Cara Menghidupkan WiFi Indihome yang Mati dalam 5 Langkah

  • Whatsapp
cara menghidupkan wifi indihome yang mati

Ada banyak masyarakat Indonesia yang mengguna WiFi IndiHome, karena itu tidak sedikit keluhan mengenai WiFi IndiHome yang mati atau jaringannya terputus. Ada banyak penyebab mengapa jaringan internet WiFi IndiHome bisa terputus. Mulai dari kesalahan user sendiri, kabel colokan yang putus, atau gangguan jaringan. Namun jangan khawatir, karena ada cara menghidupkan WiFi IndiHome yang mati. Bahkan cara ini bisa dilakukan dalam 5 langkah saja.

Para pengguna tidak perlu buru-buru mengajukan keluhan atau protes ke pihak WiFi IndiHome dulu. Lakukan 5 langkah ini terlebih dahulu untuk memeriksa ketika jaringan WiFi IndiHome mati atau internet terputus. Penasaran? Ini caranya:

1. Matikan Modem WiFi IndiHome

Hal pertama yang harus dilakukan pengguna ketika WiFi IndiHome mati dan jaringan internet tidak terhubung adalah mematikan modem. Proses mematikan modem WiFi IndiHome sama saja seperti proses restart paksa. Karena mungkin saja ada masalah pada perangkat modem WiFi IndiHomenya.

Tunggu sampai 5 menit kemudian baru nyalakan kembali modem WiFi IndiHome. Jika jaringan bisa tersambung kembali berarti memang masalah ada pada modem WiFi IndiHome. Jika belum bisa terhubung kembali, bisa berlanjut ke langkah selanjutnya.

2. Periksa Perangkat WiFi IndiHome

Ada kemungkinan yang bermasalah ada pada perangkat WiFi IndiHome seperti kabel atau colokan fibernya. Masalah ini biasanya ditandai dengan lampu los berwarna merah menyala. Jika pengguna melihat lampu indikator ini menyala pengguna perlu dengan segera memeriksa kabel dan colokan WiFi IndiHome. Mungkin ada yang kurang rapat atau tidak terpasang dengan benar.

Jika semua kabel sudah terpasang dengan benar dan tidak ada masalah dengan perangkat lainnya. Namun WiFi IndiHome masih mati dan jaringan internet tidak kunjung tersambung. Maka pengguna bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya.

3. Setting Ulang Terhadap Perangkat

Cara menghidupkan WiFi IndiHome yang mati selanjutnya adalah dengan melakukan setting ulang terhadap perangkat. Masalah ini biasanya ditandai dengan lampu indikator internet yang mati total. Jika pengguna melihat lampu indikator jaringan internet WiFi IndiHome ini tidak menyala sama sekali alias mati total. Maka pengguna perlu melakukan setting ulang, setting ulang bisa dilakukan sendiri dengan panduan yang ada di perangkat WiFi IndiHome.

4. Terlalu Banyak yang Menggunakan jaringan

Alasan mengapa jaringan WiFi IndiHome lambat atau mati bisa saja karena terlalu banyak yang menggunakan WiFi IndiHome. Terlalu banyak pengguna bisa menyebabkan jaringan WiFi IndiHome down dan kecepatan internet berkurang. Jika hal ini adalah penyebabnya, maka yang perlu dilakukan oleh pengguna adalah mengurangi dan membatasi penggunaan jaringan WiFi IndiHome.

5. Perlu Menambah Modem WiFi IndiHome

Hal yang perlu diingat pengguna saat memasang jaringan WiFi IndiHome adalah jangkauan dari modem WiFi IndiHome sendiri. Satu modem WiFi IndiHome sebenarnya memiliki jangkauan radius 20 meter saja. Ini bisa berkurang jika dihalangi oleh tembok atau beton. Jika terlalu memaksakan satu modem WiFi IndiHome untuk melayani area yang luas maka modem WiFi IndiHome bisa down. Akibatnya jaringan internet WiFi IndiHome sendiri mati.

Untuk mengatasi hal ini pengguna bisa menambah modem WiFi IndiHome sehingga jangkauan internetnya bisa menjadi lebih luas. Selain itu, tidak terlalu membebani satu modem WiFi IndiHome untuk melayani jangkauan yang luas.

Itulah 5 langkah cara menghidupkan WiFi IndiHome yang mati hanya dalam 5 langkah saja. Jika kelima langkah itu sudah dilakukan namun jaringan WiFi IndiHome masih saja bermasalah. Kemungkinan besar memang sedang terjadi gangguan nasional pada jaringan WiFi IndiHome. Namun jika tidak ada gangguan nasional dan kelima cara tersebut sudah dilakukan. Pengguna bisa menghubungi pihak telkomsel dan mengajukan keluhan.

Baca Juga:
Cara Melihat Kecepatan WiFi Indihome
Cara Mengatur Jarak Jangkauan Wifi Indihome
Cara Ganti Password Indihome Wifi
Cara Memperkuat Sinyal Wifi Android Tanpa Aplikasi

Related posts