7 Aplikasi Pembuat CV Android Agar Dokumen Menarik Dan Dinotice

  • Whatsapp
aplikasi pembuat cv

Di masa yang semakin modern, tidak bisa dipungkiri bahwa hampir semua hal bisa dilakukan secara online dan digital. Era digital ini sendiri merambah kepada media yang kerap digunakan untuk pekerjaan, yaitu CV atau curriculum vitae. Anda pun yang ingin membuat lamaran bisa mencoba aplikasi pembuat CV yang mana membuat proses lebih mudah, praktis, dan cepat.

7 Aplikasi Untuk Membuat CV Terbaik Di Smartphone Yang Bisa Anda Coba

  1. Canva

Canva

Nama aplikasi Canva mungkin lebih dikenal sebagai alat untuk membuat berbagai macam jenis desain digital. Para penggunanya bisa dengan mudah menciptakan suatu poster, tampilan sosial media, hingga status penuh warna dan cerita. Namun, ternyata canva sendiri memiliki kegunaan yang lebih luas. Seperti tersedianya template untuk membuat CV atau curriculum vitae.

Sebagai salah satu aplikasi desain editor elektronik yang digandrungi para pengguna sosial media, Canva memang tidak bisa diragukan dalam hal kualitas. Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 100 juta pengguna ini bisa Anda dapatkan dari Google playstore dengan ukuran 28 Mb saja. Canva ini gratis, meski beberapa fitur hanya tersedia untuk pelanggan berbayar.

Untuk pembuatan CV sendiri, Canva menyediakan berbagai jenis template sebagai acuan penulisan resume dan dokumen terkait. Menariknya, beberapa dari template yang disediakan memiliki tampilan yang lebih catchy. Hal ini rupanya dilakukan untuk memenuhi demand akan lamaran kerja dan CV modern, yang mana menggunakan banyak warna dan desain kekinian.

  1. CV maker

CV maker CV templates 2021

Aplikasi pembuat CV yang satu ini adalah besutan dari Intelligent Cv. Di Play store sendiri, Anda bisa menemukan CV maker dengan tag CV maker Lamaran Kerja PDF berbahasa Indonesia. Inilah yang membuat CV maker masuk dalam deretan aplikasi terbaik yang bisa Anda pilih. Pasalnya, aplikasi ini telah mendukung kebutuhan penulisan daftar riwayat hidup bahasa Indonesia.

Tidak tanggung tanggung, aplikasi dengan ukuran 7.8 Mb ini telah diunduh lebih dari 10 juta pengguna. Rating ulasannya pun cukup memuaskan dengan bintang 4.6. Selain adanya support bahasa Indonesia, ternyata aplikasi ini menyediakan lebih dari ratusan template yang tersedia untuk pekerja amatir hingga profesional. Semua bisa diakses secara luring atau daring.

Deretan yang tertulis pada CV pun termasuk lengkap. Bahkan terdapat  opsi pemformatan hingga editor yang mana bisa disesuaikan dengan kebutuhan user. Seperti template untuk lamaran kerja, untuk beasiswa, atau untuk para fresh graduate. Setelah itu, layanan tulisan CV bisa dengan mudah dicetak dalam bentuk PDF (digital) atau disimpan dan dicetak dalam bentuk hardcopy.

  1. Free Resume Maker

Developer bernama resume maker turut mengeluarkan salah satu aplikasi pembuat Cv android yang cukup baru di play store. Aplikasi yang satu ini memang masih diunduh oleh segelintir orang saja. Terhitung, terdapat lebih dari 500 ribu users yang telah menggunakan dan puas dengan aplikasi berbobot 13 Mb ini. Rating pengguna pun mencapai angka 4.8.

Yang menjadi nilai plus dari aplikasi ini adalah tampilan user interface yang straightforward atau to the point. Gambaran menu dan juga CV yang diberikan pun lebih simpel, sehingga mempermudah para penggunanya untuk bernavigasi di dalam aplikasi. Di aplikasi ini, Anda pun akan disuguhi dengan puluhan template penulisan resume untuk CV dan lamaran kerja.

