5 Aplikasi Mind Map Gratis yang Keren dan Sangat Patut Untuk Dicoba

  • Whatsapp
aplikasi mind map gratis

Aplikasi mind map gratis adalah alat brainstorming yang memungkinkan penggunanya membuat diagram visual dari ide-idenya. Pengguna aplikasi tersebut bisa membuat peta pikiran ataupun peta konseptual yang menggambarkan hirarki serta hubungan antara berbagai ide. Aplikasi-aplikasi semacam itu dapat berupa aplikasi brainstorming sederhana hingga visualisasi data yang kompleks dan alat-alat pembuat diagram.

Beberapa tahun sebelumnya, aplikasi untuk membuat mind map sulit ditemukan dan fungsinya terbatas. Namun untungnya, saat ini pengembangan aplikasi mind map pada platform iPad dan Android telah matang. Bahkan beberapa vendor juga menyediakan solusi untuk berbagai platform, mulai dari desktop, tablet, hingga solusi berbasis cloud.

5 Rekomendasi Aplikasi Mind Map Gratis dan Terbaik Untuk Dicoba

Berikut adalah 5 aplikasi mind map yang keren dan dapat digunakan secara gratis:

1. Mind Map & Note Taking Tool – MindMeister

Aplikasi ini berhasil mengembangkan mind map tetapi tidak memiliki banyak kerumitan sebagaimana yang biasa ditemukan aplikasi mind map lainnya. Namun, kesederhanaan dan sistem aplikasi yang dirancang dengan baik tentunya lebih penting daripada mengemas semua fitur dari aplikasi berbasis desktop.

MindMeister menawarkan akun gratis dengan jumlah map terbatas tetapi juga memungkinkan pengguna untuk memperluas ke akun berbayar. Sayangnya, perangkat harus terhubung ke internet untuk menggunakan aplikasi. Andai saja aplikasi bekerja secara offline, itu akan memiliki peringkat lebih tinggi dalam evaluasi.

2. Mindomo

Mindomo juga merupakan aplikasi mind map gratis yang mengesankan. Aplikasi ini kaya fitur dengan dukungan manajemen tugas dan pemformatan layout di samping fungsionalitas standar “add a node”. Mindomo memiliki user interface intuitif yang memungkinkan pengguna membuat mind map dengan cepat.

Pengguna dapat menemukan fitur manajemen layout yang berguna untuk manajemen suatu proyek. Contohnya untuk membuat struktur rincian kerja, biaya organisasi, atau Fishbone Diagram Six Sigma tergantung pada tujuan dari suatu rapat.

3. Ayoa

Aplikasi bernama Ayoa merupakan aplikasi mind mapping berbasis cloud yang menggabungkan kekreatifan dari mind map dengan visualisasi manajemen tugas dan kolaborasi. Ayoa sesuai bagi individu maupun tim yang berminat mengeluarkan ide-ide kreatif lalu berencana membuatnya menjadi kenyataan.

Tidak selayaknya aplikasi mind map lain, Ayoa menyediakan platform all-in-one. Pengguna bisa membuat peta pikiran yang indah, memantau proyek serta daftar tugas, dan juga berkolaborasi bersama orang lain. Antarmuka visual Ayoa yang unik dirancang untuk menginspirasi kreativitas serta memicu ide-ide spektakuler.

4. GitMind

GitMind merupakan satu dari sekian aplikasi mind map gratis yang sangat berguna bagi pengguna Android. Pengguna dapat segera mulai mengerjakan proyek mind map-nya segera setelah menginstal aplikasi ini karena pendaftaran akun bersifat opsional. Selain itu, meskipun gratis, tidak ada iklan yang mengganggu saat mengerjakan suatu bagan.

Terdapat ratusan template yang tersedia di dalam aplikasi. GitMind dapat digunakan secara gratis sekaligus menyediakan sejumlah fitur yang bagus pula. Salah satu fitur tersebut adalah opsi berbagi. Melalui fitur ini, pengguna dapat mengirim mind map-nya melalui URL. Secara keseluruhan, GitMind adalah aplikasi yang harus ada di setiap ponsel Android.

5. Mindly (Mind Mapping)

Mindly karena menawarkan fitur hebat serta keamanan untuk file milik penggunanya. Ini memungkinkan pengguna untuk memasukkan kode sandi ke mind map jika pengguna ingin merahasiakannya atau membatasi orang yang dapat melihat grafiknya. Selain itu, aplikasi ini terintegrasi dengan baik ke Dropbox. Bahkan Mindly juga dapat digunakan secara offline tanpa kuota internet.

Demikian tadi 5 aplikasi mind map gratis terbaik yang dilengkapi fitur menarik serta user interface keren. Mind map merupakan cara terbaik dalam menampilkan ide-ide serta menjelaskan hubungannya satu sama lain. Selain itu, kelima aplikasi tersebut bisa pula dipakai untuk kegiatan brainstorming, membuat diagram bisnis atau teknis lainnya, serta untuk keperluan business intelligence.

Baca Juga:
7 Aplikasi Pembuat CV Android Agar Dokumen Menarik Dan Dinotice
10 Rekomendasi Aplikasi Baca Komik Android Terbaik Yang Wajib Dimiliki
8 Aplikasi Baca Novel Terbaik Untuk Smartphone

Related posts