Aplikasi Membuat Flowchart

5 Aplikasi Membuat Flowchart Terpopuler

Dekke.net – Saat ini mengembangkan sebuah ide, alur kerja, maupun desain sebuah proyek sangatlah mudah. Pasalnya saat ini sudah tersedia aplikasi membuat flowchart. Dengan adanya aplikasi ini tentu dapat membantu mengeksplorasi kreativitas bisnis dan juga brainstorming. Berikut berbagai aplikasi untuk membuat flowchart:

1. yED Graph Editor

Merupakan salah satu aplikasi yang bagus, gratis dan memiliki lintas platform yang dapat digunakan membuat flowchart dengan mudah dan cepat. Fitur utama yang dimiliki aplikasi ini pun cukup menarik, yaitu antarmuka pengguna yang intuitif. Pengaturan otomatis elemen diagram, serta ekspor bitmap dan grafik vektor.

Aplikasi yED Graph Editor dapat digunakan membuat diagram secara manual maupun mengimpor data eksternal. Diagram yang telah dibuat dapat diekspor menjadi format PDF, PNG, SVG, serta HTML. Aplikasi ini mendukung untuk membuat bagan organisasi, mind map, ERD, dan diagram swimlane. Aplikasi ini dapat digunakan diberbagai platform.

2. GitMind

GitMind merupakan perangkat online gratis yang dapat diaplikasikan untuk membuat flowchart, diagram pohon, bagan organisasi serta diagram UML. Aplikasi GitMind memiliki beragam variasi template flowchart yang dapat dipilih. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang sederhana sehingga lebih mudah dipergunakan.

Selain itu, berbagai bentuk flowchart telah dirancang dan diatur penempatannya agar lebih mudah diakses ketika dibutuhkan. Sehingga untuk memulai membuat struktur flowchart hanya membutuhkan fungsionalitas drag and drop saja. Tidak hanya itu GitMind juga dapat mengekspor data ke format PNG, PDF, SVG, maupun JPEG.

3. Microsoft Visio

Aplikasi Microsoft Visio ini cukup populer digunakan untuk membuat diagram alur, denah rumah, desain tehnik, hingga bagan organisasi. Salah satu kelebihan dari aplikasi ini dapat dikerjakan secara tim, sehingga anggota bisa mengerjakan secara bersama-sama.

Pilihan diagram serta template grafik nya pun bervariasi menjadi kelebihan tersendiri. Sehingga pengguna dapat mengaplikasikan sesuai kebutuhan yang diinginkan. Aplikasi ini juga dapat terkoneksi antara flowchart dengan diagram yang sedang dibuat ke data real time. Sehingga apabila merubah data dapat terlihat jelas pada pemformatan dalam bentuk yang diterapkan.

4. Cacoo

Cacoo juga bisa menjadi pilihan aplikasi membuat flowchart. Pasalnya cacoo memberikan tampilan antarmuka yang sangat sederhana dan memiliki beragam template. Namun, sayangnya pada aplikasi ini tidak menyediakan bentuk flowchart seperti yang digunakan pada umumnya. Tetapi, tidak perlu khawatir aplikasi ini menyediakan banyak template bagi pemula. 

Template yang dimiliki pun beragam, mulai dari diagram venn, mind map, hingga kalender. Bagan sederhana pada Cacco digunakan untuk memasukkan atau mengcopy data, sehingga akan mempermudah membuat diagram venn, grafik sederhana, hingga trend. Cacoo juga dapat mengekspor file gambar, vector, serta powerpoint.

5. Edraw Max

Aplikasi Edraw Max telah menyediakan berbagai variasi template menarik yang telah didesain secara profesional. Edraw Max dapat mengubah file ke Visio, Word, Pdf, JPG, dan PPT. Sehingga memudahkan pengguna untuk membuat flowchart dengan mudah dan cepat.

Ikon, simbol, dan bentuk pada aplikasi Edraw Max dapat diakses secara bersama-sama. Selain itu, juga terdapat 50.000 lebih vektor bawaan yang dapat digunakan pengguna untuk membuat flowchart.

Itulah rekomendasi 5 aplikasi membuat flowchart. Semua aplikasi diatas tentu memiliki kemampuan yang berbeda. Namun, tentu memiliki fitur  yang hampir sama, seperti template dan objek yang telah disediakan. Sehingga apabila ingin membuat flowchart dengan mudah, dapat menggunakan salah satu aplikasi diatas.

About Dee

Seorang yang penuh rasa ingin tahu dan ambisius yang selalu mencari karya klasik. Penggemar kopi dan teknologi terbaru.