Gampang Kok, Begini Cara Mengisi Tinta Printer Epson L360 Dengan Tepat

  • Whatsapp
cara mengisi tinta printer Epson L360

Saat Anda memiliki sebuah printer maka pengisian tinta merupakan hal yang wajib dilakukan. Terutama saat tinta pada printer tersebut telah mencapai dasar tabung maka Anda harus segera mengisi tinta kembali. Hal tersebut bertujuan agar printer selalu ready saat tiap kali digunakan. namun apakah Anda tahu bagaimana cara mengisi tinta printer Epson L360 dengan tepat?

Cara yang tepat dalam pengisian sebuah printer merupakan hal yang penting diperhatikan agar terhindar dari kerusakan. Maka dari itu perlu Anda ingat jangan biasakan mengisi tinta pada printer pada keadaan yang kosong, karena hal tersebut bisa menimbulkan kerusakan total pada printer. Untuk itu simak ulasan berikut ini bagaimana cara mengisi tinta printer Epson yang baik dan benar!

Beberapa Cara Mengisi Tinta Printer Epson L360

Agar lebih jelas mengenai hal apa saja yang harus diperhatikan dalam tata cara mengisi tinta printer Epson dengan tipe L360, yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

1.    Perhatikan Ciri – Ciri Tinta Printer L360 Saat Akan Habis

Sebelum melakukan pengisian tinta pada sebuah printer Anda pasti sudah mengetahui bahwa tinta tersebut akan habis. Untuk lebih jelasnya mengenai sebuah tinta printer yang akan habis perhatikan ciri – ciri berikut ini.

  • Pada umumnya pada tinta printer yang hampir habis akan muncul sebuah notifikasi atau peringatan sistem tinta yang tampil di layar komputer atau laptop Anda.
  • Ciri – ciri yang kedua biasanya lampu indikator peringatan tinta akan menyala dan berkedip atau Blinking.
  • Ciri – ciri selanjutnya ini akan terlihat saat Anda sedang melakukan pencetakan, hasil cetakan printer tersebut akan terlihat agak memudar di kertas dan berbeda dengan warna lainnya sebelum tinta printer habis.
  • Selain warna menjadi pudar di kertas, ciri selanjutnya hasil cetakan akan terlihat bergaris – garis dan semakin tidak jelas pada tulisan maupun gambarnya.
  • Lalu saat tinta sudah habis dan benar – benar kosong maka hasil cetakan akan kosong dan tidak tercetak hasil apapun. Maka dari itu penting untuk Anda dalam mengenali ciri – ciri tinta printer yang akan habis dan jangan biarkan tinta sampai kosong, agar printer tersebut bisa berumur panjang.

2.    Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengisi Tinta

Sebelum Anda mengetahui cara mengisi tinta printer Epson L360 dengan baik dan benar, maka Anda harus memperhatikan beberapa hal yang penting. Hal penting tersebut diantaranya menyiapkan tinta yang cocok dengan printer epson tipe L360. Ingat janganlah sampai salah memilih tinta yang bisa mengakibatkan kerusakan yang fatal pada printer Anda.

Karena pada umumnya para pengguna biasanya salah dalam membeli merek tinta yang tidak tepat apalagi dengan kualitas yang buruk atau tinta palsu. Merk tinta yang bisa digunakan oleh printer Epson dengan tipe L360 adalah tinta Epson T664 Series. Anda bisa membeli tinta tersebut pada toko printer profesional atau distributor resmi dari PT. Epson untuk mengedarkan tinta.

3.    Langkah – Langkah Saat Pengisian Tinta

Nah sekarang Anda sudah membeli merk tinta Epson T664 Series pada toko distributor resmi dari PT. Epson terdekat. Saat ini perhatikan cara mengisi tinta printer Epson L360 dengan baik dan benar, berikut ini.

  • Pada langkah pertama siapkan alat dan bahan, seperti tinta merk Epson T664 Series dengan warna hitam dan warna lainnya dan tisu untuk membersihkan tinta yang nantinya akan tercecer pada saat pengisian.
  • Selanjutnya lepas tabung penyimpanan tinta pada printer Epson L360 dengan cara mendorong ke atas agar terlepas dari pengaitnya.
  • Setelah itu tidurkan tabung agar lubang tinta mengarah ke atas lalu bukalah cover penutup tabung untuk melihat kode warnanya. Lalu Anda bisa masukkan sesuai dengan warna tinta tersebut.
  • Kemudian tutup kembali dan masukkan pada pengaitnya, lalu nyalakan dengan menekan tombol + dan tahan tombol tinta selama 3 detik untuk memulai proses Head Cleaning.
  • Setelah itu tunggu lampu tinta akan berkedip dan kedipan tersebut sampai hilang. Dan terakhir printer sudah siap dipakai.

Nah itulah cara mengisi tinta printer Epson L360 dengan baik dan benar, semoga ulasan tersebut bisa bermanfaat untuk Anda. Terima kasih dan selamat mencoba.

infografis cara mengisi tinta printer Epson L360
Cara mengisi tinta printer Epson L360

Baca Juga:
Cara Refill Toner yang Benar dengan Mudah
Cara Mengisi Tinta Printer Epson L3110 Dengan Mudah

Related posts