Tanpa Ribet Bawa Buku, Simak 8 Aplikasi Baca Novel Terbaik Untuk Smartphone

  • Whatsapp
Aplikasi baca novel terbaik

Hadirnya smartphone sebagai gawai canggih telah memberi banyak kemudahan dalam berbagai aktivitas. Tidak terkecuali bagi para bookworm atau mereka yang suka membaca literasi berupa buku bacaan. Nyatanya, digitalisasi telah mencakup berbagai media baca termasuk novel. Ratusan bahkan ribuan karya bisa Anda raih dengan deretan aplikasi baca novel berikut.

Rekomendasi Smartphone App Untuk Membaca Buku Dan Novel Terbaik

1. Webnovel

Webnovel merupakan aplikasi pertama dengan jumlah instalasi mencapai 10 juta users. Anda bisa mengunduhnya melalui google playstore dengan ukuran sebesar 38 Mb saja. Yang menjadi salah satu daya tarik dari aplikasi ini adalah update novel yang dilakukan setiap harinya (bergantung dari novel yang dibaca). Koleksi bacaannya pun bervariasi dari genre, asal, hingga terjemahan.

Tidak hanya kategori yang sangat luas, namun Anda bisa mengakses hampir seluruh novel yang tersedia secara gratis. Ada pula elemen interaktif berupa komen untuk memberi ruang diskusi bagi para pembacanya. Webnovel menggunakan sistem koin, yang mana digunakan untuk membuka chapter atau update terbaru suatu web novel setiap harinya.

Salah satu nilai plus lain dari Webnovel adalah library yang tidak hanya terbatas pada novel berisi teks saja. Di platform yang satu ini, Anda juga bisa mengakses beberapa karya lain. Karya adaptasi novel menjadi komik bergambar khas manhwa, hingga novel bergambar pun bisa dibaca dengan gratis melalui aplikasi baca novel yang memiliki basis novel online satu ini..

2. Wattpad

Wattpad – Tempat cerita menjadi hidup

Platform dengan tagline “tempat cerita menjadi hidup” yang satu ini memiliki potensi yang lebih luas dari aplikasi pada umumnya. Para penggemar membaca dapat menemukan deretan novel dari penulis kenamaan, hingga novel dari para penulis amatir. Hal tersebut karena fitur Wattpad merupakan platform menulis yang dapat dilakukan, dibagi, dan diakses oleh komunitas wattpad.

Sebagai platform yang menyediakan media untuk membaca dan menulis, jangan kaget dengan luasnya library bacaan yang tersedia. Anda bisa menemukan berbagai macam karya tulis dari penjuru dunia, atau membaca hasil karya anak bangsa yang ingin berbagi karya tulis. Begitu populernya, aplikasi yang satu ini telah diunduh hingga lebih dari 100 juta user google play store.

3. Kobo Books

Kobo Books - eBooks Audiobooks

Rakuten kobo books memang masih terkenal sebagai aplikasi luar negeri dengan koleksi novel yang beragam. Meski lebih banyak ditemukan novel berbahasa asing, tapi bukan berarti Anda akan kesulitan mencari karya anak bangsa. Beberapa karya tulis negeri pun telah dialih bahasakan dan bisa dibaca di mana saja. Karena itulah tidak heran jika aplikasi ini memiliki bintang 4.

Menariknya, aplikasi baca novel gratis di smartphone yang satu ini juga menyediakan audiobook. Yang mana aplikasi akan mendikte atau membacakan isi dari buku bacaan yang Anda pilih. Dengan begitu, Anda bisa menyimak isi cerita tanpa harus membaca. Sayangnya, fitur yang satu ini hanya tersedia untuk karya tulis berbahasa inggris.

4. Google Play Book

google play buku

Bagi pengguna android, aplikasi yang satu ini biasanya telah tersemat dalam gawai sebagai bloatware atau aplikasi bawaan. Meski berupa bloatware, kenyataannya para penggemar buku tidak akan dibuat kecewa dengan koleksi novel dan buku bacaan yang tersedia. Library bacaan yang tersedia pun mencakup ebook, audiobook, hingga artikel baik gratis atau pun berbayar.

