Cek Garansi Vivo dengan Mudah Lewat Berbagai Cara

Cek-Garansi-Vivo

Cek Garansi Vivo – Anda sering kali berganti handphone karena mengikuti trend hp keluaran baru? Jika ya, Anda wajib waspada terlebih jika Anda membeli hp tersebut bukan di tempat yang resmi. Salah-salah, Anda bisa mendapatkan hp palsu atau justru yang tidak bergaransi. Jika sudah demikian, apabila terjadi kerusakan pada hp Anda maka Anda akan kebingungan untuk melakukan klaim produk tersebut.

Tentu tanpa adanya garansi resmi, pihak service centre tidak akan mau melayani klaim yang Anda ajukan. Maka dari itu, sebelum membeli hp pastikan untuk memastikan garansi hp yang dibeli. Jika Anda membeli merk Vivo maka cek garansi Vivo tersebut secara detail.

Sebenarnya, seberapa penting keberadaan garansi pada setiap hp? Ya, tentu garansi resmi menjadi amat penting ketika tiba-tiba saja hp mengalami eror atau kerusakan selama masa garansi masih berlangsung. Jika hp yang Anda beli memiliki garansi resmi tersebut maka otomatis Anda dapat melakukan klaim produk dengan mudah.

Bahkan, di sejumlah kasus apabila terjadi kerusakan selama masa garansi masih berlaku dan memenuhi persyaratan penggantian produk dengan yang baru. Bisa jadi Anda akan diganti dengan produk hp yang baru untuk menggantikan hp yang sebelumnya diklaim garansinya tersebut.

Baca Juga : Tips Mudah Tracking GoSend

Cara Cek Garansi Vivo untuk Memastikan Keasliannya

Cek-Garansi-Vivo.

Semakin canggih teknologi, ada saja orang-orang yang kemudian memproduksi hp palsu yang tentunya tidak memiliki garansi sama sekali. Padahal, hal tersebut justru merugikan para konsumen karena tidak akan bisa mengajukan klaim apapun jika hp tersebut sudah terbukti barang palsu tanpa garansi. Berikut cek garansi Vivo yang bisa Anda coba untuk lakukan.

1. Pengecekan secara Online

Tentunya Anda perlu untuk mengetahui keaslian garansi hingga usia garansi ketika hendak membeli atau menjual hp Anda. Adanya garansi resmi dapat dijadikan klaim ketika terjadi kerusakan pada hp, tanpa perlu membayar biaya apapun. Cara cek garansi Vivo tersebut sebagai berikut.

  • Lihat tanggal yang tertera pada kartu garansi.
  • Jika tidak ada, Anda bisa cek garansi Vivo melalui nomor IMEI dan cek database
  • Semua hp yang dijual resmi di Indonesia, pasti terdaftar di sana.

2. Cek IMEI secara Online

Mungkin, ada dari Anda yang belum tahu cara melakukan pengecekan IMEI dengan sistem online. Ketika cek garansi Vivo, Anda tinggal memasukkan nomor IMEI yang dimiliki saja.

  • Pertama-tama cari tahu nomor IMEI dengan mengetikkan *#06# pada dial pad atau aplikasi telepon. Jangan lupa untuk mencatat nomor IMEI tersebut.
  • Kedua, masuklah ke link https://www.imei.info/phonedatabase/570-phones-vivo/.
  • Usai muncul kolom cek, Anda bisa memasukkan nomor IMEI Anda dan klik Cek untuk melakukan cek garansi Vivo. Apabila terdapat perintah verifikasi maka centang pada Saya Bukan Robot.
  • Secara otomatis, informasi yang berkaitan dengan hp Anda akan terlihat di sana. Jika ada tulisan WARRANTY maka garansi Anda masih aktif. Sedangkan, jika tulisan WARRANTY tidak muncul artinya masa garansi hp Anda sudah habis.

3. Cek Garansi Vivo melalui Situs Vivo

  • Pertama-tama cek garansi Vivo dengan cari tahu nomor IMEI dengan mengetikkan *#06# pada dial pad atau aplikasi telepon. Masuklah ke menu Pengaturan dan cari opsi Pengaturan Lain dan Masuk. Selanjutnya, klik Tentang Ponsel.
  • Usai mengetahui nomor IMEI Anda, masuklah ke link https://www.vivo.com/id/support/IMEI melalui browser smartphone.
  • Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor IMEI pada kolom otentifikasi yang muncul di layar hp. Masukkan nomor IMEI dengan benar dan klik Kirim.
  • Setelah itu, Anda harus mengisi CAPTCHA sesuai yang tertera di layar dan mengirimnya.
  • Jika IMEI yang dimasukkan benar maka akan tertera informasi tentang model produk, masa garansi, hingga warna produk.

