Coba Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal yang Rusak Ini! Dijamin Ampuh!

  • Whatsapp
cara memperbaiki hardisk eksternal yang rusak

Hardisk eksternal yang rusak adalah situasi yang umum terjadi dan ribuan orang menghadapinya setiap hari. Saat hardisk eksternal tidak dapat diakses, membawanya ke pusat pelayanan bukanlah langkah awal dari cara memperbaiki hardisk eksternal yang rusak.

Pertama, periksa hardisk eksternal itu sendiri karena bisa jadi tidak ada kerusakan apapun padanya. Atau coba hubungkan hardisk eksternal dengan kabel USB lain.

Jika pemeriksaan sudah dilakukan dan tetap tidak terdeteksi, itu berarti memang terdapat kerusakan di hardisk eksternal. Beberapa keadaan juga membuat hardisk eksternal terdeteksi tapi tidak ada file-nya atau corrupt semua.

Ini memang situasi yang menyebalkan. Namun tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang dapat dicoba untuk memperbaikinya. Simak paparannya berikut ini:

Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal yang Rusak dengan Memformat

Secara teoritis, pemformatan harddisk mesti dilaksanakan dengan hati-hati karena cara tersebut akan menghapus data dan menghapus program yang diinstal. Namun, cara tersebut cukup berguna. Pemformatan harddisk merupakan proses konfigurasi media penyimpanan data kembali ke kondisi awal. Jadi kemungkinan besar ini dapat memecahkan masalah hardisk yang paling umum.

1. Perbaiki Hardisk Eksternal yang Rusak dengan Memformatnya Langsung di PC

Pertama, hubungkan hardisk eksternal yang rusak ke PC atau laptop. Klik kanan pada perangkat hardisk dan pilih ‘Format’. Atur sistem file baru, seperti NTFS atau FAT dan lainnya, ke drive dan klik ‘OK’ untuk menyelesaikan proses.

2. Perbaiki Hardisk Eksternal yang Rusak dengan Software Partition Manager

Adapun alat pemformatan harddisk yang dapat digunakan. Salah satunya adalah dari aplikasi pihak ketiga bernama EaseUS Partition Master Free. Aplikasi ini melakukan pekerjaan yang sama seperti Windows File Explorer, tetapi dapat digunakan saat pengguna tidak bisa melihat huruf hardisk disana. Unduh dan instal dulu aplikasinya. Sesudah itu, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Klik kanan hardisk eksternal yang ingin di format lalu pilih “Format”.
  • Atur label Partition, File system (NTFS/FAT32/EXT2/EXT3/EXT4), serta Cluster
  • Klik “OK” untuk melanjutkan.
  • Klik tombol “Execute Operation” dan klik “Apply” untuk melakukan pemformatan.

Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal yang Rusak Tanpa Memformat

Ketika hardisk eksternal yang rusak membuatnya kosong alias isinya terhapus semua, maka memformatnya tidak akan dapat memperbaikinya. Ada pula keadaan dimana pemilik hardisk tidak ingin kehilangan file-nya namun tetap ingin memperbaikinya. Pada keadaan tersebut, hal yang dapat dilakukan yaitu cara-cara berikut ini.

1. Perbaiki Hardisk Eksternal yang Rusak dengan Tools yang Tersedia di Windows

Ada pula tools yang tersedia di laptop atau PC Windows yang dapat membuat hardisk eksternal yang bermasalah kembali normal. Setiap alat tersebut patut dicoba. Satu diantaranya ialah dengan melakukan langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka “This PC”
  • Klik kanan drive hardisk yang memiliki bad sector, dan pilih “Properties”.
  • Buka tab “Tools”.
  • Klik “Check” untuk memeriksa dan memperbaiki bad sector pada hardisk

2. Perbaiki Hardisk Eksternal yang Rusak dengan Perintah chkdsk

Pengguna laptop atau PC Windows juga dapat menggunakan hak administrator untuk menghapus bad sector secara permanen dengan perintah chkdsk. Command Prompt ini berfungsi dengan cara yang sama seperti tools Windows. Berikut adalah caranya:

  • Tekan tombol Windows + R secara bersamaan
  • Ketik cmd lalu tekan tombol Enter.
  • Masukkan perintah: ‘chkdsk E: /f /r /x’ kemudian tekan Enter. (Ganti huruf E dengan huruf drive hardisk eksternal)

Nah, pada akhirnya, itulah cara memperbaiki hardisk eksternal yang rusak, baik dengan melakukan pemformatan maupun tanpa pemformatan. Setiap cara memiliki resikonya masing-masing.

Pemformatan jelas lebih efektif dan mudah namun untuk beberapa keadaan itu tidak bisa dilakukan. Jadi, pilih cara yang paling sesuai dengan keadaan yang dihadapi. Jika tetap tidak bisa memperbaikinya, maka bawalah ke pusat pelayanan.

Baca Juga:
5 Cara Ganti Password Indihome Wifi
8 Cara Melihat Spesifikasi Laptop di Windows 10
5 Cara Memperbaiki File Video Yang Rusak Setelah di Recovery

Related posts