Cara Mengatasi Minta Akses Google Drive Supaya File Dapat Dibuka

  • Whatsapp
Cara Mengatasi Minta Akses Google Drive Supaya File Dapat Dibuka

Google Drive menjadi salah satu tempat penyimpanan online yang kini banyak digunakan. Sistem penyimpanan yang aman serta akses yang mudah dilakukan membuat penyimpanan berbasis online ini banyak disukai. Untuk melakukan akses dokumen orang lain tentunya membutuhkan izin akses dari yang bersangkutan. Cara mengatasi minta akses Google Drive inilah yang terkadang masih jadi kendala beberapa orang.

Penyimpanan berbasis online satu ini memang tidak begitu saja memberikan setiap orang dapat mengakses dokumen tanpa izin. Hal ini tentu saja dilakukan untuk menjaga keamanan dokumen dari pemilik yang bersangkutan. Terkadang akan ada peringatan meminta izin akses setiap kali ingin membuka  dokumen orang lain. Lalu, bagaimana cara membuka dokumen yang terus minta izin akses? Simak ulasannya berikut ini:

Penyebab File Google Drive Tidak dapat Dibuka

Ada tiga penyebab yang sebenarnya membuat file di Google Drive tidak dapat dibuka. Mengetahui alasan dibaliknya terlebih dahulu sebelum kemudian mengetahui Cara mengatasi minta akses Google Drive tentunya juga harus dipahami oleh pengguna. Untuk itu mari simak sedikit ulasan tentang alasan file Google Drive tidak dapat dibuka berikut ini:

1. Tidak Diberikan Izin Akses

Alasan pertama kemungkinan besar memang terjadi karena pemilik file tidak memberikan izin akses untuk file tersebut. Bisa saja hal ini dikarenakan file tersebut memang tidak diperuntukkan untuk dibuka oleh orang lain. Jadi, pemilik file tidak memberikan izin akses.

2. Salah Membuka Akun Google

Jika pengguna salah ketika membuka akun Google Drive maka bisa jadi adalah alasan kenapa file tidak dapat dibuka. Pastikan bahwa akun yang telah diberikan izin akses oleh pemilik memang sudah akun yang tepat. Apabila akun tersebut berbeda maka, sudah bisa dipastikan bahwa file tidak akan dapat dibuka.

3. Akses Ditolak

Alasan terakhir kenapa file tidak bisa dibuka bisa saja terjadi karena pemilik file memang tidak memperbolehkan pengguna lain membuka file tersebut. Bisa juga karena akun pengguna memang telah dihapus oleh pemilik file supaya tidak dapat melihat file tersebut. Kemungkinan file tersebut hanya untuk orang-orang tertentu.

Cara Minta Izin Akses Google Drive

Berawal dari ketiga alasan diatas sebenarnya pengguna tetap bisa membuka file orang lain pada Google drive apabila telah mendapatkan izin dari pemiliknya. Lalu bagaimana cara minta izin akses pada pemilik file di Google Drive? Simak ulasannya berikut ini:

1. Login ke Google Drive

Cara mengatasi minta akses Google Drive yang pertama adalah login terlebih dahulu ke Google Drive. Pengguna tidak akan bisa mendapat akses kalau tidak login. Langkah selanjutnya apabila pengguna sudah berhasil masuk ke akun Google Drive maka, silahkan pilih file mana yang akan dibuka.

2. Tuliskan Pesan

Apabila file telah terbuka, nantinya akan muncul satu kotak dialog yang berisi peringatan you need access. Peringatan ini berfungsi sebagai pengingat bahwa pengguna perlu meminta izin terlebih dahulu kepada pemilik file untuk dapat membuka file tersebut. Silahkan ketikkan kalimat yang sopan pada kotak dialog kosong yang tersedia. Ketikkan permohonan izin yang sopan supaya pemilik file memberikan izin akses kepada pengguna. Langkah ini dilakukan supaya nantinya pengguna bisa membuka file yang terkunci.

3. Klik Request Access

Tahap selanjutnya adalah melakukan request access. Hal ini dapat dilakukan setelah sebelumnya pengguna meminta izin dalam bentuk ketikan di kotak dialog yang tersedia. Silahkan klik menu request access yang ada pada bagian kiri bawah kotak pesan.

4. Tunggu Konfirmasi

Pengguna diharuskan untuk terlebih dahulu menunggu konfirmasi dari pemilik file. Sebelum dapat konfirmasi, pengguna tidak dapat membuka file tersebut. Proses ini nantinya bisa saja cepat maupun lambat, tergantung dari kecepatan respon pemilik file.

5. Buka Email

Apabila pemilik file telah memberikan izin akses maka, nantinya pengguna akan mendapatkan notifikasi lewat Gmail. Jika notifikasi ini sudah muncul maka, silahkan buka link file yang telah diizinkan untuk dibuka oleh pemilik file.

Itulah cara mengatasi minta akses Google Drive supaya dapat dibuka. Lakukan permintaan izin yang sopan kepada pemilik file supaya diperbolehkan untuk membuka file yang dibutuhkan. Permintaan izin ini harus dilakukan supaya pengguna bisa mengakses file tersebut sesuai izin dari pemilik file.

Baca Juga:
Cara Melihat Cadangan Pesan WA di Google Drive dengan Mudah

Related posts