Nilai positif dari aplikasi ini tidak hanya terbatas dari koleksi bacaan novel saja, namun Anda juga bisa mengakses literasi apapun dan dari manapun. Mulai dari bahasa Indonesia hingga bahasa lainnya, semua tersedia di Google play book. Bagi yang tidak mendapati aplikasi ini di gawainya, Google play books bisa dengan mudah diunduh melalui playstore secara gratis.

5. MoboReader

Moboreader

Platform yang ada di bawah naungan Changdu Techonology USA Co.ltd ini adalah aplikasi baca novel yang cukup muda. Jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya, nilai unduhannya masih sangat inferior karena ada di angka satu jutaan saja. Namun, bukan berarti kualitas dari MoboReader tidak memuaskan pembaca. Justru rating di playstore yang dimiliki adalah bintang 4.5.

Salah satu alasan aplikasi ini naik daun adalah koleksi novel yang tidak kalah banyak dari pilihan lainnya. Segala genre dan asal penulis pun bervariasi dengan kategori bacaan yang bermacam. Tidak hanya itu saja, MoboReader juga memiliki sistem koin yang mana memberi batasan pembaca untuk menikmati suatu karya novel. Koin digunakan untuk unlock chapter terbaru.

Meski berkesan sebagai pembatas, kegunaan fitur sistem koin itu sendiri digunakan untuk memberikan komisi setimpal bagi penulisnya. Sehingga aktivitas pembajakan dan penyebaran tidak bertanggung jawab bisa dikurangi. Anda juga tidak perlu khawatir, karena koin tersebut bisa didapatkan secara gratis setiap harinya atau membeli dengan uang nyata.

6. NovelToon

NovelToon - Baca Cerita Indonesia Gratis

Tidak mau kalah dengan aplikasi yang lainnya, Noveltoon bisa Anda jadikan alternatif aplikasi untuk membaca novel dan fanfiction secara gratis. Menariknya, di aplikasi ini telah tersedia beberapa bacaan yang telah ditranslasikan ke bahasa Indonesia. Karena itu tidak heran jika aplikasi baca novel yang satu ini memiliki rating 4,5 dan ramai digunakan pembaca nusantara.

Namun perlu Anda pahami bahwa noveltoon adalah platform Webnovel. Yang mana hanya menyajikan beberapa karya kenamaan para penulis novel kategori web. Pada umumnya, novel terkait akan memiliki chapter update secara rutin. Tidak seperti novel berbentuk buku bak Harry potter atau semacamnya, namun demikian kualitas Webnovel juga tidak kalah menarik untuk dibaca.

7. HiRead

HiRead - Novels and Comics

Bagi pembaca yang ingin mencari karya berbahasa Indonesia, HiRead adalah solusi yang paling bisa diandalkan. App smartphone yang telah diunduh lebih dari satu juta pengguna ini memiliki rating 4.5 di google play store. Hal tersebut karena koleksi buku bacaan yang ada di aplikasi ini tidak hanya terbatas pada novel berbasi web saja, ada juga beberapa komik populer menaik.

Meski sudah memiliki user interface menarik dan berbahasa Indonesia, namun koleksi bacaannya tidak terbatas untuk karya lokal saja. Terdapat banyak pilihan yang bisa Anda baca di mana pun diinginkan. Sama halnya dengan aplikasi webnovel atau noveltoon, HiRead juga menggunakan sistem koin untuk unlock dan membaca suatu update seri novel tertentu.

8. Amazon Kindle

amazon kindle

Memiliki rating 4.8, Amazon Kindle adalah aplikasi baca novel populer untuk gawai yang sayangnya tidak terlalu terkenal di negeri sendiri. Salah satu alasannya adalah ketersediaan karya bacaan cenderung berbahasa asing. Tapi jangan kaget kalau koleksi bacaannya lebih melimpah, mengingat deretan penulis profesional termasuk untuk karya fiksi, non fiksi, esai, hingga karya ilmiah.

Itulah deretan aplikasi untuk membaca novel atau buku yang cukup banyak digunakan di Indonesia. Beberapa di antaranya menyediakan berbagai literasi secara gratis dengan sistem baca tersendiri. Bahkan tidak menutup kemungkinan terdapat bacaan karya lokal. Aplikasi yang disebutkan juga memberikan kemudahan untuk mencapai novel dari penjuru dunia.

Baca juga: 7 Aplikasi Dewasa yang Dilarang di Playstore

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *