Rekomendasi 5 Aplikasi Tes Buta Warna Terbaik

  • Whatsapp
Aplikasi Tes Buta Warna

Gangguan buta warna merupakan masalah yang umum terjadi dan banyak dialami orang. Meskipun demikian gangguan mata tersebut bisa dideteksi dan dicegah sejak dini. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mudah dan praktis menggunakan aplikasi tes buta warna tanpa perlu pergi ke dokter, cukup memakai smartphone saja. Beberapa aplikasi tes tersebut, diantaranya:

1. Ishihara Color Blindness Test

Jika ingin mengecek  mata bermasalah dalam hal membedakan warna tidak perlu repot pergi ke dokter. Pasalnya, untuk mengetes gangguan tersebut bisa dilakukan di rumah dengan menggunakan aplikasi Ishihara Color Blindness Test. Apalagi Ishihara Color Blindness Test termasuk salah satu aplikasi tes buta warna terbaik.

Metode pengetesan memakai aplikasi ini sangat praktis dan mudah. Pengguna diminta untuk melihat angka yang terdapat dalam sebuah gambar atau pola. Setelah semua soal selesai dikerjakan maka hasil analisis kesehatan mata pengguna akan muncul dalam bentuk prosentase. Hal tersebut terlihat dari angka unduhannya yang berhasil menembus angka 100 ribu.

2. Warna Kebutaan Uji

Bingung mencari alat untuk mendeteksi gangguan buta warna yang mudah digunakan? Aplikasi Warna Kebutaan Uji bisa jadi pilihan paling tepat. Tool besutan iGreen Software ini terbilang unik dan menarik untuk dicoba. Pasalnya, metode tes kebutaan warna ini dikemas dalam bentuk permainan kecil dengan metode Ishihara.

Warna Kebutaan Uji menjadi  salah satu aplikasi terfavorit dengan angka unduhan tinggi mencapai 100 ribu kali. Tentu pencapaian tersebut buka tanpa sebab, salah satu alasannya adalah aplikasi ini memiliki ukuran sangat ringan yaitu 1,3 saja. Sayangnya, aplikasi ini hadir dalam bahasa Inggris. Meskipun demikian, aplikasi tersebut mudah digunakan dan dipahami.

3. Eye Test

Melihat tingginya kebutuhan masyarakat akan tool untuk pengecekan gangguan mata kini Designveloper menghadirkan aplikasi terbaiknya bernama Eye Test. Sedikit berbeda dengan aplikasi sebelumnya, Eye Test hadir dengan jumlah jenis tes lebih banyak. Pengguna tidak hanya dapat mendeteksi gangguan buta warna saja, melainkan ketajaman visual, dan sensitivitas kontras.

Terdapat banyak gangguan mata yang bisa dideteksi lebih dini menggunakan aplikasi ini seperti Glaukoma, Astigmatisme, rabun jauh atau dekat, Desaturasi merah dan lainnya. Berbekal kelebihan tersebut tidak heran jika Eye Test menjadi aplikasi favorit dengan angka unduhan sangat tinggi mencapai 1 juta kali.

4. Color Blind Test

Tidak mau kalah dengan para kompetitornya, Healthcare4mobile juga meluncurkan aplikasi terbaiknya bernama Color Blind Test. Aplikasi yang hadir untuk membantu orang-orang dalam mengidentifikasi gangguan buta warna. Sekilas tidak jauh berbeda dengan aplikasi tes lainnya karena Color Blind Test mengadopsi metode Ishihara.

Menariknya, meskipun sama-sama menggunakan metode Ishihara namun Healtcare4mobile mengemasnya dalam bentuk sebuah permainan. Hal tersebut dilakukan agar pengguna menjadi lebih tertarik dan tidak jenuh melakukan tes. Kelebihan inilah yang membuat aplikasi ini banyak digunakan dengan unduhan mencapai 100 ribu kali.

5. Color Test

Tool terbaik lainnya yang dapat digunakan untuk melihat ketajaman mata dalam membedakan warna adalah Color Test. Aplikasi besutan Vaughnweb banyak dipakai dan direkomendasikan oleh para dokter untuk mengecek masalah pada mata terutama mengenai kebutaan warna. Tampilan interface sangat sederhana jadi mudah untuk dipahami dan digunakan oleh pemula.

Pengguna tinggal melihat angka pada gambar lingkaran yang muncul pada layar. Selain bisa dipakai mendeteksi masalah buta warna, pengguna juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk melatih ketajaman mata. Ukuran aplikasi ini juga tidak terlalu besar hanya 1,8 MB saja. Angka unduhannya mencapai 100 ribu kali.

Itulah beberapa aplikasi yang dapat dijadikan tools untuk mengecek masalah buta warna. Semoga sekilas informasi mengenai aplikasi tes buta warna di atas dapat dijadikan sebagai referensi. Terutama bagi pihak-pihak yang membutuhkan alat untuk membantu mengetes kemampuan dan ketajaman mata dalam membedakan warna.

Related posts