiliki fungsi yang sama yaitu memperluas skala dari jaringan wifi. Banyak toko yang menjual perangkat ini dengan nama yang diubah dan bergantian antara ketiganya. Hanya saja, sebenarnya kekuatan perluasan jaringan antara ketiga jenis wifi ini memiliki kualitas berbeda.

Wifi booster bekerja dengan cara menyebarkan sinyal nirkabel dari perangkat ke folikel nirkabel di area lain. Tidak jauh berbeda, yakni wifi repeater yang terkoneksi akan memperoleh sinyal dari router dan memperbaharui sinyal tersebut di area baru. Sementara cara kerja wifi extender akan dibahas selengkapnya.

Bagaimana Cara Kerja Wifi Extender ?

Wifi extender dikenal sebagai jenis wifi dengan kualitas kecepatan jaringan yang paling baik. Cara kerjanya dengan menyambungkan koneksi melalui hubungan kabel layaknya Ethernet sehingga menghasilkan skala lebih luas dan kecepatan internet yang mumpuni. Wifi Extender mendapatkan sinyal melalui kabel dan sinyal tersebut diubah menjadi sinyal nirkabel untuk ditransfer ke jaringan lokal lain.

Tugasnya yang tidak jauh berbeda dengan router nirkabel pada umumnya. Hanya saja adanya jaringan berbeda menghasilkan frekuensi yang tidak sama sehingga dapat beroperasi lebih handal. Inilah yang membuat perangkat ini mendapatkan lebih sedikit gangguan dan band yang tidak sama tersebut dapat menghasilkan kinerja yang meningkat.

Singkatnya, WiFi extender menyebarkan sinyal yang didapatkan melalui dua buah antena yang dimilikinya untuk meluaskan, memperbanyak hingga memperoleh koneksi yang diperintahkan. Cara penggunaan WiFi extender ini dengan disambungkan ke outlet listrik.

Kelebihan yang Dimiliki Wifi Jenis Extender

Setelah mengetahui cara kerjanya, pengguna dapat memutuskan untuk memakai wifi extender atau tidak. Untuk membandingkannya dengan wifi booster dan WiFi router perlu diketahui juga apa kelebihannya. Sebagai bahan pertimbangan, berikut kelebihan yang dimiliki WiFi extender:

  • Dapat Membentangkan Jangkauan dari Wifi

Walaupun WiFi letaknya cukup jauh, penggunaan wifi extender tidak menjadikan hal itu masalah karena adanya WiFi extender sebagai penghubung dan penguat jaringan yang buruk sekalipun. WiFi extender yang diletakkan di titik tengah antara tempat pengguna, mampu merentangkan jarak hingga kekuatan sinyal meningkat drastis.

  • Berguna untuk Menjauhkan Hambatan

Bukan saja cakupan jarak yang meluas, penggunaan WiFi extender bisa menghalau hambatan yang muncul. Contohnya, lokasi dengan banyaknya alat elektronik dan peralatan rumah kadangkala menekan zona WiFi menjadi mati karena router WiFi terhalang dan tidak dapat meneruskannya.

WiFi extender yang diletakkan pada tempat strategis akan menghindari hambatan tersebut. Ketika WiFi ini bisa menemukan jaringan WiFi sekecil apapun, alat tersebut dapat langsung membersihkan sinyal antara wifi dan pengguna sehingga WiFi yang didapatkan tidak terpengaruh oleh banyaknya penghalang diantara keduanya.

Itulah cara kerja WiFi extender berikut penjelasan mengenai perbedaannya dengan jenis WiFi lain seperti WiFi booster dan WiFi router. jika pengguna membutuhkan jaringan WiFi yang dapat menyebar luas ke berbagai tempat. Pengguna bisa mempertimbangkan untuk memanfaatkan WiFi extender ini.

Baca Juga:
6 Cara Memperbaiki Sinyal WiFi iPhone 6 Lemah
5 Cara Ganti Password Indihome Wifi

Related posts