Cara Menggunakan DiskDigger Photo Recovery untuk Mengembalikan File yang Terhapus

  • Whatsapp
Cara Menggunakan DiskDigger Photo Recovery untuk Mengembalikan File yang Terhapus

Beberapa file seperti foto dan video yang terlalu banyak mungkin membuat pemilik smartphone menginginkan untuk menghapusnya karena memenuhi memori. Hanya saja, bagaimana ketika ada file penting yang ikut terhapus? Tentu akan membawa kesulitan tersendiri. Pengguna perlu mencoba mengetahui cara menggunakan DiskDigger photo recovery untuk mengembalikan file.

Oleh karena itu, pengguna tidak perlu merasa cemas atau khawatir apabila smartphone yang dimiliki tidak memiliki fitur trash bin atau pembuangan sementara. Sebenarnya aplikasi ini dapat memulihkan berbagai file namun terbatas pada beberapa tipe pada DiskDigger gratis. Lantas bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikannya? Simak langkahnya berikut ini:

1. Unduh Aplikasi Pada Smartphone

DiskDigger merupakan aplikasi yang dapat memulihkan file misalnya seperti foto dan video yang banyak dipilih. Aplikasi ini dapat diunduh di Google Play Store dan pengguna dapat memilih sesuai keinginan karena terdapat yang berbayar dan gratis. Perbedaan antara keduanya adalah pada tipe file yang dapat dipulihkan, pada DiskDigger berbayar dapat memulihkan hingga 42 tipe.

Pengguna dapat mencoba untuk mengunduh DiskDigger tanpa perlu membayar karena kemampuan untuk memulihkan file saja. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunduhnya di Google Play Store dan tunggu beberapa saat. Setelah mengunduh, biasanya smartphone akan melakukan scanning dan pemasangan lalu klik aplikasi jika sudah terpasang.

2. Mulai dan Izinkan Aplikasi DiskDigger

Setelah klik aplikasi DiskDigger, pengguna akan melihat berbagai fitur DiskDigger namun pilih start basic photo scan agar aplikasi dapat membaca telepon dan memori. Biasanya pada beberapa smartphone akan muncul notifikasi perizinan untuk mengakses file. Pengguna dapat memilih izinkan yang berarti bahwa aplikasi dapat membaca file yang tersimpan di dalam smartphone.

3. Tentukan Tipe File yang akan Dipulihkan

Langkah dan Cara menggunakan DiskDigger photo recovery selanjutnya adalah melakukan filter untuk memilih jenis file yang akan dipulihkan. Pada tahap ini, pengguna harus memastikan bahwa foto atau video telah muncul setelah mengizinkan akses file. Kemudian apabila pengguna ingin memulihkan video pilih mp4 sedangkan jika ingin memulihkan foto pilih jpg atau png sesuai tipe foto.

Sebenarnya cara ini bukan merupakan suatu keharusan tahap yang harus dilakukan, namun akan lebih memudahkan pencarian. Selain itu, apabila pengguna sudah mengetahui foto atau video apa yang akan dipulihkan maka lebih cepat. Cara ini merupakan filter untuk melakukan pencarian sebelum memulihkan file.

4. Tandai untuk Memilih File yang Ingin Dipulihkan

Pengguna dapat menandai foto, video atau file yang akan dipulihkan ketika telah menemukannya. Tahap ini akan lebih baik jika dilakukan secara sekaligus dan menandai seluruh file yang ingin dipulihkan oleh pengguna. Setelah ditandai, klik save yang dilambangkan oleh kartu memori di sudut kanan atas sebelah lambang gir atau roda sebagai pengaturan.

5. Atur Tujuan Penyimpanan File

Langkah selanjutnya ketika pengguna sudah klik save adalah untuk menentukan dimana file akan tersimpan. Pengguna dapat memilih tujuan penyimpanan file yang diinginkan karena terdapat berbagai macam penyimpanan. Terdiri atas penyimpanan lokal atau tersimpan di telepon, Drive, Gmail, Dropbox, dan sebagainya yang disesuaikan dengan keinginan pengguna.

Itulah penjelasan mengenai cara menggunakan DiskDigger photo recovery yang sangat mudah dilakukan. Kini, pengguna dapat langsung mencoba cara di atas. Setiap tahap atau cara perlu diperhatikan dan diikuti agar pengguna tidak kebingungan untuk memulihkan file yang diinginkan. Pastikan juga bahwa selama proses pemulihan, smartphone pengguna tetap terhubung ke jaringan internet.

Baca Juga:
5 Cara Melihat File Sampah di HP Vivo Sangat Mudah
5 Cara Memperbaiki File Video Yang Rusak Setelah di Recovery

Related posts