Shopee Food Merchant, Cara Daftar dan Keuntungannya

Shopee-Food-Merchant

Shopee Food Merchant  – Selain GoFood dan Grabfood, saat ini ada layanan baru dari Shopee yang melayani pembelian makanan dan minuman. Layanan terbaru dari Shopee ini diberi nama Shopee Food. Bagi Anda yang lebih sering menggunakan aplikasi di luar Shopee Food mungkin belum mengetahui layanan ini. Lantas, apa itu Shopee Food dan bagaimana cara daftar Shopee Food Merchant?

Mengenal tentang Shopee Food di Aplikasi Shopee

Bagi Anda yang sudah pernah menikmati layanan ini, tentu sudah mengetahui tentang Shopee Food ini. Layanan Shopee Food ini hampir serupa dengan layanan antar makanan melalui mitra driver yang bekerja sama dengan Shopee.

Sebelumnya, Shopee terlebih dahulu dikenal sebagai marketplace yang menjadi wadah bagi para pengusaha menjual berbagai produknya. Namun, rupanya kini pihak Shopee mengembangkan sayapnya di bidang kuliner dengan meluncurkan layanan Shopee Food.

Layanan Shopee Food sendiri sebenarnya resmi diperkenalkan sejak Januari 2021 silam. Beruntungnya, Shopee mendapatkan sambutan yang begitu luar biasa dari para pengguna setianya itu. Tak hanya itu, bahkan banyak yang kemudian mengikuti cara daftar Shopee Food Merchant.

Di masa pandemi seperti sekarang ini, tentu jasa layanan antar makanan ini begitu menjanjikan karena keterbatasan masyarakat untuk keluar rumah. Maka, tak heran akhirnya banyak yang memilih untuk memanfaatkan jasa layanan ini. Tidak kalah menarik dengan jasa layanan antar makanan lainnya, Shopee Food juga memiliki sejumlah fitur menarik sebagai berikut.

  • Voucher Diskon Mencapai 60%

Senang memesan makanan secara online? Maka, Anda wajib mencoba layanan antar makanan dari Shopee Food ini. Fitur yang banyak diburu oleh pecinta makanan adalah adanya diskon hingga mencapai 60%. Diskon ini bisa Anda nikmati dengan maksimal sebesar 25 ribu rupiah. Anda bisa menikmati diskon ini setiap hari secara gratis. Selain itu, terdapat diskon sebesar 50% maksimal 20 ribu rupiah dan diskon 30% maksimal 20 ribu rupiah.

  • Voucher Gratis Ongkir Setiap Hari

Fifur lain yang tidak kalah menarik adalah adanya voucher gratis ongkir setiap hari yang dapat dinikmati oleh pengguna Shopee Food. Voucher gratis ongkir sebesar 12 ribu ini bisa digunakan untuk memesan makanan favorit Anda.

  • Pengiriman yang Cepat

Demi bisa memuaskan pelanggan dengan kecepatan pengiriman pesanan maka Shopee Food sudah menyediakan mitra driver sendiri yang siap mengantarkan pesanan Anda dengan cepat. Anda tidak perlu khawatir, karena makanan pesanan Anda akan dikirim langsung usai melakukan pemesanan makanan.

  • Menu yang Bervariasi dari Berbagai Merchant

Karena banyak pengusaha makanan yang kemudian mengikuti cara daftar Shopee Food Merchant, akhirnya menu yang ditawarkam di dalam Shopee Food menjadi lebih bervariasi yang berasal dari berbagai merchant, seperti KFC, Burger King, hingga merchant lainnya.

  • Sistem Pesan dan Bayar yang Mudah

Di Shopee Food, Anda tidak memerlukan aplikasi atau metode pembayaran tambahan. Sistem pembayaran yang digunakan di layanan Shopee Food adalah menggunakan saldo Shopeepay atau cash.

Baca Juga : Cara Gampang Lakukan Tracking GoSend

Mengetahui Keuntungan Menggunakan Shopee Food

Shopee-Food-Merchant.

Sebelum membahas tentang cara daftar Shopee Food Merchant, lebih baik ketahui dulu keuntungan dari menggunakan layanan Shopee Food ini. Berikut sejumlah keuntungan bagi merchant, driver, dan konsumen.

1. Keuntungan bagi Pihak Merchant Shopee Food

  • Berkat akses yang tidak terbatas oleh para pengguna Shopee maka pihak merchant diuntungkan dari segi semakin meluasnya jangkauan pasar.
  • Dapat menjadi sarana media promosi yang murah dan efektif.
  • Berkat pasar yang semakin meluas maka pendapatan akan meningkat.
  • Pemasaran dilakukan dengan mudah dan praktis.
  • Memperoleh dukungan promo dari pihak Shopee.
  • Sistem pembayaran yang mudah, cepat, dan dapat dicairkan kapan saja.
  • Sistem kerja dilakukan secara online sehingga jauh lebih fleksibel

2. Keuntungan bagi Pihak Driver Shopee Food

  • Berkat adanya sistem bagi hasil maka penghasilan sebagai mitra driver Shopee Food cukup besar dan menjanjikan.
  • Berpotensi untuk meningkatkan penghasilan tambahan, berkat adanya bonus dan insentif.
  • Jangan khawatir sepi orderan, karena pesanan masuk secara terus-menerus.
  • Sistem pembayaran yang mudah berkat dukungan sejumlah pihak perbankan.

