Info Tinta Printer HP Lengkap : Jenis dan 6 Cara Memilih Tinta yang Tepat!

  • Whatsapp
Tinta Printer HP

Apa Anda memiliki printer HP, dan kini tengah mencari tinta printer HP terbaik? Ataukah yang tidak memiliki printer dengan brand ini, namun ingin mencari tahu seputar tinta printer dengan brand HP ini? Maka pilihan Anda sangat tepat, jika Anda memilih untuk membaca artikel ini. Karena kali ini, akan dibahas mengenai hal itu secara keseluruhan.

Seperti diketahui, printer HP memiliki beberapa keunggulan, layaknya printer dengan brand lainnya. Sama halnya dengan printer brand lainnya juga, penggunaan tinta original pada printer HP ini sebaiknya memang menjadi hal yang diprioritaskan. Meskipun penggunaan tinta printer HP yang bukan original juga tidak dilarang.

Nah, agar Anda tidak perlu menunggu lama. Berikut beberapa informasi mengenai tinta dari printer HP ini, yang bisa menjadi rekomendasi bagi Anda nantinya. Sekiranya Anda berniat untuk memilih tinta printer ini untuk kedepannya.

Jenis Tinta Printer HP Yang Banyak Digunakan

Sebelum membeli tinta yang akan digunakan pada printer Hp Anda. Ada baiknya, Anda memahami terlebih dahulu jenis tinta model apa yang paling tepat untuk printer Anda tersebut. Secara umum, tinta printer HP maupun pada printer dengan brand lainnya,  terbagi ke dalam 2 jenis. Diantaranya :

1. Tinta Liquid/Cair

Jenis tinta ini biasanya yang paling banyak digunakan. Karena memang harganya yang cenderung lebih murah, ketimbang tinta printer dengan model lainnya. Tinta liquid/cair, dikenal juga dengan tinta cartridge. Karena proses pengisiannya dilakukan pada sebuah cartridge yang merupakan salah satu komponen pada printer.

Biasanya, proses pengisian hingga refill tinta printer HP dengan jenis ini dilakukan dengan menggunakan vacuum tinta, berikut sebuah suntikan jarum. Karena tinta printer akan diisi pada lubang-lubang yang berukuran kecil, yang disesuaikan dengan warna masing-masing. Sehingga sulit dilakukan, jika tidak menggunakan sebuah suntikan.

2. Tinta Bubuk

Jenis tinta printer yang kedua yaitu berupa tinta bubuk. Sering disebut juga dengan toner. Cara pengisian dan refill dari tinta printer ini sangatlah mudah. Yaitu dengan cara mengganti tabung tinta yang kosong, dengan tabung tinta yang baru saja Anda beli. Lebih mirip dengan pengisian air minum dengan menggunakan galon.

Sementara jika dilihat dari hasil pencetakan gambar. Proses pencetakan pada kertas dengan tinta bubuk/toner ini lebih cepat kering. Dibandingkan dengan hasil gambar yang menggunakan tinta liquid/cair.

Tinta Printer HP Dijadikan Sebagai Dasar Pembagian Printer Dari Brand HP!

Dari pembahasan di atas, kini Anda bisa mengetahui bahwa tinta printer terbagi kedalam 2 jenis. Diantaranya tinta cair dan juga tinta bubuk/toner. Namun tahukah Anda, bahwa dari jenis  tinta printer tersebut, merupakan dasar dalam pembagian jenis-jenis printer HP ?

Apa saja jenis-jenis printer HP yang dimaksud? Yuk simak penjelasannya berikut ini! Diantaranya :

1.Inkjet Printer

Printer HP inkjet merupakan jenis printer yang menggunakan tinta cair. Contoh dari printer jenis ini diantaranya printer HP deskjet serta printer Officejet. Seperti halnya penggunaan tinta cair yang dilakukan dalam bentuk cartridge, serta penggunaannya yang menggunakan suntikan.

Maka cara pengisian hingga refill dari printer inkjet ini juga biasanya dilakukan dengan bantuan vakum tinta untuk penyedotan dan penyimpanan tinta, sebelum akhirnya dimasukkan ke dalam cartridge. Serta suntikan jarum, yang berfungsi untuk memasukkan tinta ke dalam lubang-luang yang ada pada cartridge.

Karena menggunakan tinta cair dengan warna-warna yang mencolok. Maka printer dengan jenis ini sangat baik digunakan untuk pencetakan gamara maupun gambar. Terutama yang membutuhkan warna-warna yang beragam.

