Cara Menggunakan HDD Regenerator yang Tepat Untuk Berbagai Jenis Drive

  • Whatsapp
Cara Menggunakan HDD Regenerator yang Tepat Untuk Berbagai Jenis Drive

HDD Regenerator adalah perangkat lunak untuk hard drive eksternal. Menurut situs resminya, ini adalah program unik untuk meregenerasi hard drive yang rusak secara fisik. HDD Regenerator tidak menyembunyikan bad sector dan malah memulihkannya. Sayangnya, meskipun algoritmanya yang tidak bergantung pada perangkat keras, hanya sedikit orang yang tahu bagaimana cara menggunakan HDD Regenerator ini.

Software ini mendukung banyak jenis drive dan memperbaiki kerusakan yang tidak dapat diperbaiki oleh pemformatan tingkat rendah. User interface-nya yang intuitif dan ramah, membuatnya mudah digunakan dan tanpa pengaturan yang rumit. Pengembang telah menyiapkan produk bagi pengguna dengan kinerja dan hasil terbaik. Berikut inilah petunjuk mengenai cara-cara tepat dalam menggunakan software hebat ini dengan mudah:

1. Memeriksa dan Meregenerasi Harddisk

Sebelum memperbaiki hardisk yang rusak atau bermasalah, hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksanya. HDD Regenerator dapat memeriksa hardisk sekaligus meregenerasi dengan memperbaiki bad sector. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Klik opsi ‘Regeneration’ di menu atas dan pilih ‘Start Process under Windows’.
  • Pada jendela berikutnya, pilih drive untuk memindai dan memperbaiki bad sector.
  • Masukkan nomor mode yang diinginkan di kolom ‘Enter choice’ dan tekan tombol ‘Enter’ pada keyboard untuk melanjutkan.
  • Pilih ‘Scan’ dan lanjutkan.
  • Pilih ‘Start sector’, selanjutnya HDD Regenerator akan otomatis memindai drive target sekaligus meregenerasi.

Tunggu sampai pemindaian selesai dan layar akan menampilkan beberapa informasi. Informasi tersebut adalah jumlah delay yang terdeteksi, sectors remain bad, sectors recovered, new bad sectors appear, dan bad sectors reappear.

2. Memanfaatkan S.M.A.R.T Fitur Pengujian

S.M.A.R.T, sering ditulis sebagai SMART, mengacu pada Self-Monitoring, Analysis and Reporting Technology. Fungsi utama teknologi SMART adalah untuk mendeteksi dan melaporkan berbagai indikator keandalan hardisk dan berupaya mengantisipasi kegagalan perangkat yang akan segera terjadi.

Jika kemungkinan kegagalan disk yang akan segera terjadi ditunjukkan oleh SMART, software terkait pada sistem host mungkin akan memberikan peringatan. Oleh karena itu, pengguna disarankan mengambil tindakan real time untuk mencegah kehilangan data. Beberapa di antaranya adalah mencadangkan file penting dan mengganti hardisk dengan hardisk yang lebih sehat.

3. Membuat HDD Regenerator Portable

Ini adalah cara menggunakan HDD Regenerator yang terbaik, yaitu membuat HDD Regenerator portable. HDD Regenerator portable tersebut berupa flash drive USB atau disk program yang dapat di-boot. Cara ini juga akan mirip dengan cara membuat CD atau DVD yang dapat di-boot. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pilih ‘Create Bootable Flash’ di bawah submenu ‘Regeneration’, atau cukup klik ‘Bootable USB Flash’ di antarmuka utama.
  • Pilih flash drive USB dan klik ‘OK’.
  • Selanjutnya, muncul pop-up yang memperingatkan bahwa pengguna akan kehilangan data. Jadi, jika ada file penting di drive, pengguna harus memindahkannya ke tempat lain yang aman. Pengguna juga dapat mencadangkannya sebelum membuat perangkat yang dapat di-boot
  • Klik ‘OK’ dan tunggu hingga tugas selesai.

4. Membuat CD atau DVD yang Dapat di Boot

Pertama, buka HDD Regenerator lebih dulu. Masukkan CD atau DVD ke drive komputer. Klik pada ‘CD/DVD Bootable’ di menu utama. Dalam daftar drive optik yang terdeteksi, pilih drive yang baru saja dimasukkan dan klik ‘OK’. Tunggu hingga proses selesai.

5. Memantau Hard Drive dengan Real-time Monitor

Pengguna dapat mengontrol dan menerima pesan tentang kondisi hard drive-nya dari HDD Regenerator. Cukup hidupkan ‘Import Drive Health Pop-ups’ atau ‘Not Important Drive Pop-ups’ di bawah menu ‘Real-time monitor’. Jika pengguna menonaktifkan ‘Import Drive Health Pop-ups’, ‘Not Important Drive Pop-ups’ akan otomatis mati dan begitu juga sebaliknya.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menggunakan HDD Regenerator yang dapat dengan mudah dilakukan. HDD Regenerator akan sangat membantu dalam mengatasi masalah-masalah yang terkait dengan hard drive eksternal. Ini juga dapat mencegah orang-orang kehilangan file pentingnya karena kerusakan hard drive.

Baca Juga:
Coba Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal yang Rusak Ini! Dijamin Ampuh!
Jangan Panik! Inilah 6 Cara Memperbaiki Hardisk yang Rusak Total

Related posts