6 Cara Menggunakan Kamera Panorama untuk DSLR Maupun Ponsel

  • Whatsapp
6 Cara Menggunakan Kamera Panorama

Kamera panorama adalah kamera yang hasil akhir fotonya termasuk dalam gabungan dari banyaknya foto yang mana saling bertumpuk. Maksudnya, dari beberapa foto yang tertangkap bisa dijadikan satu untuk mencapai hasil foto lebar juga meliputi semua view yang luas. Baik ponsel maupun DSLR, telah banyak tersedia aplikasi di dalamnya yang dapat digunakan sebagai cara menggunakan kamera panorama.

Pasalnya, hal ini sudah dijadikan oleh banyak orang sebagai suatu kebutuhan untuk mengambil gambar bagus demi upload dalam sosial media. Dengan beberapa fitur bawaan yang ada, sampai saat ini kamera panorama sudah menjadi sangat populer.

6 Cara Menggunakan Kamera Panorama untuk DSLR Maupun Ponsel

Lalu, bagaimana cara menggunakan kamera panorama yang bisa dilakukan oleh semua pengguna? Berikut uraian penjelasannya :

1. Mengatur Pencahayaan

Hal pertama yang harus diperhatikan dari cara menggunakan kamera panorama adalah memperhatikan pencahayaan. Alangkah lebih baik jika selalu mengatur kembali pencahayaan sebelum mengambil gambar. Jika kondisi cahaya yang selalu berubah-ubah juga tidak beraturan membuat hasil akhir nanti kurang baik. Atur cahaya dalam kamera baik ponsel maupun DSLR agar terhindar dari cahaya didepan kamera.

Caranya adalah pilihlah mode setting dalam kamera dan pilih pengaturan cahaya. Atur sesuai dengan situasi saat pengambilan gambar. Jauhkan dari mengambil foto dalam ruangan tertutup atau ruangan yang kurang cahaya. Hal itu akan sia-sia saja sebab mau diatur bagaimanapun juga, rata-rata dalam mengatur cahaya itu akan sulit ditentukan tingkat kecerahan dari objek itu sendiri.

2. Seimbangkan Posisi Kamera

Hal selanjutnya setelah mengatur cahaya adalah menyeimbangkan posisi kamera. Salah satu hal yang sering kali dilupakan oleh banyak pengguna kamera adalah posisi mengambil gambar. Normalnya, memang seharusnya saat mengambil foto itu posisi lensa harus sama. Biasanya dalam aplikasi yang sudah tersedia dalam ponsel maupun DSLR ini sudah ada panduan khusus untuk menggunakannya.

Caranya adalah hanya dengan menggeser ponsel yang ada ke arah kiri dan juga kanan guna mendapat hasil terbaik. Pada saat adanya pergeseran akan lebih baik jika dilakukan gerakan perlahan guna mendapat hasil yang tidak blur.

3. Jauhkan dari Subjek yang Bergerak

Ketiga adalah menjauhkan subjek bergerak. Subjek bergerak yang mengikuti kamera atau bisa jadi berlawanan ini akan sangat mengganggu dalam pengambilan foto. Oleh karena, selalu memperhatikan gerakan yang akan menjadikan foto blur ini. Pastikan juga untuk subjek yang diambil tidak bergerak cepat, supaya tidak menciptakan hasil yang tidak diinginkan.

4. Menggunakan Aplikasi Foto Panorama

Langkah keempat yang bisa dilakukan dari cara menggunakan kamera panorama adalah menggunakan aplikasi. Hasil maksimal yang akan membantu dalam foto terbaik adalah menggunakan aplikasi foto panorama. Hasilnya yang lebih optimal dari bawaan, hal ini juga bisa dijadikan rekomendasi para pengguna kamera. Sayangnya, hal ini hanya dapat digunakan untuk para pengguna HP saja.

Cara menggunakannya pun mudah sekali. Hanya dengan mendownload aplikasi foto panorama ada pada ponsel. Lalu sambungkan pada kamera ponsel dan aplikasi pun siap untuk digunakan.

5. Penyesuaian Kamera dengan Posisi Vertikal

Kelima adalah cara menggunakan kamera panorama adalah penyesuaian kamera dengan posisi vertikal. Dalam foto panorama alangkah baiknya lagi jika memotret dengan posisi vertikal. Hal ini karena dalam bagian tengahnya foto akan lebih sedikit distorsi baik dalam bentuk cembung atau cekung) dari bagian ujung foto.

Caranya adalah dengan bantuan dari tripod akan memperbagus dalam mengambil foto yang cukup tajam juga akurat. Apabila ingin memegang kamera dengan tangan juga tidak masalah. Asalkan cahaya yang didapat cukup sehingga shutter speed cepat.

6. Menggunakan Jarak Fokus yang Tidak Terlalu Jauh

Langkah terakhir adalah menggunakan jarak fokus pada lensa kamera yakni 50 mm. Foto panorama juga bisa terlihat alami jika membuat efek berdimensi juga dramatis. Jika ingin yang lebih lebar yakni 24-35 mm bisa juga digunakan dengan menggunakan setting dalam kamera dan pilih jarak.

Beberapa langkah diatas adalah cara menggunakan kamera panorama yang dapat digunakan baik pada ponsel maupun DSLR. Sangat mudah untuk dipraktekan karena dengan memanfaatkan aplikasi ataupun setelah bawaan dan sudah bisa menggunakannya dengan gratis. Dengan mengatur saat pengambilan gambar, maka hasil jepretan akan semakin memukau.

Baca Juga:
Cara Menggunakan Selfie Ring Light Sesuai dengan Modelnya
Cara Melihat Exif Foto Dari WhatsApp

Related posts