aplikasi pengecil ukuran video

6 Aplikasi Pengecil Ukuran Video Untuk Menghemat Memori

Mengunduh video atau sekedar menyimpan video di smartphone bahkan PC sering dilakukan banyak orang. Namun, ukuran video yang terlalu besar apalagi dalam jumlah banyak dapat menghambat performa perangkat. Oleh karena itu, cobalah aplikasi pengecil ukuran video supaya tidak memakan banyak memori.

Saat ini kebanyakan orang gemar streaming drama atau serial. Di sisi lain, tidak sedikit juga yang memilih untuk mengunduhnya. Hal itu meminimalisir gangguan jika sinyal sedang buruk. Jika video berukuran terlalu besar beberapa aplikasi pengecil video ini dapat membantu yaitu:

1. Aplikasi VidCompact

Saat ini tidak masalah jika ingin mengkompres video berukuran besar karena sudah banyak perangkat lunak atau aplikasi pengecil video. Salah satunya bernama VidCompact. Aplikasi ini dapat digunakan pada smartphone. Telah diunduh sekitar 319 ribu dengan rating yang bagus di Google Play.

Tampilan VidCompact sederhana sehingga mudah digunakan bagi pemula. Tersedia fitur kompres video, potong video hingga pengubah file video menjadi audio ataupun sebaliknya. Dengan begitu aplikasi ini dapat digunakan sesuai kebutuhan pengguna. Mengubah ukuran video pun menjadi praktis.

2. Aplikasi Video Dieter 2

Adapun aplikasi mengecilkan ukuran video lainnya yang dapat diunduh di smartphone adalah Video Dieter 2. Aplikasi ini telah diunduh sebanyak 1 juta orang di Google Play. Tampilan aplikasi sederhana dan mudah dipahami oleh pengguna.

Tentu saja fitur yang ditawarkan dapat untuk mengompres video menjadi ukuran yang sangat kecil. Namun dengan kualitas yang terbilang bagus. Hasil video yang telah dikompres dapat langsung dibagikan melalui media sosial yang diinginkan.

3. Aplikasi Smart Video Compressor

Aplikasi pengecil ukuran video bernama Smart Video Compressor memiliki ikon berwarna merah muda. Cukup menarik perhatian karena menawarkan fitur khusus untuk mengubah ukuran video. Tampilan aplikasi praktis dan mudah untuk dipahami.

Smart Video Compressor ini menyediakan fitur untuk mengatur kualitas video, mengubah ukuran serta menentukan kecepatan proses mengecilkan video. Adanya kemudahan tersebut, memungkinkan untuk menghemat ruang penyimpanan pada perangkat. Sehingga performa perangkat yang dimiliki tetap lancar digunakan.

4. Aplikasi Video Format Factory

Ada juga aplikasi Video Format Factory yang dapat diunduh pada Windows maupun Android. Dibandingan aplikasi sebelumnya, penilaian untuk Video Format Factory lebih baik berdasarkan hasil yang tertera di Google Play.

Video Format Factory dilengkapi dengan beragam tool yang memudahkan untuk mengubah video. Mulai dari ubah tipe file dengan cepat, kompres ukuran video, serta pemotong video. Fitur yang lengkap dalam satu aplikasi untuk membantu menghemat ruang penyimpanan yang penuh.

5. Aplikasi Video & Image Compressor

Tak hanya untuk mengubah ukuran video, tetapi aplikasi Video & Image Compressor dapat mengkompres ukuran foto. Aplikasi ini bisa langsung diunduh di  secara gratis. Tampilannya mudah untuk digunakan.

Video & Image Compressor memungkinkan pengguna mendapatkan hasil yang berkualitas. Dengan aplikasi ini, memudahkan pengguna mengurangi ukuran video serta foto dari ukuran besar menjadi kecil. Tipe file yang dapat diubah beragam seperti JPG, PNG serta WEBP.

6. Aplikasi Video Transcoder

Terakhir terdapat aplikasi bernama Video Transcoder yang dapat diunduh di Google Play. Meskipun penilaian dari pengguna tidak terlalu besar, aplikasi ini patut dicoba ketika ingin mengubah ukuran video. Aplikasi ini pun bebas iklan sehingga tidak mengganggu.

Pengguna dapat mengatur sendiri parameter video yang ingin diubah. Seperti kecepatan bit, resolusi video, audio, dan beberapa hal lainnya. Dengan begitu pengguna dapat merasakan sendiri hasil kompresi video yang lebih baik.

Memori yang penuh diakibatkan oleh ukuran video yang besar membuat perangkat menjadi lemot. Untuk mengantisipasinya, setiap orang dapat memilah video berukuran besar untuk diubah ukurannya. Tentunya hal itu menggunakan aplikasi pengecil ukuran video agar tidak memakan banyak memori perangkat.

About Dee

Seorang yang penuh rasa ingin tahu dan ambisius yang selalu mencari karya klasik. Penggemar kopi dan teknologi terbaru.