WiFi Tidak Terhubung Otomatis, Berikut Cara Memprioritaskan Jaringan WiFi dengan Mudah

  • Whatsapp
Cara Memprioritaskan Jaringan WiFi dengan Mudah

Banyak orang yang memasang WiFi karena dapat dikoneksikan ke berbagai perangkat, memiliki koneksi internet yang cepat, dan lain-lain. Meski WiFi telah terpasang, namun terkadang Smartphone, PC hingga iPad tidak tersambung jaringan WiFi. Tidak perlu khawatir karena masalah ini dapat diatasi dengan cara memprioritaskan jaringan WiFi.

Cara-cara tersebut bisa dilakukan dengan gampang. Prioritas WiFi diperlukan agar perangkat dapat tersambung ke WiFi secara konsisten dan dapat mentransmisi koneksi dengan gampang. Pengguna bisa melakukan prioritas WiFi dengan mengaturnya sendiri atau dengan bantuan aplikasi.

5 Cara Memprioritaskan Jaringan WiFi dengan Mudah

Berikut cara yang bisa dilakukan untuk memprioritaskan jaringan WiFi:

1. Mengaturnya dengan Memakai Pengaturan

Cara pertama untuk memprioritaskan jaringan WiFi dapat dilakukan dengan mengaturnya sendiri melalui menu pengaturan. Arahkan ke menu Settings, cari dan pilih Network, lalu tekan internet dan pilihlah opsi WiFi Priority. Dengan demikian, cara tersebut berhasil dilakukan. Hanya saja, jika gagal melakukannya maka, pengguna bisa mencoba acara selanjutnya.

2. Mengatur Jaringan WiFi di MacOs

Pengguna Mac juga dapat memprioritaskan jaringan WiFi dengan cara sinkronisasi dengan iPhone. Jangan lupa untuk menyambungkan ID Apple dengan kedua perangkat. Tidak hanya itu, menghidupkan iCloud Syinc juga perlu di cek terlebih dahulu.

Pertama, bukalah System Preferences untuk proses verifikasi. Pilih iCloud dengan nama pengguna. Selanjutnya, pengguna harus mengklik atau centang Keychain. Alihkan ke Mac dan tekan menu WiFi di ikon bilah. Pilihlah opsi dengan nama Open Network References. Terakhir, pengguna bisa menekan Advanced. Pengaturan prioritas WiFi telah dilakukan. Ketuk OK, apabila proses sudah tuntas.

3. WiFi Switcher

Selanjutnya cara memprioritaskan jaringan WiFi juga bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi yang dapat diunduh di Playstore. Salah satu aplikasi andalan tersebut adalah WiFi Switcher. Jika cara diatas belum berhasil, maka aplikasi ini menjadi alternatif solusi. Aplikasi ini memungkinan penggunanya mengalihkan secara otomatis ke jaringan WiFi yang paling kuat di sekitar lingkungan.

Usai aplikasi ini dipasang dan dibuka, maka pengguna akan disuguhkan dengan tampilan jaringan Wifi yang telah disimpan. Scroll ke bawah dan cari jaringan WiFi yang diprioritaskan sesuai keinginan dengan cara klik centang. Aplikasi ini telah memperoleh pengunduh lebih dari 500 ribu dan ukurannya hanya 1,8 Mb. Pastinya, aplikasi ini tidak menelan banyak memori penyimpanan.

4. WiFi Prioritizer

Aplikasi yang bisa memprioritaskan jaringan WiFI selanjutnya adalah WiFi Prioritizer. Sebuah software aplikasi karya Robert Botha ini bisa dijalankan dengan cara membuka aplikasinya dan menekan Enable Scheduled Job. Lakukan centang pada WiFi yang ingin diprioritaskan. Jaringan baru dapat dipindai tiap 60 detik. Durasinya dapat diubah dengan cara menekan menu, lalu Settings dan Refresh Interval. Durasi yang dipilih bervariasi mulai dari 5 detik hingga 60 menit.

5. WiFi Connection Manager

Aplikasi terakhir yang berguna untuk memprioritaskan jaringan WiFi adalah WiFi Connection Manager. Wifi akan tersambung dengan cepat dan otomatis akan terhindar dari permasalahan koneksi, didukung Access Point SSID, membackup jaringan yang tersimpan, dan banyak lagi kegunaannya.

Aplikasi ciptaan roamingsoft ini memiliki sekitar 10 juta lebih pengunduh. Ukuran aplikasinya juga tidak akan memakan banyak memori penyimpanan karena berukuran hanya 7,8 Mb. Tentunya, dengan banyak fitur unggulan tersebut, aplikasi ini layak dijadikan rekomendasi.

Itulah cara memprioritaskan jaringan WiFi dengan mudah. Pengguna dapat memilih cara manual dengan mengaturnya sendiri di menu Settings atau lewat bantuan aplikasi. Tidak perlu bingung lagi, apabila WiFi tidak tersambung secara otomatis. Cara tersebut akan membantu pengguna memprioritaskan WiFi. Pastinya, aktivitas browsing hingga bermain game tidak akan terganggu.

Baca Juga:
Cara Kerja Wifi Extender Sebelum Memasangnya di Rumah
Cara Memperbaiki Sinyal WiFi iPhone 6 Lemah Yang Bisa Dilakukan
Cara Melihat Password Wifi Sendiri

Related posts