5 Cara Memperbaiki File Video Yang Rusak Setelah di Recovery Dengan Mudah

  • Whatsapp
cara memperbaiki file video yang rusak setelah di recovery

Siapa yang tak kesal lantaran file video tidak dapat dibuka entah sebab rusak atau corrupt atau mungkin bahkan tidak bisa dibuka sekalipun setelah di recovery? Permasalahan ini kerap kali terjadi dan kadang-kadang sangat menjengkelkan dan membuat pemiliknya kerepotan bukan? Ternyata ada lho solusi untuk memperbaiki hal ini. Penasaran?

5 Cara Memperbaiki File Video Yang Rusak/Corrupt Setelah di Recovery Dengan Mudah di HP Android dan Laptop

Berikut cara memperbaiki file video yang rusak/corrupt setelah di recovery yang patut dicoba! Simak uraiannya berikut:

1. Memakai VLC Video

Langkah pertama yang sekiranya dapat dicoba adalah dengan memakai VLC Video player yang merupakan jenis open source dan dapat digunakan pada jenis file apapun. Pertama unduh saja VLC Video player ini melalui web resminya dan sesuaikan dengan jenis windows yang terpasang pada laptop.

Seusai mengunduh, buka aplikasinya dan klik media lalu convert saja atau save bisa juga menggunakan control R. Setelah itu klik saja add dan pilih videonya, jika sudah pilih convert/save yang terletak di bagian bawah.

Selanjutnya pada kolom profil, ubah codec menjadi codec lain tetapi masih berbentuk format video. Misalnya saja dengan memilih H.264 atau H.265, jika sudah convert dan tunggu hingga proses telah usai. Berikutnya buka destinasi output dan lihat apakah file video sudah kembali pulih atau tidak.

2. Gunakan Stellar Video Repair

Cara berikutnya yang dapat dicoba sebagai cara memperbaiki file video yang rusak setelah di recovery adalah dengan mencoba memakai Stellar Video Repair. Sama saja dengan cara diatas, download terlebih dahulu aplikasinya. Lalu pilihlah add atau tambahkan video, jika sudah klik saja tombol repair dan tunggu prosesnya. Jika telah selesai maka klik saja preview dan lihat hasilnya.

3. Pakai Yodot AVI Repair

Jika kedua cara di atas tidak berhasil, maka cara lain yang dapat dilakukan adalah menggunakan Yodot AVI Repair. Sama seperti aplikasi sebelumnya, cukup unduh terlebih dahulu kemudian klik saja browse/cari dan pilih video yang akan dipulihkan dan klik repair. Tunggu saja prosesnya dan klik preview untuk melihat hasil videonya. Cukup mudah bukan?

4. Ganti Aplikasi Video Player

Memang beberapa format dan codec video tidak semuanya dapat dilihat dan diputar di sebuah aplikasi video player. Jika saat melihat video hasilnya error, layar menghitam, maka dapat diindikasikan jika video yang diputar tidak dapat diputar di aplikasi video player yang terpasang.

Bagaimana cara mengatasinya? Cukup mudah, unduh saja video player lain dan coba menggunakan codec jenis lainnya. Misalnya pada windows gunakan VLC, MPC-HC dan sebagainya, tetapi untuk Android dapat menggunakan MX player, atau VLC (android).

5. Pakai Get Videos Back

Langkah berikutnya jika belum bisa menggunakan keempat cara tersebut, maka cobalah untuk memakai Get Videos Back. Hampir serupa dengan keempat cara yang sudah dijelaskan, langkah awal yang dilakukan adalah download aplikasi Get Videos Back, lalu buka dan pilih video yang ingin diperbaiki dan pilih juga folder tujuan lalu tunggu saja prosesnya. Aplikasi ini tersedia untuk berbagai macam jenis format file video lho, canggih bukan?

Itulah beberapa cara memperbaiki file video yang rusak setelah di recovery yang dapat dicoba. Jika semua cara di atas masih saja tidak dapat memperbaiki video, maka lebih baik rekam ulang saja jika memungkinkan. Meskipun tidak dapat menjamin perbaikan hingga 100%, cara diatas tetap dapat dicoba untuk mengembalikan file video yang rusak akibat corrupt. Siapa tahu file video akan kembali dengan mencoba cara-cara diatas. Bagaimana? Sudah siap mencobanya?

Baca juga:
5 Cara Melihat Password Wifi Sendiri untuk Admin Pemula

Begini Cara Melihat URL Aplikasi Android Yang Paling Benar dan Aman

Related posts