Fungsi dan Cara Mendaftar Lisensi YouTube untuk Melindungi Hak Cipta

  • Whatsapp
Fungsi dan Cara Mendaftar Lisensi YouTube untuk Melindungi Hak Cipta

Sebagai kreator YouTube, penting untuk mengurus lisensi Hak Cipta. Mengurus lisensi ini dapat mengurangi risiko video diambil dan diunggah ulang secara tidak bertanggung jawab oleh orang lain. Cara mendaftar lisensi YouTube tidak rumit, namun perlu memastikan persyaratannya sudah lengkap. Hak Cipta dapat melindungi kreator dalam mengelola serta menghormati hak milik orang lain sebagai sesama pengguna YouTube. Inilah langkah untuk mengurus lisensinya.

Fungsi Lisensi YouTube

Seringkali sekarang banyak pengguna YouTube yang mengunggah kembali video dari kreator lain kemudian mendapatkan jumlah views yang banyak. Hal ini tentu menggiurkan karena bisa mendapat banyak jumlah tayangan, padahal itu adalah milik orang lain. Oleh karena itu, YouTube memberlakukan kebijakan untuk melindungi creatornya. Ada beberapa fungsi dari lisensi YouTube yaitu seperti ini:

1. Melindungi Video dari Re-Upload

Apabila ada seseorang mengunduh dan menyebarkan kembali konten (re-upload) video tanpa izin, kreator yang dilindungi Hak Cipta dapat mengajukan gugatan. Creator dapat menginformasikan pada YouTube sehingga akun yang mengunggah video tersebut bisa diblokir. Hal ini sangat berguna untuk melindungi karya creator dari pihak yang ingin menyebarkan dan mendapatkan keuntungan sendiri dengan melakukan re-upload.

2. Menggunakan Video Sesuai Izin

Jika ada pengguna lain ingin menggunakan video milik seorang kreator yang dilindungi Hak Cipta, maka harus meminta izin terlebih dahulu. Pengguna tersebut harus menjelaskan alasan penggunaan videonya kepada kreator bersangkutan dan menunggu persetujuan darinya. Jika sudah mendapat izin dan digunakan sesuai kesepakatan, barulah tidak akan dianggap pelanggaran.

Cara Mudah Untuk Mendaftar Lisensi YouTube

Lisensi Hak Cipta dapat diurus secara mudah, namun jika tidak memiliki waktu sendiri untuk mengurusnya, bisa menggunakan bantuan dari jasa yang menyediakan bantuan untuk mengurus perizinan. Melalui jasa ini kreator dapat memastikan Hak Ciptanya diurus dengan baik. Berikut cara untuk mendaftarnya:

1. Pengajuan Surat Permohonan

Ajukanlah surat permohonan untuk Direktorat Jenderal HAKI yang bertugas mengurus kekayaan intelektual. Sebagai langkah awal, pastikan bahwa surat ini dituliskan dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Suratnya disiapkan dalam jumlah dua rangkap juga menyertakan contoh karya yang telah diunggah dalam YouTube. Baik itu karya lagu, tutorial, edukasi kesehatan, dan lain sebagainya.

2. Formulir

Isilah formulir yang diberikan oleh Direktorat Kekayaan Intelektual. Langkah ini dilakukan setelah surat yang dikirimkan sebelumnya telah disampaikan dan pengajuan lisensi Hak Cipta diterima. Cara mendaftar lisensi YouTube selanjutnya yakni mengisi data pribadi pada formulir. Lengkapi data tersebut dengan materi agar tidak terkena hutang pajak. Pastikan sudah mengisi informasi secara lengkap dan benar.

3. Melengkapi Identitas

Sertakan identitas berupa fotokopi KTP dari pemohon. Hal ini berlaku jika pemohon adalah kreator pribadi. Apabila creatornya adalah sebuah perusahaan maupun badan hukum, identitas tersebut wajib dilengkapi dengan dokumen lain seperti akta legalitas dan juga akta perusahaan. Pengajuan yang dilakukan orang lain (mewakili kreator yang mengajukan Hak Cipta), maka harus disertai dengan fotokopi identitas (bisa KTP atau paspor) dari pemegang kuasa beserta surat kuasanya.

4. Menyelesaikan Pembayaran

Lakukan pembayaran untuk menyelesaikan pengurusan. Dalam cara mendaftar lisensi YouTube ini, creator dapat melakukan pembayaran melalui rekening sah dari Direktorat HAKI. Setelah pembayaran berhasil, pihak dari Direktorat akan melakukan penerimaan dan memasukkan data untuk mendaftarkan Hak Cipta creator. Tidak hanya itu, Direktorat juga akan memasukkan datanya ke daftar Hak Cipta Indonesia.

Demikian fungsi serta cara mendaftar lisensi YouTube. Melalui kebijakan ini YouTube mengambil langkah tepat untuk melindungi karya dari para kreator yang telah berusaha memberikan konten orisinil. Pengguna yang tidak bertanggung jawab mengunggah konten milik orang lain akan semakin diminimalisir.

Baca Juga:
Cara Mendaftar Akun YouTube ke Adsense untuk Pemula

Related posts