5 Cara Melihat Exif Foto Dari WhatsApp Termudah, Ini Jawabannya!

  • Whatsapp
cara melihat exif foto dari whatsapp

Dekke.net Melihat sekilas orang sedang memfoto hanya berdiri lalu mengambil foto padahal orang yang mengambil foto telah mempelajari bagaimana cara melihat exif foto dari whatsapp atau media lainnya. Para fotografer belajar mengenai cara pengambilan atau memfokuskan foto yang sebenarnya bisa dipelajari dari data foto lalu mempraktikkannya. Hal itu yang membuat foto yang dihasilkan terlihat bagus dan menakjubkan.

Fungsi lain exif foto untuk melihat sejauh mana pemahaman mengenai fotografi atau apakah teknik yang diterapkan sudah berhasil dilakukan.

Mengingat banyak angle cara pengambilan foto juga tentunya akan mempengaruhi hasil dari exif foto. Pemfokusan pengaturan kamera juga memiliki variasi yang tentunya berpengaruh pada hasil foto.

5 Cara Melihat Exif/Metadata Foto Dari WhatsApp Termudah

Berikut ini adalah beberapa media yang bisa menjadi perantara melihat exif atau metadata foto WhatsApp dengan mudah yaitu:

1. Exif Viewer Online

Exif Viewer Online bisa digunakan sebagai cara melihat exif foto dari Whatsapp melalui Google. Telusuri di Google Exif Viewer Online lalu pilih hasil pencarian teratas.

Setelah terbuka terdapat beberapa pilihan untuk mengupload file yaitu dengan memasukkan url foto pada kolom image url atau dengan cara pilih file.

Dimana akan diarahkan untuk mengambil file dari Whatsapp lalu tekan show exif untuk melihat semua informasi yang diperlukan.

2. Exit Photo Editor

Exit Photo Editor adalah aplikasi yang digunakan sebagai cara melihat exif foto dari whatsapp, mengedit, bahkan menghapus atau mengubah GPS lokasi foto.

Dapat didownload secara gratis di Play Store dan sudah didownload oleh satu juga penggunaan. Penggunaannya sama dengan memasukkan foto dari whatsapp akan muncul beberapa informasi baik mengenai copyright maupun creator secara detail.

Dari segi copyright akan muncul informasi tentang copyright, copyright status, right usage terms, dan copyright info url. Data yang muncul dari segi creature berisi tentang data diri creature. Data diri yang ada seperti nama, alamat, kota/provinsi, pekerjaan, telepon, email, dan kode pos.

3. JPEGsnoop

JPEGsnoop berfungsi mengetahui cara melihat exif foto dari whatsapp karena memang secara keseluruhan fitur-fiturnya mendukung pengamatan foto secara mendetail.

Kelebihannya bisa mendeteksi foto palsu hasil dari sebuah editan. Hasil pencarian yang akan muncul setelah foto diupload seperti exif make/model, exif makernotes, exif software dan lain-lain.

4. Melalui Komputer Atau PC

Sambungkan terlebih dahulu ponsel dengan komputer atau PC lalu buka manajer File kemudian pilih whatsapp dari beberapa file whatsapp pilih whatsapp image. Cari foto yang ingin dilihat exifnya kemudian klik kanan pada foto.

Akan muncul beberapa menu pilih propeties lalu akan ditampilkan kotak dengan beberapa pilihan seperti general, security, detail dan previous version lalu klik detail. Ditampilkan beberapa informasi seperti property, dimension, width, height, resolution, camera maker, camera model, compression, color dan lain-lain.

5. Chrome Exif Viewer

Chrome Exif Viewer dapat juga digunakan untuk melihat metadata sebuah foto. Searching Chrome Exif Viewer di Google, Chrome atau Browser lalu setelah ditemukan download aplikasi.

Jangan lupa saat mendownload pilih exif viewer setelah terdownload install aplikasi. Muncul windows baru yang tidak lain adalah Chrome Exif Viewer kemudian masukan gambar yang ingin di cek dan beberapa informasi mengenai foto akan muncul setelahnya.

Itulah beberapa cara melihat exif foto dari whatsapp yang bisa menjadi alternatif pilihan. Pengguna bisa memilih mengecek dari mana saja tapi memang yang paling mudah mengecek secara online karena praktis, tidak membutuhkan media perantara atau bisa memenuhi kapasitas penyimpanan ponsel. Exif bisa dijadikan sarana pembelajaran untuk orang yang suka memotret tanpa harus belajar di sekolah khusus fotografi.

Baca Juga:

5 Cara Melihat Kontak Yang Sering Dihubungi di WA

Related posts