2 Cara Melihat Kecepatan WiFi Indihome Cepat dan Mudah Dipahami

  • Whatsapp
Cara Melihat Kecepatan WiFi Indihome

Akses internet menjadi kebutuhan utama untuk menunjang berbagai aktivitas masyarakat modern. Tidak hanya sebagai media untuk berkomunikasi, melainkan juga untuk menghibur diri dan menghasilkan uang. Provider yang cukup digandrungi masyarakat Indonesia adalah Indihome. Paket milik Indihome dilengkapi dengan informasi seputar kecepatan jaringannya. Cara melihat kecepatan WiFi Indihome penting untuk dipahami. Hal ini berguna bagi pengguna yang perlu membuktikan kecepatan paketnya serta mencari tahu kenapa jaringan lambat.

Melihat Kecepatan WiFi Lewat Speedtest Indihome

Cara melihat kecepatan WiFi Indihome yang pertama ini paling banyak digunakan. Speedtest bermanfaat untuk memberikan informasi pada pengguna internet mengenai kekuatan jaringan yang sedang digunakan. Fitur yang disediakan oleh Indihome ini hanya membutuhkan waktu singkat yakni sekitar dua menit saja. Gunakan Speedtest dari Indihome melalui langkah sederhana di bawah ini.

1. Mengakses Halaman Speedtest

Hubungkan perangkat dengan WiFi Indihome yang kecepatannya ingin diketahui. Berikutnya ketikkan “Speedtest Indihome” melalui kolom pencarian internet. Setelah halamannya sudah terbuka, geser layar ke bawah kemudian carilah tombol bertuliskan “begin test” untuk memulai tesnya. Tekan pada tombol tersebut, maka secara otomatis proses mengukur kecepatan jaringannya akan dimulai.

2. Mendapatkan dan Memeriksa Hasil Tes

Tunggu untuk beberapa saat sampai Speedtest selesai melakukan tugasnya. Ada tiga hal yang diperiksa oleh Speedtest yakni sinyal ping, kekuatan pengunduhan (download) serta kecepatan mengunggah (upload). Setelah itu, hasilnya akan ditampilkan dan pengguna dapat membacanya. Sebelumnya perlu diketahui bahwa satuan yang digunakan komputer biasanya MB/s, namun yang tertera pada paket biasanya bertuliskan Mbps sehingga ukurannya berbeda.

Jangan keliru membaca satuan yang seringkali mengecoh tersebut. Cara melihat kecepatan WiFi Indihome selanjutnya adalah mencocokkan hasil yang didapat dengan jenis paket yang dipakai di WiFi Indihome. Pastikan hasilnya tidak terlalu beda dengan yang tertulis di paket. Apabila hasilnya jauh berbeda, hubungi petugas untuk mendapatkan bantuan. Simpanlah hasil pengukurannya sehingga dapat dilihat kembali.

Melihat Kecepatan WiFi Melalui Speedtest.net

Opsi website lain yang bisa digunakan untuk mengetahui kecepatan jaringan adalah Speedtest.net. Cara ini dapat dijalankan melalui ponsel ataupun komputer dan memiliki hasil yang cukup lengkap. Sebelum menjalankan prosesnya, pastikan bahwa jaringan internet sedang berada pada kondisi yang cukup stabil sehingga hasil yang ditampilkan akan lebih akurat.

1. Membuka Situs

Ketikkan Speedtest.net melalui kolom pencari, maka pengguna akan diarahkan menuju halaman pemeriksa kecepatan tersebut. Cara melihat kecepatan WiFi Indihome melalui Speedtest.net juga cukup mudah, setelah halamannya terbuka akan ditampilkan halaman layanan test speed sesuai dengan provider yang dipakai. Carilah tulisan “Begin Test” kemudian tekan tombolnya untuk memulai proses tes.

2. Menunggu dan Memeriksa Hasil Tes

Tunggu sampai proses pemeriksaan selesai dilakukan. Halaman Speedtest.net akan mengerjakan pengujian untuk tiga proses yaitu ping, download, dan juga upload. Setelah prosesnya berhasil, pengguna bisa melihat hasil uji dari ketiga hal tadi.

Semakin tinggi nilai ping-nya, berarti kualitas internetnya semakin buruk. Hal ini berarti ping sebaiknya memiliki nilai rendah untuk dapat menunjang aktivitas penggunaan internet. Apabila kecepatan upload serta download tinggi, berarti kekuatan internetnya bagus. Simpanlah hasil ini untuk disesuaikan dengan paket Indihome yang digunakan.

Demikian dua cara melihat kecepatan WiFi Indihome. Pengguna dapat mengakses Speedtest milik Indihome dan juga Speedtest.net. Website Speedtest tidak hanya bisa digunakan untuk mengetahui kecepatan dari Indihome melainkan juga bisa untuk provider lainnya seperti MNC, First Media, BizNet, dan sebagainya. Melalui kemudahan ini, pengguna bisa mengetahui apakah jaringannya sudah sesuai dengan kecepatan yang dijanjikan oleh paket provider.

Baca Juga:
Cara Mengatur Jarak Jangkauan Wifi Indihome Bisa Diperluas dan Dipersempit
5 Cara Ganti Password Indihome Wifi, Biar Wifi Tidak Mudah Dicuri!

Related posts