Cara Mendaftar Akun YouTube ke Adsense untuk Pemula

  • Whatsapp
cara mendaftar akun youtube ke adsense

Cara mendaftar akun YouTube ke Adsense untuk pemula tidaklah sulit asal memperhatikan langkah-langkahnya. Setelah lelah membuat dan menayangkan video menarik untuk YouTube, ada baiknya jika seorang YouTuber bisa memperoleh revenue dari program Adsense, baik dari tiap impression ataupun dari tiap klik. Sulitkah memperoleh tambahan revenue dari Adsense? Simak tahap-tahap berikut guna menautkan akun YouTube pada Adsense:

1. Mendaftar di Gmail

Google berusaha mengintegrasikan produk-produknya termasuk layanan surat elektronik Gmail, situs penayangan video YouTube dan Google Adsense. Karena itu langkah pertama cara mendaftar akun Youtube ke Adsense ialah dengan mendaftarkan diri pemakai ke Gmail. Gmail menjadi syarat utama wajib bagi semua pemakai produk Google. YouTuber harus memenuhi syarat pertama ini supaya mendapatkan hasil yang diinginkannya.

2. Mendaftar Menjadi YouTuber

Setelah pemakai memiliki email akun pada Gmail, cara mendaftar akun Youtube ke Adsense selanjutnya ialah dengan mendaftarkan dirinya ke situs YouTube alias menjadi YouTuber. Untuk pertama kali pengguna mendaftar dengan mengklik sign up dan jika akun sudah ada selanjutnya melakukan sign in saat membuka akun YouTube. Tentunya setelah itu pengguna diharapkan mengkreasi gambar gerak dan menguploadnya ke akun YouTube miliknya.

3. Mengatur Video Manager di YouTube

Cara mendaftar akun Youtube ke Adsense selanjutnya yang harus dikerjakan adalah mengatur video manager yang sudah terdapat pada account YouTuber. Penataan video manager dilakukan dengan memilih ikon dari profil YouTuber diikuti memilih “creator studio” yang membawa YouTuber ke dashboardnya. Seterusnya akan terlihat tampilan yang tulisannya ’Buat Saluran’. Pilih menu ini.

4. Penuhi Persyaratan Tayangan

Setelah YouTuber mengupload video yang sebaiknya asli paling sedikit lima video penuhi beberapa persyaratan bagi YouTuber untuk mengikuti program Adsense. Persyaratan itu cukup berat yaitu ada seribu pelanggan yang meng-subscribe akunnya, YouTuber sudah diverifikasi, YouTuber tidak pernah melakukan aksi spam serta yang terberat telah mempunyai empat ribu jam tayang dalam tempo satu tahun paling akhir. YouTuber perlu membuat video super menarik guna memenuhi persyaratan yang ada.

5. Mengaktifkan Monetisasi YouTube

Membuat aktif monetisasi YouTube adalah cara mendaftar akun Youtube ke adsense yang selanjutnya. YouTuber hendaknya memilih “Creator Studio” kemudian berpindah ke pilihan “Saluran Status dan Fitur” yang di dalamnya ada kolom “Monetisasi’ yang harus diaktifkan. Setelah itu berilah tanda centang pada semua kotak yang ada diikuti memilih “Saya Setuju” untuk menyatakan persetujuan YouTuber.

Untuk mendaftar pada AdSense sendiri, YouTuber perlu mengisi formulir tentang persetujuan program partner YouTube dan juga data-data YouTuber seperti nama dan alamat. Jangan sampai salah ketika memasukkan data.

6. Mengaitkan YouTube dan Adsense

Cara mendaftar akun Youtube ke Adsense diakhiri dengan pilih ‘Monetisasi’, lalu pilih ‘Bagaimana Saya akan Dibayar’ serta pilih ‘Mengaitkan Akun Adsense’. Sesudahnya Youtuber dapat mengklik pilihan ‘Next’. Lalu YouTuber mengisi data. Periksa kembali data sebelum dikirimkan, jangan sampai ada kesalahan. Selanjutnya memilih ‘Kirim Permohonan Saya’.

Youtuber akan menerima email tentang posisi pengajuannya dalam tempo satu minggu. Bila permohonan Adsense yang diajukan disetujui, YouTuber akan diberitahu melalui email di akun Gmailnya. Jika belum disetujui jangan putus asa dan perlahan coba penuhi persyaratan yang ada.

Demikian cara mendaftar akun YouTube ke Adsense yang mesti diketahui oleh semua YouTuber. Lakukan dengan berhati-hati tahap demi tahap. Adapun yang terpenting dan jangan dilupakan, YouTuber sebaiknya membagikan video yang menarik para pemirsa agar syarat tayangan untuk mendapatkan penghasilan terpenuhi.

Baca Juga:
Inilah Cara Mendaftar Gmail di HP
Cara Mendaftar Lokasi Usaha di Google Map dan Kelebihannya

Related posts