Bunga Akulaku dan Kredivo

Bunga Akulaku dan Kredivo, Mana yang Lebih Murah?

Dekke.net – Akulaku dan Kredivo merupakan dua aplikasi pinjaman online yang sedang banyak diperbincangkan. Pembahasan keduanya semakin sengit karena semakin miripnya penawaran yang dimiliki kedua aplikasi tersebut. Salah satu topik yang sedang panas dibahas adalah terkait bunga Akulaku dan Kredivo, lebih murah mana?

Selain itu, ada juga yang membandingkan kemudahan dan juga jumlah kerja sama  pada  merchant yang dimiliki keduanya. Penasaran apa saja hal yang menjadi perdebatan sengit antara Akulaku dan Kredivo? Simak uraian berikut ini hingga selesai!

Perbandingan Bunga Akulaku dan Kredivo

Akhir-akhir ini sedang ramai sekali perbincangan terkait perbandingan bunga yang diberikan oleh aplikasi pinjol Akulaku dengan platform pinjaman online Kredivo. Hal itu tentu sangat wajar, mengingat bunga menjadi salah satu aspek krusial dalam  melakukan perhitungan sebelum memutuskan mengambil pinjaman. Lantas, bagaimana perbandingan bunga dari kedua platform tersebut? Begini penjelasannya:

1. Bunga Akulaku

Pertama, mari bahas bunga yang ditawarkan Akulaku terlebih dahulu. Salah satu platform yang menawarkan fasilitas pinjaman online ini digadang-gadang sebagai aplikasi pinjol paling mudah dari yang lain. Namun, apakah kemudahan prosesnya tersebut berbanding lurus dengan suku bunga yang ditetapkannya? Mari kupas perhitungan bunga kredit Akulaku dengan simulasi bunga berikut ini:

Jumlah Pinjaman

Tenor

Besaran Bunga

Biaya Administrasi

Total Cicilan Perbulan

5.000.000

6 bulan

1,5% flat

1% flat

(5000.000 : 6) + (5.000.000 × 2.5%) = 958.333

2. Bunga Kredivo

Setelah mengetahui simulasi bunga yang ditetapkan oleh Akulaku, sekarang saatnya mengulas bunga yang ditetapkan oleh Kredivo. Lain halnya dengan platform pinjol sebelumnya, Kredivo dinilai memiliki sejumlah keringanan. Salah satunya adalah biaya administrasi Kredivo yang tidak setinggi dengan ketetapan Akulaku. Untuk lebih jelas lagi, berikut simulasi bunga kredit pada platform Kredivo:

Nominal Pinjaman

Rentang Waktu Pelunasan

Tingkat Bunga

Cicilan yang Harus Dibayar Per Bulan

5.000.000

Enam bulan

2.6% flat

(5.000.000 : 6) + (5.000.000 × 2.6%) = 963.333

Penawaran Lain Akulaku Vs Kredivo

Selain perbandingan bunga Akulaku dan Kredivo, beberapa hal juga turut menjadi perbincangan khalayak, seperti kemudahan pengajuan, denda keterlambatan, dan lainnya. Agar lebih jelas, simak semua hal yang menjadi perbandingan sengit kedua aplikasi tersebut berikut ini:

1. Denda Keterlambatan Akulaku Vs Kredivo

Berbicara soal denda keterlambatan pembayaran, tentu berbeda-beda setiap platformnya. Seperti halnya Kredivo dan Akulaku, selain berbeda pada segi bunga dan biaya administrasi yang ditetapkannya, kedua platform tersebut juga mempunyai perbedaan pada denda yang ditetapkannya.

Kredivo memberikan ketetapan denda pada nasabah yang terlambat membayar angsuran sebesar 3% dari total cicilan per bulan. Di sisi lain, nasabah Akulaku bisa sedikit bernafas lega. Pasalnya, platform ini hanya menetapkan denda sebesar 1% saja dari total cicilan per bulan pada nasabah yang mengalami keterlambatan pembayaran.

2. Kemudahan Pengajuan Pinjaman

Perbandingan selanjutnya datang dari segi kemudahan pengajuan pinjaman yang ditawarkan. Akulaku merupakan platform pinjol yang digadang-gadang memiliki syarat dan ketentuan yang sangat mudah bagi para calon debitur. Di sisi lain, Kredivo hadir dengan sistem yang lebih ketat dibanding Akulaku dengan syarat dan ketentuan yang cukup rumit dan sulit.

Tidak heran jika Akulaku masih menjadi platform pilihan banyak orang karena kemudahan yang diberikan nya. Tidak jarang nasabah Akulaku merupakan calon debitur yang mengalami penolakan pengajuan kredit di Kredivo.

3. Kerjasama Merchant Kredivo Vs Akulaku

Berbeda dengan aspek sebelumnya, kali ini Kredivo sedikit unggul dari Akulaku. Bagaimana tidak, Kredivo merupakan platform yang memiliki jumlah kerjasama dengan merchant terbanyak baik offline maupun online. Hal itu tentu sangat bertolak belakang dengan Akulaku dengan jumlah merchant yang bisa dihitung jari.

Itulah pembahasan terkait bunga Akulaku dan Kredivo dan juga perbandingan lainnya antara kedua aplikasi tersebut. Dari penjelasan tersebut, bisa disimpulkan bahwa Akulaku masih unggul pada bunga, denda sekaligus kemudahannya dibanding Kredivo. Namun, Kredivo jauh lebih unggul karena kemudahan menemukannya sebagai pilihan pembayaran di berbagai merchant.

About Dee

Seorang yang penuh rasa ingin tahu dan ambisius yang selalu mencari karya klasik. Penggemar kopi dan teknologi terbaru.