Inilah 5 Cara Memperbaiki Mouse Wireless yang Mudah dan Praktis

  • Whatsapp
Cara Memperbaiki Mouse Wireless yang Mudah dan Praktis

Beberapa orang mencari cara memperbaiki mouse wireless karena pointer-nya bergerak tidak menentu atau bahkan tidak merespons sama sekali ketika digerakkan. Hal seperti ini bisa disebabkan karena umur mouse yang memang sudah tua atau beberapa kerusakan lainnya. Untungnya masalah-masalah tersebut terkadang dapat diatasi dengan mengaktifkan dan menjalankan kembali mouse dalam beberapa menit.

5 Cara Memperbaiki Mouse Wireless yang Mudah dan Praktis

Untuk beberapa kasus, penyelesaiannya tidak akan semudah itu. Berikut akan diuraikan cara-cara lain yang dapat dilakukan saat masalah pada mouse wireless adalah masalah yang agak serius. Untuk melakukannya, pengguna diharuskan untuk menggunakan perangkat penunjuk lain, seperti mouse USB, touchpad, atau semacamnya. Kecuali jika perangkat yang dimiliki mempunyai kemampuan semacam layar sentuh:

1. Pastikan Mouse Wireless Kompatibel dengan Perangkat yang Digunakan

Saat mouse wireless tidak berfungsi, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa kompatibilitas mouse terhadap perangkat. Kebanyakan model perangkat atau PC baru memerlukan cara ini. Jika mouse berusia lebih dari lima tahun, kemungkinan besar mouse tersebut tidak kompatibel dengan beberapa jenis PC, seperti Windows 10.

2. Periksa Pemasangan Receiver

Jika mouse adalah merek terbaru dan masih tidak merespons, opsi lainnya adalah memastikan receiver wireless terpasang ke port yang berfungsi atau memiliki daya yang memadai. Untuk mengatasi masalah seperti ini, coba ubah port-nya dan lihat apakah ada yang berubah. Pastikan juga untuk memasang receiver ke port asli PC yang digunakan, bukan replikator port eksternal.

3. Instal Ulang Driver

Cara memperbaiki mouse wireless dengan menginstal ulang driver dimulai dengan menekan tombol Windows + X pada keyboard dan pilih ‘Device Manager’. Cari dan perluas menu ‘Mice and other pointing devices’. Selanjutnya, klik kanan pada mouse wireless dan klik ‘Uninstall’. Pada kotak konfirmasi berikutnya, klik ‘Uninstall’ lagi.

Lalu akan ada kotak lain yang muncul di layar. Kotak ini menyatakan bahwa sistem perlu dimulai ulang agar perubahan dapat diterapkan dan akan meminta persetujuan pengguna untuk hal yang sama. Izinkan itu untuk me-restart. Setelah sistem di-restart, driver mouse akan diinstal lagi. Biasanya ini dapat menyelesaikan masalah. Namun, jika tidak, beralihlah ke cara selanjutnya.

4. Lakukan Cleaning Boot

Pertama, ketik msconfig di kotak pencarian dan pilih ‘System Configuration’. Pilih tab ‘Services’ dan hapus centang pada checkbox ‘Hide all Microsoft services’. Klik tombol ‘Disable all’. Lalu pilih tab ‘Startup’ dari atas dan klik ‘Open Task Manager’.

Selanjutnya pilih setiap item dengan mengkliknya dan diubah statusnya menjadi disable . Tutup task manager. Pada kotak dialog utama System Configuration, klik ‘OK’. Restart PC agar perubahan dapat diterapkan. Setelah PC di-restart, baru sambungkan mouse dan lihat apakah masalah sudah diperbaiki.

5. Temukan Perangkat Lunak atau Program yang Bermasalah

Beberapa penyebab kerusakan pada mouse wireless adalah adanya perangkat lunak atau program yang bermasalah. Untuk mengatasinya, luncurkan System Configuration seperti yang ditunjukkan pada cara sebelumnya. Pilih tab ‘Services’ dan klik pada checkbox ‘Hide all Microsoft services’.

Selanjutnya, klik secara manual sekitar satu setengah dari atas daftar services yang ada. Klik ‘OK’ untuk menutup kotak dialog System Configuration. Klik ‘restart’ ketika diminta untuk menerapkan perubahan. Jika masih tidak berhasil, ulangi langkah-langkah di atas tetapi dengan kumpulan layanan lain. Pilih dari bawah daftar services yang tersedia hingga membidik program tertentu yang menyebabkan masalah.

Demikianlah 5 cara memperbaiki mouse wireless yang dapat dilakukan dengan mudah dan praktis. Meskipun cara yang kelima agak ‘coba-coba’ namun biasanya pada akhirnya pengguna akan menemukan penyebab mengapa mouse wireless-nya bermasalah. Apabila cara-cara yang telah disebutkan tadi tidak dapat membantu sama sekali, mungkin mouse yang digunakan memang sudah waktunya untuk diganti.

Baca Juga:
Cara Menggunakan Wireless Music Receiver di Hp Android, Laptop, serta Mobil
6 Rekomendasi Printer HP Wireless Kualitas Cetak Terbaik

Related posts