Inilah 5 Cara Mengatasi Playstore Error dengan Cepat

  • Whatsapp
Cara Mengatasi Playstore Error

Mengunduh aplikasi merupakan sesuatu hal yang tidak asing bagi setiap pengguna Android untuk melengkapi kehidupan. Biasanya tempat yang digunakan untuk mengunduh aplikasi adalah Play Store. Ada sebagian orang yang belum mengetahui mengenai cara mengatasi PlayStore error ketika saat digunakan untuk mendownload aplikasi tidak berfungsi.

Tentunya PlayStore bukan merupakan sebuah aplikasi yang asing bagi para pengguna Smartphone. Ditambah lagi yang berfungsi untuk mengisi ruang HP, namun sering terjadi kendala pada saat mengunduh sebuah aplikasi. Berikut ini merupakan bagaimana cara untuk mengatasi ketika Play Store mengalami masalah:

1. Koneksi Internet Stabil

Langkah pertama untuk solusi Playstore adalah memastikan bahwa koneksi internet yang dimiliki stabil dan tentunya kuat. Ketika koneksi internet yang didapat tidak kuat maka ini sangat mempengaruhi cara kerja dari aplikasi tersebut. Kestabilan dari akses internet juga perlu diperhatikan, maka carilah tempat yang aman untuk menjaga koneksi internet.

Untuk masalah internet ini, disarankan untuk menggunakan akses dari WiFi. Jika tidak memiliki kemampuan atau akses dari WiFi maka pastikan signal data adalah 4G. Kemudian coba untuk mendownload aplikasi yang diperlukan dan diinginkan.

2. Date & Time

Setelah cara pertama dilakukan tapi masih saja error, pengguna bisa memeriksa tanggal dan hari pada Handphone. Biasanya tanggal dan hari pada PlayStore akan diperiksa dengan Google. Jika tidak sesuai atau ada masalah ini juga akan menimbulkan atau mengganggu fungsi kerja Apps.

Hal yang pertama dilakukan bisa langsung memilih opsi Automatic date and time di pengaturan Play Store. Jika masih tidak bisa berjalan maka bisa diatur ulang dengan cara metode up to date manual.  Setelah itu bisa memulai kembali untuk mencari aplikasi yang dibutuhkan.

3. Membersihkan Cache & Data

Cara mengatasi PlayStore error yang ketiga adalah memeriksa ruang dari cache dan data. Bukalah di pengaturan, kemudian periksa apakah sudah terlalu atau tidak banyak data dan cache yang tersimpan. Pengguna bisa membersihkan terlebih dahulu cache dan data yang ada pada aplikasi.

Ketika data dan cache memiliki isi yang penuh, ini juga akan menimbulkan error. Cache sendiri merupakan sebuah tempat penyimpanan sementara, jadi ini juga memiliki pengaruh terhadap ruang penyimpanan dalam smartphone. Membersihkan cache dan data bisa mengurangi terjadinya eror atau masalah ketika ingin mengoperasikan Play Store.

4. Install Ulang

Langkah yang lain untuk mencari solusi dari masalah ini adalah ulang install aplikasi. Sebelum menginstal ulang kembali, pastikan bahwa pengguna memiliki sambungan WiFi yang kuat dan stabil. Kemudian bisa menunggu sebentar untuk instal dan update, setelah itu bisa membuka kembali.

5. Memperbaharui Akun Google

Cara mengatasi PlayStore error yang terakhir adalah dengan cara mengatur ulang akun Google yang ada pada Smartphone. Ketika sudah mencoba cara di atas tetapi masih tidak bisa mengunduh, maka bisa menggunakan langkah yang terakhir ini. Memperbaharui di sini bisa dilakukan dengan menghapus akun yang terlebih dahulu kemudian login kembali.

Langkah yang pertama bisa masuk pada tools Account, kemudian pilih remove. Tunggu beberapa detik kemudian akun akan terhapus dari Google dan selanjutnya pengguna bisa langsung login kembali. Untuk login bisa masuk dalam Google kemudian menambahkan akun dengan cara memasukan alamat Email dan password.

Itulah lima cara mengatasi Playstore error yang bisa dijadikan sebuah referensi. Ketika membutuhkan sebuah aplikasi baru dan ingin mendownload melalui Playstore ini namun terjadi error pastinya sangat membantu. Ini juga membuktikan bahwa PlayStore sendiri merupakan tempat yang mudah untuk mendapatkan aplikasi lain baik secara gratis atau berbayar.

Baca Juga:
7 Aplikasi Dewasa yang Dilarang di Playstore
5 Cara Melihat SMS di Kartu SIM yang Hilang

Related posts