3. Keuntungan bagi Pihak Konsumen

  • Layanan Shopee Food yang tergabung dengan aplikasi Shopee, membuat Anda tidak perlu menginstal aplikasi lainnya.
  • Makanan yang dipesan akan langsung diantar oleh pihak driver.
  • Waktu layanan pesan antar mencapai 24 jam sehari.
  • Memperoleh potongan atau diskon, hingga gratis ongkir secara langsung.
  • Dapat menggunakan voucher diskon mencapai 50% dengan nominal sebesar 25 ribu rupiah.
  • Beragamnya pilihan resto atau merchant dengan pilihan menu yang bermacam-macam.
  • Sistem pembayaran yang mudah dan praktis.

Simak Juga : Tips Mudah Lakukan Tracking Gojek

Belajar Cara Daftar Shopee Food Merchant dan Berbagai Kalangan

Layanan Shopee Food memang banyak diminati oleh para pengguna. Bagaimana cara daftar Shopee Food Merchant tersebut? Terdapat dua cara untuk mendaftar Shopee Food, baik bagi perorangan atau merchant. Berikut cara mendaftarnya.

1. Cara Daftar Shopee Food Merchant Perorangan

Cara daftar Shopee Food Merchant perorangan harus memenuhi sejumlah persyaratan sebagai berikut.

  • Memiliki KTP atau KITAS
  • Memiliki NPWPD
  • Memiliki SPPKP (Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak)
  • Foto buku tabungan pribadi

2. Cara Daftar Shopee Food Merchant untuk Badan Usaha

Cara daffar Shopee Food Merchant untuk badan usaha harus memenuhi sejumlah persyaratan sebagai berikut.

  • Memiliki KTP atau KITAS
  • Memiliki NPWP
  • Memiliki SIUP atau TDUP
  • Memiliki TDP atau NB
  • Memiliki akta pendirian usaha
  • Memiliki surat keterangan domisili
  • Foto buku tabungan yang masih aktif

Setelah memenuhi berbagai persyaratan di atas, barulah Anda bisa melakukan cara daftar Shopee Food Merchant sesuai dengan langkah-langkah berikut. Cara daftar Shopee Food Merchant ini terbilang mudah untuk diikuti.

3. Mengisi Formulir Pendaftaran Shopee Food

Cara daftar Shopee Food Merchant yang pertama adalah dengan mempersiapkan berbagai persyaratan yang dibutuhkan di atas. Selanjutnya, Anda bisa mulai mengisi formulir pendaftaran Shopee Food pada link yang telah disediakan.

1. Mengisi Alamat Email dan Nomor Telepon Aktif

Setelah membuka link tersebut, Anda akan diminta untuk mengisi alamat email beserta nomor telepon aktif. Selanjutnya, pilih opsi Berikutnya. Nanti akan muncul pertanyaan terkait dengan Shopeepay, jika Anda sudah terdaftar maka klik Ya. Jika belum Anda tinggal klik pada opsi Tidak.

2. Isi Alamat dan Lokasi Bisnis secara Detail

Anda bisa mulai mengisi alamat lokasi bisnis yang dijalankan tersebut secara detail. Jangan sampai salah dalam pengisian alamat karena dapat membuat bingung driver. Jika alamat bisnis yang ditulis tidak ada pada link maka langsung klik bagian Lainnya. Selanjutnya, tulis saja alamat secara manual.

3. Mengisi Informasi Pribadi dan Jenis Bisnis

Jika Anda sudah berhasil mengisi alamat bisnis secara detail. Selanjutnya Anda bisa mulai mengisi informasi pribadi dan jenis bisnis. Informasi pribadi tersebut biasanya berkaitan dengan nama bisnis kuliner yang dijalani. Kemudian, pilihlah jenis bisnis yang dijalankan tersebut.

4. Mengisi Bagian Kategori Bisnis

Cara daftar Shopee Food Merchant adalah mengisi bagian kategori bisnis. Anda harus menuliskan seluruh outlet yang dimiliki.

5. Mengisi Bentuk Bisnis

Pilihlah bentuk bisnis yang sesuai dengan bisnis tersebut, seperti restoran atau katering rumahan. Pastikan bahwa pengisiannya sudah tepat.

6. Mengunggah Foto Outlet

Setelah melakukan pengisian formulir yang panjang maka Anda akan diminta untuk mengunggah foto outlet yang dimiliki. Unggah foto tampak depan area outlet, selanjutnya di bagian dapur.

7. Konfirmasi Pendaftaran

Jika tahap mengunggah foto sudah selesai maka bisa langsung mengkonfirmasi pendaftaran. Nanti, pihak Shopee akan menanyakan tentang darimana Anda memperoleh informasi tersebut. Jika pendaftaran dinilai sudah selesai, Anda tinggal pilih opsi Ya dan lanjutkan dengan Kirim.

Sangat mudah bukan cara daftar Shopee Food Merchant? Anda tinggal mengikuti langkah-langkah di atas saja. Jika pendaftaran sudah berhasil, nantinya pihak Shopee akan memberitahukan melalui notifikasi yang akam diterima oleh pihak pemilik bisnis tersebut.