Jangan Panik! Inilah 6 Cara Memperbaiki Hardisk yang Rusak Total

  • Whatsapp
Cara Memperbaiki Hardisk yang Rusak Total

Hardisk yang rusak adalah contoh masalah yang umum terjadi. Tamu tidak diundang ini tidak akan mengetuk pintu sebelum datang. Jika sedang menghadapi masalah data corrupt sejak komputer mulai dinyalakan, maka itu adalah hal wajar yang juga dialami banyak orang. Bagaimana jika hardisk mengalami kerusakan secara total? Pasti akan sulit untuk menemukan cara memperbaiki hardisk yang rusak total.

6 Cara Memperbaiki Hardisk yang Rusak Total, Bisa dilakukan Sendiri

Beberapa alasan terjadinya kerusakan pada hardisk adalah adanya serangan virus, kerusakan pada fisik hardisk, atau kerusakan pada sistem file. Pesan yang biasanya akan muncul saat hardisk rusak adalah ‘Sector not found’ atau ‘Invalid media type reading drive. Abort, Retry, Fail?’. Cobalah untuk tenang dan mulai mempraktekkan cara-cara berikut ini:

Memperbaiki Hardisk Secara Manual

Memperbaiki hardisk yang rusak total secara manual memerlukan sedikit keahlian teknis. Selain itu, cara-cara ini bekerja untuk kasus-kasus terbatas. Untuk masalah lanjutan, diperlukan bantuan profesional. Cara ini juga memiliki masalah kompromi, masalah integritas dan risiko kehilangan data:

1. Luncurkan Disk Check yang Komprehensif

Pertama, buka ‘Komputer’ atau ‘This PC‘. Pilih ‘Hard Drive’ lalu Pilih ‘Properties’. Setelah itu, pilih ‘Tools’. Klik ‘Error checking‘ kemudian ‘Check now‘ lalu cek ‘local disk’. Selanjutnya, klik ‘Start’. Shut down semua program yang terbuka dan berjalan kemudian tunggu sistem memeriksa boot berikutnya. Langkah terakhir, restart PC atau komputer dan lihat apakah hardisk masih bermasalah.

2. Gunakan Control Panel

Cara memperbaiki hardisk yang rusak total berikut ini dimulai dengan memasuki ‘Control Panel‘. Setelah itu, pilih ‘System and Security‘ kemudian klik ‘Action Center. Klik dan perluas bagian ‘Maintenance’ lalu pilih ‘Run Scan‘. Sebagaimana cara sebelumnya, cara ini juga membutuhkan  tindakan restart PC untuk melihat apakah ini dapat menyelesaikan masalah atau tidak.

3. Gunakan File Manager

Buka ‘File Manager’ kemudian pilih drive yang ingin diperbaiki. Klik opsi yang bernama ‘Properties’. Selanjutnya, pilih ‘Tools’ lalu pilih ‘check under Error Checking. Setelah pemeriksaan drive selesai, selanjutnya perbaiki kesalahan yang terdeteksi dengan mengklik ‘Repair This Drive’.

Memperbaiki Hardisk dengan Layanan, Aplikasi, dan Alat

Beberapa permasalahan memang tidak dapat diselesaikan secara manual. Seringkali diperlukan bantuan dari pihak ketiga, seperti layanan, aplikasi, ataupun alat. Semua cara patut dicoba, setidaknya untuk menyelamatkan data penting yang ada dalam hardisk yang rusak:

1. Perbaiki Hardisk di Mac

Sebelum melakukan cara perbaikan ini, disarankan untuk melakukan pemulihan data. Jika sudah, selanjutnya restart komputer dan tahan CMD+R hingga terlihat logo Apple atau bola dunia yang berputar. Pada ‘MacOS Utilities’, pilih ‘Disk Utility’. Pilih drive paling atas di sebelah kiri dan pilih ‘First Aid or Repair’. Jika berhasil, ini akan menyelesaikan banyak kerusakan pada hardisk.

2. Gunakan Aplikasi

Pada beberapa kasus, aplikasi pemulihan data dapat menemukan bagian file yang terfragmentasi pada sector hardisk dan memperbaikinya. Hal terpenting di sini adalah pemilihan aplikasi yang tepat karena pasar dibanjiri dengan banyak alat. Beberapa dapat diandalkan dan beberapa justru berpotensi memperburuk situasi. Oleh karena itu, pilihlah aplikasi dengan review yang bagus dan ikuti panduannya dengan baik.

3. Hubungi Penyedia Layanan Pemulihan Data Profesional

Meskipun dihitung sebagai pilihan terakhir, tetapi secara keseluruhan, ini adalah pilihan all-in-one yang luar biasa. Cara ini dapat ditempuh, baik saat harddisk memiliki kerusakan pada sistemnya maupun pada fisiknya. Pemilik hardisk hanya perlu menyerahkan hardisk yang rusak kepada ahlinya. Penyedia layanan sendiri akan menjaga integritas data, keamanan, dan kerahasiaan data selama pemulihan.

Demikianlah cara memperbaiki hardisk yang rusak total. Hal paling penting ketika menghadapi masalah kerusakan pada hardisk adalah jangan panik. Hal ini dikarenakan saat panik, manusia cenderung tidak bisa berpikir dengan baik. Selain itu, pertimbangkan pula untuk selalu melakukan pencegahan sebelum hardisk mengalami kerusakan. Selalu cadangkan file-file penting. Lakukan pula tes kesehatan hardisk secara teratur.

Baca Juga:
Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal yang Rusak Ini, Dijamin Ampuh!

Related posts