Cara Mengatasi Lupa Pin Kredivo Saat Transaksi Dengan Gampang

Cara Mengatasi Lupa Pin Kredivo Saat Transaksi Dengan Gampang!

Teknologi telah memberikan kemudahan pada setiap lini kehidupan dari manusia. Bahkan ketika terjadi kesulitan finansial, teknologi memberikan jawaban atas kesulitan tersebut. Misalkan saja, aplikasi Kredivo yang memberikan pertolongan saat terjadi kesulitan finansial. Tetapi, terdapat sejumlah kasus dimana pengguna lupa pin Kredivo saat transaksi berlangsung.

Hal ini tentunya akan menghambat proses transaksi yang dilakukan oleh peminjam itu sendiri. Keadaan dimana nasabah ini mengalami lupa Pin Kredivonya bukanlah hal yang tak wajar. Ada banyak faktor yang dapat membuat nasabah lupa terhadap Pin di akun Kredivonya tersebut. Untuk mengetahui informasi selengkapnya mengenai tips ini, simak ulasannya:

Penyebab Nasabah Lupa Pin Kredivo

Sebelum mengetahui cara mengatasi nasabah yang lupa Pin kredivo secara mudah ini, sebaiknya perlu mengetahui penyebab yang biasa terjadi dari kasus lupa pin ini. Hal ini berguna bagi nasabah lain agar lebih berhati-hati dalam menjaga maupun mengingat Pin dari akun Kredivo ini. Karena jika akun ini disalahgunakan oleh orang yang mengetahui Pin nya, maka bisa menyebabkan kerugian.

1. PIN Rumit

Memang benar bahwa dalam membuat Pin ini sebaiknya menggunakan kombinasi huruf, angka, maupun simbol yang dimana tidak dapat ditebak oleh orang lain. Hal ini untuk menghindari penyelewengan akun yang dapat merugikan nasabah tersebut. Oleh karenanya, memang sangat disarankan untuk membuat PIN yang rumit agar orang lain tidak mudah menebaknya.

Akan tetapi, perhatikan juga mengenai kemudahan nasabah dalam mengingat Pin yang rumit ini. Agar saat melakukan transaksi ataupun dalam jangka waktu yang lama, nasabah masih dapat mengingatnya. Jika memang dirasa sulit mengingat pin tersebut, maka pengguna bisa mencatatnya. Namun, pastikan untuk menjaga kerahasiaan catatan tersebut terhadap orang lain.

2. Peretasan PIN

Bagi pengguna yang merasa PIN yang dimasukkan sudah benar, tetapi sistem tidak mau menerima dan menyetujuinya, bisa jadi PIN dari pengguna tersebut telah diretas oleh pihak lain. Kasus ini bukanlah hal yang aneh, pasalnya jika terdapat orang lain yang mengetahui PIN tersebut dan kemudian merubahnya. Tentu ketika ini terjadi, nasabah asli tidak dapat memasukkan PIN Kredivonya secara benar.

Hal ini juga berdampak pada resiko penyalahgunaan akun. Dimana, bisa jadi orang yang meretas tersebut menggunakan akun dan data pribadi pengguna untuk mengambil pinjaman. Tetapi, ia tidak membayarnya melalui akun pengguna. Tentu pihak Kredivo akan menagih pinjaman tersebut kepada nasabah asli yang sesuai dengan data akun yang digunakan untuk meminjam.

Baca Juga: Syarat Dan Cara Mengajukan Limit Kredit Akulaku Terbaru

Cara Mengatasi Lupa PIN Kredivo Saat Transaksi

Ketika pengguna mengetahui PIN nya diretas oleh orang lain ataupun pengguna sendiri mengalami kelupaan akan PIN yang dimiliki saat bertransaksi, sebaiknya segera menggantinya. Tak perlu khawatir, pengguna cukup melakukan cara berikut untuk mengatasi lupa PIN kredivo saat melakukan transaksi ataupun tidak, antara lain:

     Coba masukkan PIN yang nasabah ingat untuk memastikan bahwa PIN tersebut memang salah bukan karena penulisannya.

     Pilih menu lupa PIN untuk mengganti PIN di akun kredivo pengguna tersebut.

Tambahkan Nomor HP beserta NIK nasabah untuk melakukan sinkronisasi akun dengan PIN tersebut. Penambahan nomor HP dan NIK ini haruslah sesuai dengan data yang didaftarkan pada saat pembuatan akun Kredivo tersebut.

     Kirim data tersebut agar dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya.

     Pergi ke aplikasi pesan dan cari pesan yang dikirimkan oleh Kredivo.

     Klik tautan link yang dikirimkan oleh pihak Kredivo untuk dapat mengganti PIN baru.

 Tambahkan PIN baru yang hendak digunakan, pastikan untuk selalu mengingatnya ataupun mencatatnya. Kemudian submit, maka PIN akan terkonfirmasi untuk diganti.

Itulah informasi mengenai penyebab serta cara mengatasi lupa PIN Kredivo saat transaksi sedang berlangsung. Pastikan untuk selalu menjaga catatan PIN baru ini ataupun mengingatnya. Agar kasus lupa PIN ini tidak terulang lagi.

About Dee

Seorang yang penuh rasa ingin tahu dan ambisius yang selalu mencari karya klasik. Penggemar kopi dan teknologi terbaru.