4. Mendatangi Service Centre Resmi Vivo

Jika Anda sudah melakukan cek garansi Vivo dan masa garansinya masih berlaku maka Anda bisa langsung menuju ke service centre Vivo. Pihak service centre akan melakukan pengecekan terhadap hp tersebut, apakah ada kerusakan garansi atau tidak. Jika kerusakan tidak disebabkan oleh pengguna maka akan diganti dengan unit baru, namun dengan catatan kerusakan terjadi dalam kurun waktu 15 hari sejak pembelian produk.

Selain garansi kerusakan, rupanya Vivo juga memberikan garansi 6 bulan untuk penggantian akibat kerusakan earphone, charger, baterai, hingga kabel USB. Ketika hendak melakukan klaim garansi ke service centre, pastikan untuk membawa kelengkapan seperti buku pembelian yang valid. Tidak hanya itu, sticker nomor IMEI yang ada pada buku garansi tidak boleh robek.

5. Cek Menggunakan Aplikasi Vivo

Cek garansi Vivo selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi resmi Vivo.com. Aplikasi tersebut dapat Anda unduh secara gratis melalui Google Playstore. Berikut langkah-langkah pengecekannya.

  • Unduh aplikasi Vivo melalui Google Playstore dan instal di hp.
  • Selanjutnya, cek garansi Vivo dengan membuka aplikasi tersebut.
  • Tap di bagian menu paling bawah yang tertera di aplikasi, karena opsi tersebut terletak di bagian bawah.
  • Secara otomatis akan muncul kartu garansi elektronik Anda. Anda bisa melihat masa aktif garansi hp Anda di sana.

Simak Juga : Cara Mudah Daftar Shoope Food Merchant

Aturan Penggantian dan Perbaikan Menggunakan Garansi

Setelah memastikan cek garansi Vivo masih berlaku atau tidak. Selanjutnya, sebelum melakukan klaim garansi ke pihak Vivo maka sebaiknya perhatikan hal-hal berikut.

  1. Jika terjadi kesalahan fungsional yang diakibatkan oleh kualitas ponsel maka Vivo akan memberikan penggantian unit baru secara gratis. Namun, hal ini hanya berlaku untuk jangka waktu 15 hari sejak pembelian dan garansi 1 tahun.
  2. Masa aktif garansi untuk aksesoris hanya berlaku selama 6 bulan sejak masa pembelian.
  3. Supaya mendapatkan garansi penggantian dan perbaikan maka harus menunjukkan bukti pembelian yang valid dan buku garansi. Jangan sampai kedua hal tersebut hilang, rusak, atau tidak dibawa.

Cara Mengecek Keaslian Hp Merk Vivo

Setelah mengetahui cara mudah cek garansi Vivo, rasanya Anda juga perlu mengetahui cara untuk melakukan pengecekan keaslian dari hp Vivo yang Anda beli. Berikut cara melakukan pengecekan produk, selain cek garansi Vivo yang sudah dijelaskan di atas sebelumnya.

  1. Melalui pengecekan nomor IMEI dengan cek garansi Vivo melalui link http://www.imei.info/.
  2. Membandingkan harga hp yang satu dengan lainnya. Jangan senang jika mendapatkan harga miring di luar harga pasaran, karena bisa jadi hp yang ditawarkan tersebut palsu atau produk BM.
  3. Melihat fisik Vivo apakah serupa dengan versi resminya atau tidak.
  4. Melihat spesifikasi dari hp Vivo yang ditawarkan. Periksa juga versi software melalui menu Pengaturan.

 

Sekarang, Anda sudah tidak bingung lagi jika hendak melakukan cek garansi Vivo dan juga keaslian dari produk hp tersebut. Caranya sudah dijelaskan sejelas mungkin di atas. Semoga informasi ini dapat membantu Anda jika sewaktu-waktu hendak melakukan  cek garansi Vivo untuk melakukan klaim garansi produk jika terjadi kerusakan