2. Laser Printer

Jenis printer yang kedua yang dibedakan berdasarkan tinta printer Hp yang digunakan yaitu laser printer. Jenis printer yang satu ini menggunakan toner/tinta bubuk. Karena menggunakan tinta bubuk, maka hasil pencetakan dengan printer ini bisa cepat kering dan bisa langsung terlihat hasilnya.

3. Ink Tank Printer

Jenis printer yang terakhir yang terbagi berdasarkan tinta yang digunakan,yaitu printer dengan jenis ink tank. Sebenarnya, untuk printer ini, bisa menggunakan tinta cair maupun toner. Sementara cara pengisian tinta pada printer ini dilakukan dengan menuangkan tinta printer HP ke dalam tangki yang berada tepat di bagian kanan printer.

6 Tips Memilih Tinta Printer HP Yang Tepat

Jika Anda telah mengetahui jenis tinta hingga jenis dari printer HP. Maka kini, Anda bisa memilih tinta printer HP yang sesuai dengan printer Anda tersebut. Namun tunggu dulu ! Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, dalam memilih tinta untuk printer HP yang tepat. Diantaranya :

1. Pilih Tinta Khusus Untuk Printer HP

Tips pertama yang bisa Anda lakukan dalam memilih tinta printer ini yaitu, pilihlah tinta yang khusus untuk printer HP. Hal ini merupakan poin yang paling penting. Karena tidak semua tinta printer yang dijual di pasaran, bisa digunakan pada printer HP Anda.

2. Memilih Tinta Yang Sesuai Dengan Jenis printer HP Yang Dimiliki

Meskipun memang, tinta printer tersebut dirancang untuk printer HP. Namun dikarenakan untuk printer HP ini terdiri dari berbagai jenis, dengan penggunaan tinta dalam bentuk yang beragam.  Baik itu tinta printer HP dalam bentuk cair maupun toner. Maka Anda harus bisa memastikan tinta dalam bentuk apa, yang tepat untuk printer yang Anda miliki.

3. Periksa Kekentalan Tinta

Tips lainnya yang bisa Anda lakukan dalam pemilihan tinta untuk printer HP ini yaitu memeriksa kekentalan tinta. Hal ini perlu dilakukan, karena kekentalan tinta akan berbeda-beda untuk setiap printer.

Untuk melihat kekentalan tinta ini, Anda bisa mengetahuinya di dalam kemasan tinta tersebut. Selain informasi mengenai kekentalan tinta. Pada kemasan tinta tersebut juga, biasanya tertera mengenai informasi printer dengan jenis apa saja yang memang cocok untuk tinta printer HP tersebut.

4. Pilih Warna Tinta Printer Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Bagi Anda yang membutuhkan tinta printer untuk 1 warna saja. Ada baiknya Anda memilih tinta printer yang dijual satuan. Meskipun memang harga satuan, pastinya akan lebih mahal. Jika dibandingkan dengan saat Anda memilih tinta printer dalam kemasan paket.

Karena seperti diketahui, selain dijual satuan. Tinta printer HP juga ada yang dijual per paket. Dengan warna-warna yang berbeda dalam setiap paketnya. Pilihlah warna tinta yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, Jika Anda hanya membutuhkan satu warna saja, memang disarankan untuk membeli satuan. Karena menghindari tinta mengendap terlalu lama, jika tidak segera digunakan.

5. Hindari Menggunakan Tinta Printer Yang Disertai Alkohol

Tak bisa dipungkiri, bahwa banyak tinta printer HP yang disertai dengan alkohol. Hal ini memang sengaja dilakukan, mengingat sifat alkohol yang mudah larut dalam tinta. Sehingga berguna dalam mencairkan tinta dengan kekentalan yang pekat.

Namun perlu diketahui, bahwa penggunaan alkohol pada tinta printer ini, justru akan membuat printer lebih cepat rusak.  Maka dari itu, hindari penggunaan tinta printer yang disertai dengan alkohol. Jika tidak ingin printer HP Anda menjadi cepat rusak.

6. Pilih Tinta Yang sesuai Dengan Hasil Pencetakan Yang diinginkan

Selain yang telah disebutkan diatas, tips terakhir yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan memilih tinta printer HP yang disesuaikan dengan hasil pencetakan yang diinginkan. Karena memang, setiap jenis tinta, akan menghasilkan gambar dan dokumen dengan kualitas cetakan yang berbeda-beda. Untuk tinta printer yang didasarkan pada hasil pencetakan ini, akan dijelaskan dalam pembahasan selanjutnya.

