8 Cara Melihat Spesifikasi Laptop di Windows 10

  • Whatsapp
cara melihat spesifikasi laptop di windows 10

Windows 10 adalah sebuah perangkat yang kerap kali digunakan saat ini. Para pemilik laptop memilih perangkat ini lantaran tergolong masih baru yang merupakan bagian dari perkembangan perangkat Windows yang sebelumnya. Tetapi, beberapa penggunanya terkadang masih belum memahami bagaimana cara melihat spesifikasi Windows sebelumnya, entah untuk sekedar tahu atau untuk keperluan lainnya.

Inilah 8 Cara Melihat Spesifikasi Laptop di Windows 10

Penasaran bagaimana caranya? Berikut cara melihat spesifikasi laptop di Windows 10 dengan cara yang simple:

1. Memakai DXDIAG

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan memakai DXDIAG yang merupakan perintah Windows bawaan yang memiliki fungsi untuk melihat spesifikasi laptop. Langkah pertama cukup yakni cari “Run” pada kolom pencarian. Langkah berikutnya ketik saja DXDIAG dan enter atau klik ok. Maka dengan begitu, nantinya akan terdapat spesifikasi laptop bahkan CPU, dan RAM. Sedangkan untuk melihat VGA tinggal klik saja tab Display.

2. Gunakan Properties Computer

Hampir serupa dengan DXDIAG, namun Properties Computer terlihat lebih dasar. Caranya begitu cukup mudah, yakni buka saja Windows explorer dan buka this PC, lalu klik kanan dan pilih properties. Pada tampilan tersebut pengguna dapat melihat spesifikasi berupa RAM dan CPU.

3. Memakai System Information for Windows 10

Menggunakan cara ini terbilang sangat direkomendasikan sebab memberikan informasi spesifikasi lengkap. Caranya juga tidak begitu sulit, yakni cari saja system information pada kolom pencarian dan buka lalu pilih saja system summary. Pada menu tersebut akan terdapat penjelasan mengenai spesifikasi dasar, namun jika ingin mengetahui informasi lainnya cukup dengan memilih menu sub category lainnya.

4. Gunakan Command Prompt

Hampir mirip dan serupa dengan System Information, cara melihat spesifikasi laptop di Windows 10 juga dapat dipilih sebab hampir sama memberikan informasi yang cukup lengkap selayaknya System Information. Langkahnya cukup mudah, klik saja fitur search pada Windows dan ketik saja CMD lalu buka saja. Kemudian ketikkan System Information dan tekan saja enter. Lalu lihat spesifikasi laptop yang dibutuhkan.

5. Pakai Aplikasi Pengecek Sistem

Aplikasi yang akan dibahas adalah sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk melihat spesifikasi beberapa komponen laptop yakni CPU, VGA dan processor. Dan aplikasi yang disarankan yakni CPU-Z untuk mengetahui jenis processor, GPU-Z untuk melihat VGA serta HDTune untuk mengecek hardisk. Lantaran aplikasi ini bersifat sangat khusus, maka informasi yang diberikan juga akan sangat mendetail.

6. Melihat Spesifikasi Menggunakan About Your PC

Langkah lain yang dapat dilakukan adalah dengan mencari kolom pencarian dan tuliskan “About Your PC” lalu enter. Maka di sana akan terdapat berbagai macam informasi mengenai spesifikasi laptop yang ada. Nantinya akan terdapat berbagai macam informasi yakni nama laptop, jenis windows serta RAM dan Processor yang terdapat pada laptop.

7. Pakai HWInfo

Cara lain yang dapat digunakan yakni menggunakan aplikasi HWInfo. Pada Aplikasi ini terdapat banyak sekali informasi mengenai spesifikasi laptop yang ada secara mendetail. Sehingga aplikasi yang satu ini sangat direkomendasikan untuk mengetahui mengenai spesifikasi laptop.

8. Menekan Beberapa Tombol Keyboard di Laptop

Cara melihat spesifikasi laptop di Windows 10 terakhir yang dapat dicoba adalah dengan meng-klik perpaduan shortcut di keyboard laptop. Apa itu? yakni tombol Windows dan Pause Break. Cara ini bisa dikatakan sebagai cara tercepat untuk melihat spesifikasi laptop.

Itulah beberapa cara melihat spesifikasi laptop di Windows 10  yang dapat dicoba, semua cara di atas dapat dipilih lantaran semua cara tersebut dapat digunakan untuk melihat spesifikasi dan informasi yang begitu lengkap mengenai laptop pada windows 10. Bagaimana? Cukup mudah bukan?

Baca juga:
5 Cara Memperbaiki File Video Yang Rusak Setelah di Recovery Dengan Mudah

5 Cara Melihat Password Wifi Sendiri untuk Admin Pemula

Related posts