Ini Cara Melihat Longitude di Google Maps yang Mudah Dilakukan

  • Whatsapp
Cara Melihat Longitude di Google Maps yang Mudah Dilakukan

Biasanya sebagian besar jenis usaha seperti perusahaan, pertokoan, rumah makan menetapkan lokasi mereka di Google Maps agar mudah dicari. Begitupun dengan gedung-gedung umum, sarana wisata hingga perumahan tidak ketinggalan untuk mendapatkan lokasi akurat dengan cara melihat longitude di Google Maps lalu menetapkannya. Alih-alih langsung menuliskan alamat di Maps, penggunaan longitude terbilang lebih akurat.

Adapun longitude merupakan garis imajiner yang membentang dari lintang utara ke selatan sehingga diketahui sebagai garis lintang. Seseorang akan lebih mudah mencari lokasi dengan memanfaatkan titik koordinat atas bantuan Google Maps daripada alamat biasa. Meski belum tercatat di Google Maps, titik ini dapat membantu menemukannya. Simak cara mengetahui longitude pada suatu tempat berikut ini.

Format Titik Latitude dan Longitude yang Tepat

Jika sebelumnya diketahui bahwa longitude merupakan garis imajiner yang terbentang secara lurus dari lintang utara ke selatan dan dapat disebut dengan garis lintang. Latitude sendiri adalah garis yang terbentang dari bujur barat ke arah timur atau garis bujur. Garis lintang ini berjajaran dengan garis ekuator bumi. Titik koordinat diharuskan memuat dua hal tersebut agar didapatkan lokasi yang akurat.

Pada koordinat lintang, angka yang dituliskan memuat -90 hingga 90 derajat. Sementara, koordinat bujur ditandai dengan angka awal antara -180 hingga 180 derajat. Satuan derajat bukan dinyatakan dengan “d” namun dengan tanda (0). Penulisan angkanya pun tidak menggunakan koma melainkan titik.

Mencari Lokasi Berdasarkan Titik Koordinat yang Telah Diketahui

Jika seseorang memberikan titik koordinat suatu lokasi, jangan bingung bagaimana cara melihatnya. Titik koordinat sudah pasti mengarahkan pada suatu lokasi, pengguna bisa memakai ponsel maupun laptop/komputer untuk menemukannya. Hal yang dibutuhkan adalah aplikasi Google Maps atau dapat melalui situs maps.google.com pada komputer.

Apabila aplikasi atau situs telah terbuka, cara menelusurinya dengan menuliskan alamat longitude tersebut pada kolom pencarian. Titik ini sebagian besar berupa angka, hati-hati terdapat kekeliruan saat menuliskannya atau pengguna bisa langsung salin jika titik tersebut dikirimkan lewat pesan chat.

Titik koordinat selalu diawali dengan longitude dan latitude antara -90 hingga 90 dan -180 hingga 180 derajat. Untuk memperoleh lokasi dari koordinat yang sudah disalin tadi tekan pada logo search dan pengguna akan ditunjukkan pada sebuah pin merah. Artinya disanalah koordinat tersebut berada.

Menetapkan Lokasi dari Titik Koordinat Longitude dan Latitude Melalui Google Maps

Lokasi pengguna berada dapat diketahui dengan cara melihat longitude di Google Maps beserta latitudenya. Ini bisa digunakan untuk menetapkan alamat lokasi jika tidak memiliki koordinat yang pasti. Dengan adanya titik koordinat, lokasi yang diinginkan dapat didaftarkan pada Google Maps untuk diketahui keberadaannya oleh orang lain.

Untuk mendapatkannya pengguna dapat mengakses Google Maps baik itu melalui ponsel dengan aplikasi Google Maps atau via komputer melalui situs maps.google.com. Pada laman peta Google Maps, carilah titik yang diinginkan. Usahakan penempatan titik dibuat pas sehingga koordinat yang diperoleh lebih akurat. Jika telah ditemukan klik dan tahan sedikit lama hingga kolom search menampilkan titik koordinatnya.

Sementara untuk penggunaan website, pengguna bisa menekan klik kanan di titik lokasi yang benar dan temukan tulisan “What’s here?” dan klik. Secara otomatis sistem akan menampilkan titik koordinatnya yang diletakkan di bawah layar melalui pop up. Pengguna bisa menekan koordinat tadi untuk memunculkannya di pencarian.

Itulah sekilas cara melihat longitude di Google Maps untuk mencari atau menetapkan suatu lokasi atau tempat. Titik koordinat dari latitude dan longitude berasal dari angka dan simbol, ketelitian dalam penulisan dan saat share titik koordinat harus diperhatikan. Angka yang salah akan membawa pengguna ke alamat yang berbeda.

Baca Juga:
Cara Melihat Kemacetan Di Google Maps
Cara Mendaftar Lokasi Usaha di Google Map dan Kelebihannya

Related posts