Cara Mendaftar Lokasi Usaha di Google Map dan Kelebihannya

  • Whatsapp
cara mendaftar lokasi usaha di google map

Memiliki usaha yang terdaftar melalui Google Map mungkin akan memberikan keuntungan tersendiri bagi pemiliknya. Selain gratis, usaha yang terdaftar memiliki kemungkinan yang sangat menggiurkan lantaran akan memiliki kesempatan untuk meningkatkan omzet penjualan.

Bukan hanya itu saja, pembeli yang belum mengenal lokasi toko akan lebih mudah mencari lokasi toko.

Cara Mendaftar Lokasi Usaha di Google Map Dengan Laptop dan Ponsel

Penasaran bagaimana cara mendaftar lokasi usaha di Google Map dan kelebihannya? Berikut ulasannya:

1. Mendaftar Menggunakan Laptop

Cara mendaftar lokasi usaha di Google Map yang pertama ini dikhususkan untuk pengguna yang ingin mendaftarkan usaha miliknya dengan menggunakan laptop.

Langkahnya cukup mudah, pertama buka mesin pencarian seperti chrome, Mozilla dan sejenisnya. Lalu cari Google Maps menggunakan Google search, setelah itu klik ikon titik tiga yang berada pada pojok atas. Selanjutnya klik “Add Your Business” dan isi pop up yang ada dengan alamat yang jelas. Lalu tambahkan beberapa informasi mengenai penjual dan toko, lalu submit.

Jika sudah, buka terlebih dahulu email dan masukkan data yang diminta. Jika tidak terdapat email, lakukan kembali langkah awal dan pastikan jika email telah benar dan aktif. Kemudian pihak Google akan mereview tempat dan dalam beberapa hari maka lokasi yang ditambahkan akan aktif.

2. Cara Daftar Lokasi Menggunakan Ponsel

Berbeda dengan cara yang diawal yang digunakan bagi pengguna yang mendaftarkan usahanya menggunakan laptop, maka cara ini dapat digunakan untuk yang mendaftarkan usahanya melalui smartphone. Hampir serupa, namun bedanya jika melalui ponsel maka harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi Google Maps. melalui Play Store.

Jika sudah, maka aktifkan lokasi pada ponsel. Lalu klik ikon titik tiga pada pojok atas, lalu tambahkan tempat dan isikan form yang disediakan dengan benar dan tepat. Selanjutnya aplikasi akan meninjau permintaan dan jika proses telah selesai dan aktif, pengguna dapat membagikannya pada media sosial lain seperti WA, Instagram dan sebagainya.

Kelebihan Menggunakan Google Maps Untuk Usaha

Merujuk pada pembahasan cara mendaftar lokasi usaha di Google Map , jika pemilik usaha telah mendaftarkan usahanya, ternyata beragam keuntungan akan didapatkan oleh pemilik usaha yang mendaftarkan usahanya di Google Maps. Di era sekarang, peluang akan didapatkan jika pemilik usaha mendaftarkan usahanya di Google Map. Apa saja kelebihannya?

1. Bebas Biaya

Kelebihan yang paling menonjol adalah gratis atau bebas biaya. Ini dapat menjadi langkah promosi yang bagus lantaran tidak memerlukan biaya sepeserpun untuk menikmati rangkaian fitur yang disediakan.

2. Membantu Customer Menemukan Toko

Tidak hanya gratis, ternyata mendaftarkan usaha melalui Google map dapat membantu konsumen atau customer untuk menemukan toko secara offline. Konsumen hanya perlu mencari menggunakan nama toko, maka akan muncul alamat dan petunjuk arah yang mengarah ke toko atau tempat usaha yang sudah didaftarkan.

3. Memberikan Informasi yang Sangat Membantu

Kelebihan lain yang akan didapatkan adalah informasi yang terpampang di Google Maps dapat berguna untuk para konsumen yang ingin mengunjungi toko. Misalnya jam buka dan tutup, website, dan alamat lokasi.

4. Konsumen dapat Mengetahui Pelayanan dari Ulasan

Terdapat fitur yang telah disediakan oleh Google Maps yang dapat digunakan untuk mengetahui berbagai komentar dari para konsumen sebelumnya. Mulai dari ulasan tempat hingga produk atau hidangan ataupun harga.

Itulah pembahasan cara mendaftar lokasi usaha di Google Map beserta kelebihannya yang dapat dipertimbangkan. Beragam kelebihan dan cara yang mudah mungkin dapat dicoba untuk membuat usaha semakin berkembang lantaran lebih mudah dicari dan diketahui oleh customer baru.

Sekarang tak perlu bingung lagi bagaimana cara mendaftarkan usaha dengan Google Map, ikuti saja langkah di atas dan pemilik usaha akan mendapatkan beragam manfaat yang akan berguna bagi kelangsungan usaha. Selamat Mencoba!

Baca juga:

Cara Daftar Member Alfamart Beserta Aktivasi Kartu

Related posts