Cara Refill Tinta Printer HP Deskjet 1112 Dengan Suntikan

  • Whatsapp
Cara Refill Tinta Printer HP Deskjet 1112 Dengan Suntikan

Tak bisa dipungkiri, meskipun memiliki printer dan kerap menggunakannya setiap hari. Namun terkadang, ada yang belum paham bagaimana refill tinta printer dengan benar. Seperti saat harus refill tinta printer HP deskjet 1112.

Untuk melakukannya, terkadang mungkin Anda akan meminta bantuan orang lain, ataupun penjual dari tinta printer tersebut. Nah, berbeda halnya jika Anda menyimak artikel ini hingga tuntas. Dijamin, Anda akan bisa melakukan refill tinta pada printer HP deskjet 1112 yang Anda miliki tersebut, dengan benar. Ingin tahu caranya ? Yuk simak terus panduannya di bawah ini !

Apa Itu Refill Tinta Printer HP Deskjet 1112

Sebelum membahas cara melakukan refill/mengisi tinta pada printer jenis ini. Ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu yang dimaksud dengan refill tinta printer HP deskjet 1112 tersebut. Karena seperti diketahui, setiap printer memiliki spesifikasi dan juga komponen yang berbeda untuk setiap brand yang diusungnya.

Pengertian dari refill tinta pada printer ini yaitu proses pengisian tinta pada printer khusus dengan brand HP untuk kategori deskjet. Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu printer deskjet. Berikut beberapa penjelasannya.

Secara umum, dilihat dari tinta yang digunakan, printer HP terbagi ke dalam beberapa jenis. Diantaranya :

1. Printer Inkjet

Jenis printer HP yang pertama dikenal dengan jenis inkjet. Printer dengan jenis ini menggunakan tinta cair dalam bentuk cartridge. Serta dengan warna-warna yang mencolok. Penggunaan printer dengan tinta inkjet ini sangat cocok untuk mencetak gambar serta dokumen ke atas kertas.  Salah satu  printer yang termasuk ke dalam jenis ini yaitu printer deskjet serta Officejet.

Dari penjelasan tersebut, kiranya Anda kini telah paham bahwa printer HP deskjet 1112 yang kini tengah dibahas ini termasuk ke dalam jenis printer inkjet. Lalu, bagaimana cara refill tinta printer HP deskjet 1112 ini ? Anda tak perlu khawatir, karena panduannya akan dijelaskan setelah membahas jenis printer pada HP lainnya berikut ini.

2. Printer HP Ink Tank

Printer HP dengan jenis ink tank menggunakan sebuah tangki untuk penyimpanan tintanya. Tepatnya berada di sisi kanan printer. Cara refill untuk printer jenis ini cukup mudah. Anda tinggal membuka tutup tangki, kemudian menuangkan tinta yang berada di botol anti bocor, ke dalam tangki penyimpanan. Sesuai dengan warna yang diinginkan.

3. Printer Jenis Laser

Khusus untuk jenis printer ini, tinta yang digunakan berupa tinta bubuk, yang dikenal dengan toner. Dibandingkan dengan printer inkjet yang menggunakan tinta cair. Hasil pencetakan pada printer laser ini terbilang lebih cepat kering.

 

Ini Nih Cara Refill Tinta Printer HP Deskjet 1112 !

Dari penjelasan diatas, tentunya Anda sudah mengetahui bahwa printer HP deskjet menggunakan tinta yang berbentuk cair dengan bentuk cartridge. Seperti diketahui, tinta printer dalam bentuk cartridge ini, bisa direfill dengan menggunakan suntikan.

Namun apakah Anda tahu bagaimana cara refill printer HP deskjet 1112 dengan suntikan ini? Berikut panduannya! Diantaranya :

  • Buka cartridge yang ada pada printer HP
  • Buka stiker pada atas cartridge
  • Di sisi lain, isi vacum tinta yang disertai dengan jarum suntikan dengan tinta refill yang telah Anda beli
  • Kemudian masukkan tinta yang telah diisikan pada vacum tinta ke dalam setiap lubang cartridge dengan jarum suntikan yang ada di ujung vacum tersebut
  • Pastikan setiap lubang diisi dengan warna yang sama. Baik itu untuk warna hitam, warna merah, kuning, hingga biru. Maupun warna lainnya yang sesuai dengan panduan yang ada pada cartridge
  • Isi tinta dengan kapasitas 4-8 cc, untuk tinta warna hitam. Serta 3-5 cc refill tinta printer HP deskjet 1112 untuk tinta berwarna
  • Jika telah selesai, maka tutup lubang kembali dengan striker. Anda bisa menambahkan selotip maupun lakban untuk membuat stiker bisa melekat dengan kuat
  • Masukkan kembali cartridge ke dalam printer HP Anda.

Cukup mudah, bukan? Jadi siapa bilang, kalau refill tinta printer HP deskjet 1112 ini sangat sulit dilakukan? Dengan cara yang telah disebutkan di atas. Kiranya hal ini bisa dengan mudah dilakukan oleh siapa saja. Termasuk oleh Anda sendiri.

Penggunaan tinta pada printer, tentunya sangat berperan penting. Maka dari itu,  pengetahuan untuk melakukan refill tinta pada printer tersebut jelas sangat dibutuhkan. Terutama pada saat tinta habis, dan Anda merasa perlu untuk melakukan refill tinta sendiri. Tanpa harus melibatkan orang lain.

Infografis Cara Refill Tinta Printer HP Deskjet 1112 Dengan Suntikan
Infografis Cara Refill Tinta Printer HP Deskjet 1112 Dengan Suntikan

Baca Juga:
3 Penyebab Printer Epson L220 Tidak Keluar Tinta Hitam dan Solusinya!
Cara Instal Printer Canon MP287! Ini Langkah-Langkahnya

Related posts