Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A72 Lengkap

Gambar Samsung Galaxy A72

Samsung Galaxy 72 ini kemungkinan menjadi salah satu ponsel kelas menengah yang terbaik untuk saat ini. Hal itu tak lepas dari beberapa spesifikasi yang menyertainya.

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A72

Desain

Pertama kita akan mengawalinya dari segi desain fisik terlebih dahulu dan bagian layarnya sebagai sisi yang paling luar.

Ponsel ini hadir dengan menggunakan struktur desain yang kokoh di setiap sisinya. Ini terlihat pada setiap bodinya yang cenderung kaku namun tetap terlihat mewah dan berkelas.

Namun secara dimensional, Samsung Galaxy 72 ini tak terlalu berbeda dengan generasi pendahulunya yang berasal dari Galaxy A series dengan ketebalan yang ramping pada bagian sisinya.

Kemudian dari sisi punggung bodinya menggunakan konsep desain kekinian dan menempatkan modul kamera utamanya secara vertikal di dalam satu ruang kotak yang terletak pada bagian sisi kiri atas.

Sentuhan warna hitam dop juga begitu kuat memberikan kesan kemewahan serta ketangguhan performa yang dimilikinya.

Untuk layar yang digunakan sudah mengusung konsep layar penuh dengan lubang kecil dibagian atasnya. Lubang kecil tersebut adalah sebagai wadah kamera depan sehingga terlihat unik dan modern.

Dan yang menarik pada Hp ini yaitu teknologi layar yang digunakan. Samsung Galaxy 72 ini sudah menggunakan panel Super AMOLED Plus dan refresh ratenya mencapai 90Hz.

Sedangkan ukuran dimensional layar 6.7 inci Full HD+ sehingga akan memberikan tampilan visualisasi tajam dan smooth serta gambar visual yang lebih realistis.

Namun sayangnya, ponsel ini belum menggunakan pelindung layar bawaan yang diterapkan pada Samsung Galaxy A72.

Kamera

Lalu kita juga akan membahas dari segi fotografinya yang juga penting untuk menjamin aktivitas pengguna di sisi pemotretan.

Untuk itulah Samsung Galaxy A72 ini juga menampilkan 4 buah kamera belakang yang masing-masing memiliki resolusi 64MP + 8MP + 12MP + 2MP. Kesemua lensa-lensa tersebut juga saling terintegrasi dengan baik.

Dengan resolusi yang dimilikinya juga akan mampu menghasilkan foto yang fokus dan hasilnya maksimal. Dan untuk kamera utamanya juga sudah dibekali dengan kemampuan perekaman video yang memiliki kualitas 4K yang disokong dengan fitur gyro-EIS.

Tentunya dengan spesifikasi tersebut maka akan menghasilkan video dengan gerak visualnya yang terlihat smooth dan realistis.

Kemudian, ponsel ini juga menempatkan satu buah kamera depan dengan resolusi 32MP. Kamera ini juga akan memberikan hasil foto selfie yang terlihat tajam, jernih serta berkualitas.

Oleh karena itu, tak heran jika kamera yang ada di Samsung Galaxy A72 ini menjadi salah satu unggulan untuk menarik minat konsumen.

RAM dan Prosesor

Untuk dapur pacunya juga penting untuk kita ketahui. Mengingat ponsel ini juga sudah menyimpan banyak komponen handal serta kinerjanya yang saling terintegrasi.

Salah satu yang menarik dari dapur pacunya ini yaitu menggunakan chipset dari Qualcomm yaitu Snapdragon 720G dengan fabrikasi 8nm. Tentunya semua ini dirancang untuk memberikan pengalaman penggunaan AI terbaru terutama dibidang fotografi serta voice assistant.

Dan chip yang dibawa Samsung tersebut juga menggunakan format core 8 inti dengan performa 2x Kryo 465 yang dibangun dengan basis cortex-A76 dengan clock 2.3 GHz serta Core efisiensi 6x Kryo 260 yang berbasis Cortex-A55 dengan clock 1.8 GHz.

Ponsel ini juga menyematkan RAM yang memiliki kapasitas 6 atau 8 GB. Kedua RAM tersebut akan memberikan kita jaminan performa multitasking dan responsif.

Selain itu, Samsung Galaxy A72 ini juga menggunakan akses kartu grafis yang berupa GPU Adreno 618 dengan olah grafik yang lebih konsisten serta mumpuni sehingga menghasilkan gambar HD dengan lebih spesifik dan realistis.