  1. Resume Builder And CV Maker

Resume Builder And Cv Maker

Lebih baru lagi ketimbang Free Resume, aplikasi besutan dari mobotechnology yang satu ini juga tidak mau ketinggalan kualitas. Dengan rating 4.5 pengunduh resume builder and CV maker telah melebihi angka 1 juta users. Aplikasi gratis yang satu ini memang menghadirkan deretan template dan pilihan untuk pembuatan resume, CV, ataupun dokumen terkait.

UX (user experience) dan UI (User interface) dari aplikasi pun dibuat semenarik dan berkesan profesional. aplikasi pembuat CV yang satu ini juga digadang gadang memiliki lebih dari 30 cakupan bahasa. Sayangnya, bahasa Indonesia masih belum masuk dalam daftar yang terlampir. Namun demikian, Anda pun bisa mendapat pilihan CV yang lebih luas dan mendunia.

Bagi Anda yang khawatir dengan pilihan dan fiturnya, untungnya aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis. Meskipun beberapa fitur atau template tertentu hanya tersedia untuk user berbayar, namun ketersediaan konten gratis dirasa cukup memuaskan. Anda bisa membuat, mencetak, menyimpan, dan juga menggunakan aplikasi secara offline.

  1. CV Engineer: PDF CV Maker

CV Engineer PDF CV Maker

Lagi lagi aplikasi yang cukup baru dan masih berada di angka unduhan 100 ribu pengguna berhak dijadikan pilihan. Untuk ini, CV engineer yang dirilis oleh First pick developer merupakan aplikasi yang tidak kalah berkualitas. Tampilan dari aplikasi sendiri sangat sederhana dengan warna dasar biru dan putih untuk meng highlight kesan profesional.

Deretan template untuk resume, Cv, dan dokumen terkait pun cukup banyak sehingga cocok untuk berbagai bidang kerja dan profesi. Mulai dari pekerja fresh graduate hingga profesional pun bisa membuat CV dengan mudah. Yang menarik dari aplikasi pembuat CV ini adalah fitur contoh tanya jawab interview, yang mana bisa Anda jadikan patokan untuk berlatih.

  1. Linkedin

LinkedIn

Bagi Anda yang ingin menggunakan CV modern, LinkedIn mungkin bisa menjadi pilihan yang paling pas. Idealnya, aplikasi yang satu ini adalah sosial media yang juga berhubungan dengan web lowongan kerja. Apapun yang ada di dalam profil linkedIn Anda adalah resume dan CV. Sehingga, tidak heran jika para perusahaan modern mulai beralih dengan menggunakan LinkedIn.

Segala sesuatu berkenaan dengan profil pengguna di LinkedIn berkesan profesional. Yang mana dibuat dengan tujuan untuk menarik peluang kerja dan perusahaan impian. Di sini Anda bisa mencurahkan semua pengalaman pekerjaan, pendidikan, skill, dan berbagai hal lainnya. Menariknya, Anda pun bisa mencoba dan berlatih skill kerja dari aplikasi yang satu ini.

  1. Microsoft Word

Microsoft Word

Siapa sih yang tidak kenal dengan aplikasi untuk mengetik yang satu ini? Idealnya, ms.word ditemukan untuk perangkat komputer dan laptop. Fungsinya adalah sebagai media untuk menulis dan mengetik. Di versi desktop sendiri, Ms.word terbaru telah dibekali dengan banyak template untuk pembuatan CV, resume, cover letter, dan lain sebagainya.

Hal ini termasuk dalam aplikasi pembuat CV smartphone. Anda pun bisa mengunduh MS word dari Google Playstore secara gratis. Meski deretan template untuk versi gratis dan gawai terbatas, namun Anda bisa memaksimalkan pemrosesan tulisan dengan lebih baik. Anda pun memiliki kesempatan untuk menyimpannya dalam bentuk pdf, membagikannya, atau membuka di versi web / desktop.

Dari sederet aplikasi tersebut, semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Untungnya, kebanyakan dari fitur yang ditawarkan pun tersedia di dalam versi gratisan. Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk membuat CV yang menarik, lengkap, dan juga sesuai kebutuhan. Jika tertarik, Anda pun bisa dengan mudah mengunduh aplikasi tersebut melalui Google Play Store.

Baca juga:

Rekomendasi 5 Aplikasi Tes Buta Warna Terbaik

Related posts