Ini Dia Cara Melihat Google Maps 3D untuk Menikmati Wisata Virtual

  • Whatsapp
Cara Melihat Google Maps 3D

Google terus mengeluarkan inovasi terbaru untuk mengajak penggunanya berjalan-jalan virtual menyusuri setiap belahan bumi. Sebut saja fitur Street view, Google Earth yang telah lebih dulu go public sebelum diluncurkan yang paling baru yakni fitur tiga dimensi. Cara melihat Google Maps 3D pun tidak sulit asalkan pengguna mengikuti langkah-langkahnya dengan benar.

Melalui fitur ini, pengguna dapat merasakan sensasi menjelajahi suatu wilayah dengan menaiki helikopter karena Google Maps membuat pengguna seakan-akan berada di atas wilayah tersebut. Fitur 3D menjadikan wilayah yang dilihat rasanya nyata. Penasaran bukan bagaimana sensasinya? Untuk itu simak langkah melihat Google Maps 3D dalam uraian berikut ini:

Cara Menjelajahi Bumi dengan Tampilan Google Maps 3D

Jangan sedih jika belum bisa traveling mengunjungi tempat-tempat di Indonesia maupun di belahan bumi lain yang terkenal. Hadirnya fitur 3D dalam Google Earth Pro, pengguna dapat mengunjungi tempat-tempat tersebut secara virtual. Mulai dari bangunan bersejarah, pegunungan, bukit-bukit hingga bawah laut dapat ditampilkan secara tiga dimensi.

Maka dengan begitu, pengguna bisa merasakan berada di tempat tersebut tanpa harus mengeluarkan dana untuk tiket, penginapan dan lain-lain. Pengguna juga tidak perlu menyediakan waktu terlalu lama. Diperlukan Google Earth Pro untuk menikmati fasilitas ini dan mengikuti langkah-langkahnya berikut:

  • Masuk ke Google Earth Pro yang sudah terpasang pada ponsel.
  • Pada Google Earth Pro, pengguna akan menemukan tulisan “Lapisan” yang terdapat pada dasbor menu sebelah kiri. Klik menu tersebut.
  • Menu Lapisan mengarahkan pengguna pada “Database Primer” tekan pada simbol panah kanannya.
  • Klik pada “Bangunan 3D” untuk menampilkan opsi lain. pengguna juga bisa menekan tanda panahnya.
  • Pada pilihan Bangunan 3D tadi, pengguna dapat menonaktifkan atau menghapus tanda ceklis pada opsi gambar yang tidak akan dilihat.
  • Tunggulah sistem memproses gambar 3D hingga selesai. Pengguna bisa memperbesar peta tersebut agar bangunan atau lokasi semakin jelas terlihat.
  • Jelajahi tempat tersebut untuk melihat berbagai gambar dalam bentuk 3D.

Selain cara di atas, ada pula cara melihat Google Maps 3D dengan langkah lain yakni pengguna dapat menekan tombol “Earth” yang tersedia pada bagian kanan atas Google Maps. Setelah itu, sistem akan memerintahkan pengguna untuk download plug-in sebagai pendukung fitur 3Dnya.

Jika plug-in sudah tersedia, akan muncul pilihan untuk menampilkan Google Maps 3D pada layar pengguna. Tampilan tersebut akan dimunculkan di sisi sebelah kiri. Sebelum menjelajahi suatu tempat, pengguna bisa mengisi kemana akan berjelajah dari mulai lokasi awal hingga transportasi apa yang akan digunakan. Setelah selesai klik tombol 3D yang tersedia.

Menyimpan Bangunan 3D ke dalam Ponsel dalam bentuk Image

Ketika sedang berjelajah dengan Google Maps 3D pengguna dapat menemukan lokasi dan bangunan menarik sehingga terbesit keinginan untuk menyimpannya. Untuk itu, pengguna dapat mengikuti cara di bawah ini agar bangunan yang dilihat dapat disimpan:

  • Akses Google Earth Pro dan masuk pada fitur 3D dengan menggunakan langkah yang telah dibahas sebelumnya.
  • Temukan bangunan atau lokasi yang akan disimpan dengan menampilkannya pada layar.
  • Untuk menyimpannya, tekan “File” dan temukan “Simpan” lalu klik lagi “Simpan Gambar”.
  • Pada tampilan atas, tekan tombol dengan tulisan “Simpan Gambar” dan pilih folder untuk menyimpan gambar tersebut.
  • Isi kolom nama file dengan nama yang diinginkan serta pilih jenis file.
  • Tekan tombol “Simpan” untuk mengakhiri proses ini.

Itulah cara melihat Google Maps 3D untuk berjelajah virtual ke berbagai tempat yang diinginkan. Melalui fitur Google Earth Pro ini pengguna bisa menemukan hal-hal baru di berbagai tempat yang belum dikunjungi. Ini pun dapat dijadikan salah satu hiburan untuk mengusir stress dan bosan.

Baca Juga:
Cara Menggunakan Google Maps Offline Agar Hemat Data dan Baterai
Cara Melihat Longitude di Google Maps yang Mudah Dilakukan
5 Cara Melihat Kemacetan Di Google Maps

Related posts