 

Tinta Printer HP Yang Dijual Di Pasaran, Menunjukkan Kualitas Hasil Cetakan

Dalam pembahasan sebelumnya, telah diterangkan mengenai tips memilih tinta printer. Salah satunya dengan memilih tinta printer yang disesuaikan dengan hasil pencetakan yang diinginkan. Nah, kali ini akan dijelaskan mengenai hal itu.

Sekedar informasi, saat ini telah banyak dijual di pasaran beberapa tinta printer HP yang disesuaikan dengan kualitas hasil pencetakan ini. Diantaranya :

1. Dye Based

Tinta printer dengan jenis ini memiliki hasil cetakan dengan warna yang tajam. Hanya saja, karena berbahan dasar air, yang dicampur dengan pewarna. Maka hasil pencetakan dengan menggunakan tinta printer Dye Based lebih mudah luntur. Namun kelebihan dari tinta ini yaitu tidak menimbulkan penyumbatan pada printhead cartridge. Selain itu, harganya juga terbilang murah dan lebih ergonomis.

2. Durabrite Pigment

Jenis tinta printer HP yang dikategorikan berdasarkan hasil pencetakannya yaitu tinta printer durabrite pigment. Tinta dengan kategori ini lebih tahan air, dengan hasil pencetakan yang tahan lama. Bukan itu saja, pencetakan dengan tinta ini juga bisa dilakukan pada kertas maupun kertas foto. Sehingga banyak digunakan dalam pencetakan foto. Hanya saja, penggunaan tinta printer ini memiliki kekurangan. Salah satunya yaitu bisa menyumbat cartridge.

3. Solvent

Tinta solvent biasa digunakan dalam pencetakan spanduk maupun banner. Karena tinta solvent memiliki sifat tahan air dan juga tahan panas. Sehingga sangat cocok digunakan untuk pencetakan yang akan ditempatkan di luar ruangan. Seperti spanduk dan banner tentunya. Kekurangan dari tinta dengan kategori solvent ini yaitu memiliki aroma tinta yang sangat tajam.

4. Eco Solvent

Berbeda dengan tinta solvent, aroma dari tinta eco solvent memang tidak terlalu tajam. Hanya saja, tinta eco solvent ini tidak tahan terhadap panas matahari. Sehingga lebih cocok jika digunakan pada pencetakan yang akan ditempatkan di dalam ruangan ( indoor ) saja.

5. Sublimation Ink

Tinta printer HP sublimation link digunakan untuk pencetakan pada kain maupun bahan lain selain kertas. Seperti keramik, kaca, kaos, pin, mug maupun yang lainnya. Hasil pencetakan dengan tinta printer ini terbilang awet dan tahan lama. Karena memang terbuat dari bahan berupa minyak, diluent, pewarna serta berbagai zat lainnya.

Bukan itu saja, pencetakan dengan sublimation ink ini juga memiliki gradasi warna yang kuat. Biasanya, desain grafis akan membuat desain ataupun sketsanya terlebih dahulu. Baru kemudian melakukan proses pencetakan. Proses pembuatan desain ini bisa dilakukan pada komputer maupun media yang lainnya.

6. Tinta Textile

Tak berbeda dengan namanya, tinta ini memang digunakan pada produksi tekstil. Diantaranya dalam pembuatan sablon, kaos, kemeja, jaket dan yang lainnya. Baik itu yang terbuat dari kain polyester, cotton combed, dan yang lainnya. Hasil pencetakannya terbilang lebih tahan lama dan tidak luntur, dengan warna-warna yang terbilang tajam dan mencolok.

Daftar Tinta Printer HP Yang Bisa Menjadi Pilihan

Nah, bagi Anda yang masih bingung bagaimana mencari tinta printer HP yang original dengan kualitas terbaik. Berikut beberapa rekomendasinya. Diantaranya :

1. Tinta Cair Dalam Bentuk Cartridge

Untuk tinta cair yang berbentuk cartridge, Anda bisa memilih salah satu dari daftar tinta printer HP berikut ini. Tentunya yang disesuaikan dengan tipe printer cartridge yang Anda miliki. Diantaranya :

