Cara Menghilangkan Jejak dari Pinjaman Online

4 Cara Menghilangkan Jejak dari Pinjaman Online Agar Tak Lagi Diganggu

Masyarakat sekarang semakin dimudahkan dengan adanya pinjaman melalui platform online. Tidak jarang juga peminjam ingin mengetahui cara menghilangkan jejak dari pinjaman online karena berbagai alasan. Walaupun sedang digandrungi banyak orang, pinjaman online sering mengirimkan notifikasi yang mengganggu. Untuk itu, berikut akan dibahas mengenai bagaimana menghilangkan jejak yang terdapat di pinjaman online:

Pentingnya Menghapus Jejak Pada Pinjaman Online

Ketika peminjam melakukan registrasi untuk mengajukan pinjaman melalui platform online, hal yang pasti dilakukan oleh aplikasi adalah meminta izin akses. Hal ini dibutuhkan sehingga aplikasi dapat mengakses berbagai data milik peminjam yang ada di perangkat. Tidak jarang, hal ini dapat digunakan pada saat melakukan penagihan paksa.

Biasanya cara yang digunakan dalam penagihan paksa adalah mengirimkan pesan maupun telpon yang bersifat ancaman. Tidak hanya ke diri sendiri, melainkan juga bisa ke teman hingga keluarga.

Jika terjadi tekanan seperti ini, tidak hanya dapat meresahkan kondisi mental pribadi namun juga membawa kesulitan pada orang-orang terdekat. Kejadian seperti ini sebenarnya sudah merupakan resiko dari melakukan pinjaman online.

Untuk itu, banyak orang ingin melakukan penghapusan data pribadi yang sudah tersimpan dalam pinjol. Walaupun tagihan telah berakhir biasanya customer juga sering mendapat kiriman notifikasi hingga penawaran terbaru. Bias melalui telepon, email, SMS, bahkan media sosial. Banyak orang merasa jengah karena datangnya gangguan seperti ini. Solusinya adalah menghapus data dari pinjol tersebut.

Cara Menghilangkan Jejak dari Pinjaman Online

Sebelumnya telah dibahas pentingnya menghapus data yang sudah terekam dalam data pinjaman online. Seringkali walaupun pinjaman telah dibayar, telepon maupun notifikasi masih bermunculan, berkaitan dengan penawaran dan promo terbaru. Data seperti kontak, lokasi, hingga jaringan semua dapat dihapus dengan langkah berikut:

1. Menghubungi Call Center

Cari nomor call center yang tertera di aplikasi. Apabila pinjaman yang diajukan telah lunas, pengguna dapat menelepon call center dari pinjol yang bersangkutan. Sampaikan dengan jelas jika ingin mengajukan penghapusan data. Sertakan juga berbagai bukti yang valid apabila pinjaman sudah berhasil dilunasi.

2. Menghapus Data dari Aplikasi

Buka aplikasi, lalu mulailah melakukan penghapusan data. Langkah ini sangat penting sehingga seluruh data tidak lagi bisa terdeteksi. Caranya mudah, masuk menuju menu pengaturan/settings di perangkat. Masuk menuju “Aplikasi”, kemudian carilah aplikasi pinjol yang digunakan. Klik aplikasinya, lalu pilih “Hapus data & cache”.

Sesudah melakukan cara menghilangkan jejak dari pinjaman online ini, otomatis data yang terdapat dalam pinjaman online terhapus. Ketika membuka aplikasinya lagi, maka akan terlihat seperti pertama kali mengunduh aplikasi. Ini dapat meminimalisir tersebarnya data dari peminjam.

3. Menghapus Aplikasi dan Mengganti Nomor

Hapus aplikasi pinjol yang tidak lagi digunakan. Caranya cukup mudah, yakni tekan tahan pada logo pinjaman online tersebut. Pengguna akan melihat berbagai pilihan, carilah kata “Uninstall” kemudian klik sehingga aplikasinya dapat terhapus.

Dengan begitu, aplikasi akan dihapus sehingga pengguna dapat terhindar dari keinginan meminjam lagi. Ganti nomor ponsel untuk jaminan keamanan yang lebih tinggi. Hal ini disarankan sehingga pengguna tidak lagi mendapatkan notifikasi berupa pesan dari pinjol tersebut.

4. Menghubungi OJK

Hubungi OJK apabila diperlukan. Pengguna dapat menghubunginya di kurun waktu tertentu. Tindakan ini dibenarkan jika pengguna merasa telah menyelesaikan utangnya namun data pribadi disalahgunakan oleh pihak pinjaman online. OJK dapat dihubungi melalui website, WhatsApp resmi, hingga email.

Itulah ulasan mengenai cara menghilangkan jejak dari pinjaman online. Seperti yang diketahui, pinjaman online akan menyimpan berbagai data peminjamnya. Data tersebut masih bisa diakses dan dihubungi ketika hendak menyampaikan penawaran terbaru dan informasi lainnya. Bagi banyak orang hal ini cukup mengganggu, sehingga menghapus jejak adalah pilihan yang tepat.

About Dee

Seorang yang penuh rasa ingin tahu dan ambisius yang selalu mencari karya klasik. Penggemar kopi dan teknologi terbaru.