Yuk, Cari Tahu Cara Refill Toner untuk Alat Printer Anda!

  • Whatsapp
Cara Refill Toner

Anda sebagai pengguna langganan printer tentu saja sudah terdengar akrab mendengar kata refill toner. Tapi, tak ada salahnya untuk mengingat kembali apa itu refill tone? Refill toner merupakan pengisian ulang toner cartridge yang bertujuan untuk digunakan saat melakukan printer.

Isi ulang toner lebih banyak memiliki keunggulan dibandingkan dengan menggunakan tinta cartridge, salah satunya yakni lebih irit. Untuk melakukan isi ulang atau refill toner Anda harus mencari tahu dahulu cara pengisian ulang toner yang baik dan benar sehingga printer bisa berfungsi dengan baik. Baca habis ulasannya.

Begini Cara Refill Toner yang Benar dengan Mudah

Melakukan pengisian ulang toner sangat mudah untuk Anda lakukan tidak serumit apa yang Anda bayangkan. Masih bingung? Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini.

1. Membuka drum film

Yang pertama untuk melakukan refill toner adalah membuka drum film. Membuka drum film yakni dengan membuka skrup yang ada di bagian samping kiri dan kanan sehingga drum film melanggar.

Lalu Anda bisa mencabut drum film secara perlahan agar menghindari kemacetan dan kerusakan drum film, untuk mencabut drum film Anda harus mencokel satu bagian sisi cartridge yang longgar secara pelan jangan sampai membuatnya patah, sebab dapat berakibat masalah yang fatal.

2. Putar gear cartridge

Setelah Anda melepas atau membuka drum film dari alat printer, Anda dengan mudah bisa menemukan sebuah magnet rol yang berwarna hitam atau disebut juga dengan developing pada bagian catridge yang menjadi  salah satu komponen alat printer.

Langkah kedua untuk melakukan isi ulang toner adalah memutar gear cartridge secara perlahan dan jangan sampai Anda memutarnya ke arah yang salah dan berlawanan, sebab akan membuat toner terlepas pada magnet roll. Akan tetapi jika itu terjadi Anda tidak perlu khawatir Anda bisa memutarnya  kembali ke arah berlawanan putaran yang tadi Anda lakukan.

3. Masukan toner

Setelah membuka drum film dan memutar gear cartridge Anda bisa langsung melakukan pengisian toner. Dalam melakukan pengisian toner Anda harus memperhatikannya secara detail masukan toner secara perlahan-lahan  sambil memutar gearnya.

Pengisian toner ini memang terbilang ribet, untuk itu Anda harus melakukannya secara perlahan-lahan agar tidak terjadi kesalahan. Cara memasukan toner ini pun merupakan cara yang agak susah apabila baru pertama kali melakukannya.

Untuk memasukan toner ke dalam magnet roll dengan begitu Anda bisa menggunakan kertas sebagai alat sendok yang membantu Anda dalam memasukan toner pada magnet roll untuk memudahkan Anda. Cartridge bisa diisi hingga 200 gr maksimal.

4. Bersihkan karet atau drum film

Setelah melakukan pengisian toner, Anda jangan terburu-buru  untuk memasang drum film, Anda harus membersihkannya terlebih dahulu bagian karet atau blit pembersih drum film agar kebersihan printernya semakin terjaga dan  tentunya alat printer Anda pun akan semakin awet Anda gunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Nah itulah cara melakukan isi ulangtoner yang bisa Anda lakukan sendiri. bagi Anda yang merupakan pelanggan setia dari alat printer tentu harus memperhatikan beberapa hal dalam penggunaannya. Seperti mengganti tinta cartridge dengan toner cartridge. Menggunakan toner cartridge tentu Anda memiliki berbagai keuntungan tersendiri.

Jika Anda bingung menggunakan toner pada alat printer, Anda bisa melakukan langkah-langkah di atas untuk melakukan refill toner.

Infografis Cara Refill Toner
Cara Refill Toner

Baca Juga:
Wajib Tahu! 4 Fungsi Alat Printer Thermal Bluetooth
Begini Cara Mengisi Tinta Printer Epson L360 Dengan Tepat

Related posts