Platformnya juga didukung dengan Android 11 generasi terbaru. Yang mana platform ini juga kaya akan fitur serta berbagai pilihan menu yang fungsional.

Baterai

Selanjutnya kita juga akan membahas mengenai baterai yang digunakan. Baterai ini juga merupakan sektor yang penting sebagai penyuplai daya di setiap komponen.

Oleh karena itu Samsung membekalinya dengan menggunakan tipe baterai Li-Ion daripada Li-Po. Baterai tersebut juga bisa memberikan akses daya ke setiap komponen beroperasi dengan standar. Sedangkan untuk kapasitas baterai yang dimilikinya sebesar 5000 mAh yang bisa bertahan selama 12 jam.

Tentunya hal tersebut juga menjadi keunggulan tersendiri bagi Samsung Galaxy A72 ini. Selain itu baterainya juga dilengkapi dengan fitur pengisian daya cepat 25W sehingga membuat watu ketika pengisian daya menjadi lebih cepat.

Konektivitas

Konektivitas yang terdapat pada Samsung Galaxy A72 ini juga layak untuk dipertimbangkan. Karena hal ini terkait dengan aktivitas sehari-hari dari penggunanya.

Sehingga Samsung juga membekalinya dengan akses jaringan 4G LTE yang memberikan kecepatan internet yang stabil dan agresif.

Selain itu, Samsung juga membekalinya dengan sistem navigasi yang fungsional agar bisa mempermudah pengguna dalam menemukan lokasi. Diantaranya dengan menggunakan navigator yang berupa A-GPS, GLONASS, BDS serta GALILEO.

Selain itu juga terdapat koneksi jarak dekat yang fungsional seperti Bluetooth, akses koneksi NFC, USB Type C serta USB On The Go. Tak hanya itu, Samsung juga memberikan akses lubang audio 3.5mm untuk lubang headset kabel.

Harga Samsung Galaxy A72

Sebelum kita membahas mengenai harga yang ditawarkan, maka kita akan berikan ulasan singkat terlebih dahulu mengenai Samsung Galaxy A72 ini.

Ponsel ini sudah menggunakan konsep layar penuh dengan ukuran 6.7 inci dan sudah menggunakan teknologi panel layar Super AMOLED dengan kemampuannya yang tajam dan jernih.

Dukungan dapur pacunya juga handal dengan chipset Snapdragon 720G Octa Core yang didukung pula dengan RAM 6/8GB dan OS Android 11.

Selain itu pada bagian belakangnya terdapat 4 buah kamera dengan resolusi tertinggi 64MP dengan fitur perekamanan video 4K serta fitur gyro-EIS. Lalu berapa harga yang ditawarkan?

Dengan melihat beberapa spesifikasi yang didapatkan tersebut maka tak salah jika Samsung Galaxy A72 ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 7.5 jutaan.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A72

Adapun beberapa kelebihan yang terdapat pada Samsung Galaxy A72 ini diantaranya yaitu :

  • Memiliki jaringan internet 4G LTE
  • Sudah menggunakan pemindai sidik jari layar optik yang canggih dan aman digunakan
  • Sudah memiliki sertifikat IP67 yang tahan di air dengan kedalaman hingga 1 meter
  • Menggunakan panel layar dengan teknologi Super AMOLED Plus
  • Layarnya luas dengan ukuran 6.7 inci Full HD+
  • Menggunakan chipset andalan Snapdragon 720G dengan fabrikasi 8nm yang  hemat daya
  • RAM yang dimilikinya juga cukup variatif dengan pilihan 6 atau 8GB
  • Dilengkapi juga dengan menggunakkan GPU Adreno 618 dengan jaminan grafis yang terlihat smooth
  • Menggunakan OS ANdroid 11
  • Terdapat 4 kamera di bagian belakangnya dengan sensor utama 64MP serta terdapat satu kamera depan dengan resolusi 32MP
  • Sudah dilengkapi juga dengan fitur perekaman video hingga 4K
  • Menggunakan kamera utamanya yang dilengkapi dengan fitur gimbal gyro-EIS
  • Sudah menggunakan koneksi NFC
  • Sistem USB yang digunakan yaitu Tipe C dan OTG
  • Kapasitas baterai yang dimilikinya yaitu 5000mAh dengan pengisian cepat 12W

Kemudian ada kekurangan pada SAmsung Galaxy A72 ini, diantaranya yaitu :

  • Belum adanya dukungan teknologi 5G
  • Layarnya belum menggunakan pelindung layar bawaan
  • Baterai yang digunakan masih Li-Ion, belum Li-Po

Baca Juga:
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A22 5G Lengkap

Related posts