  • HP 802 Small Black Original Ink dan Hp 802 Small Tri-Color Original Ink
  • HP 703 Black Original Ink Advantage
  • HP 678 Black Original Ink Advantage
  • HP 46 Black Original Ink Advantage dan juga HP 46 Tri-Color Original Ink
  • Hp 680 Tri-Color Original Ink serta Hp 680 Black Original Ink Advantage
  • Hp 933XL High Yield Cyan Original, HP 933XL High Yield Magenta, serta HP 933XL High Yield Yellow Original
  • HP 21 Black Original Ink Cartridge
  • HP 22 Tri-Color Original Ink Cartridge
  • HP 60 Black Original Ink Cartridge serta HP 60 Tri-Color Original Ink Cartridge
  • HP 932 Black Original Ink Cartridge
  • Hp 935XL High Yield Cyan Original dan HP 935XL High Yield Yellow Original
  • HP 951XL High Yield Cyan Original, HP 951XL High Yield Cyan Original, HP 951XL High Yield Magenta serta HP 951XL High Yield Yellow Original
  • HP 934XL High Yield Black Original
  • Hp 932XL High Yield Black Original, serta
  • HP 950XL High Yield Black Original

2. Tinta Printer HP Dalam Bentuk Bubuk/Toner

Tinta printer dalam bentuk ini sangat dibutuhkan oleh beberapa printer HP dengan jenis laser. Untuk tinta printer jenis ini, HP menyediakan sekitar 73 tinta printer untuk tipe printer yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya, yaitu

  • HP 204A Black Original Laserjet, HP 204A Cyan Original Laserjet, HP 204A Yellow Original Laserjet serta HP 204A Magenta Original Laserjet
  • HP 56X High Yield Black Original
  • HP 79A Black Original Laserjet Toner
  • HP 130A Black Original Laserjet
  • HP 126A Black Original Laserjet Toner, HP 126A Cyan Original Laserjet Toner, HP 126A Yellow Original Laserjet dan juga HP 126A Magenta Original Laserjet
  • HP 130A Cyan Original Laserjet Toner, HP 130A Yellow Original Laserjet dan HP 130A Magenta Original Laserjet
  • HP 202A Black Original Laserjet
  • HP 17A Black Original Laserjet Toner
  • HP 30A Black Original Laserjet Toner
  • HP 83A Black Original Laserjet Toner
  • HP 35A Black Original Laserjet Toner
  • HP 201A Black Original Laserjet dan HP 201A Yellow Original Laserjet
  • HP 131A Original Laserjet Toner
  • HP 85A Black Original Laserjet Toner
  • HP 202A Cyan Original Laserjet dan HP 202A Magenta Original Laserjet
  • HP 125A Cyan Original Laserjet Toner, HP 125A Yellow Original Laserjet serta HP 125A Magenta Original Laserjet
  • HP 36A Black Original Laserjet Toner
  • HP 12A Black Original Laserjet Toner
  • HP 78A Black Original Laserjet Toner
  • HP 125A Black Original Laserjet Toner
  • HP 305A Black Original Laserjet
  • HP 410A Black Original Laserjet
  • HP 131A Cyan Original Laserjet Toner, HP 131A Yellow Original Laserjet dan HP 131A Magenta Original Laserjet
  • HP 05A Black Original Laserjet Toner
  • HP 410A Cyan Original Laserjet, HP 410A Yellow Original laserjet dan HP 410A Magenta Original Laserjet
  • HP 26A Black Original Laserjet Toner
  • HP 305A Cyan Original Laserjet serta HP 305A Yellow Original Laserjet, dan yang lainnya

 

Demikian beberapa penjelasan mengenai tinta printer HP ini. Jadi, jika Anda membutuhkan tinta printer terbaik untuk printer HP Anda. Selain mempertimbangkan mengenai harganya. Ada baiknya juga untuk memikirkan apakah tinta printer yang akan Anda beli tersebut, memang sesuai untuk printer HP Anda, ataukah tidak. Karena harga murah, tidak menjamin, bahwa tinta printer tersebut memang tepat untuk printer Anda.

Fungsi tinta pada printer bisa dibilang merupakan hal yang paling penting. Karena tanpa tinta printer, mana mungkin sebuah printer bisa menjalankan fungsinya dalam melakukan proses pencetakan. Meskipun demikian, tak semua tinta yang ada di pasaran, bisa digunakan oleh printer dengan brand dan tipe apa saja. Karena itu kenali dahulu, printer yang Anda miliki. Baru memutuskan untuk membeli tinta printer yang tepat.

Related posts