Aplikasi Absensi Siswa Online Gratis

Inilah 5 Aplikasi Absensi Siswa Online Gratis Dan Paling Mudah

Zaman teknologi yang canggih seperti saat ini, banyak inovasi-inovasi yang muncul dari para ilmuwan ataupun programmer. Hal itu dapat dilihat dari terciptanya aplikasi absensi siswa online gratis dan mudah untuk digunakan. Dimana dengan aplikasi absensi online ini para guru atau tenaga pengajar akan lebih mudah dalam mengabsen dan mencatat kehadiran siswa-siswinya.

Dengan aplikasi absensi ini seorang guru tidak perlu lagi memanggil satu persatu nama siswa atau siswi untuk memastikan kehadirannya. Yang mana hal tersebut seringkali membuat guru merasa lelah, apalagi jika siswa-siswinya berjumlah banyak dan suka berisik. Sehingga dengan aplikasi absensi siswa online gratis ini dapat meringankan beban guru. Lalu apa saja aplikasi tersebut? Berikut penjelasannya:

1. Talenta

Aplikasi untuk mengabsen siswa secara online dan gratis yang pertama ialah aplikasi Talenta, sebuah aplikasi yang banyak diunduh dan digunakan berkat fitur-fitur yang ada di dalamnya dengan rating mencapai 4.0. Seperti fitur GPS, manajemen payroll, dan manajemen database karyawan. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur live chat yang dapat digunakan ketika mengalami kesulitan.

2. Formsapp

Aplikasi absensi siswa online gratis yang selanjutnya adalah aplikasi bernama Formsapp. Cara penggunaan aplikasi ini yaitu dengan membuat formulir absensi yang kemudian di share secara online melalui e-mail, google classroom ataupun melalui pesan WhatsApp. Barulah setelah di share, siswa-siswinya tinggal membuka link yang dibagikan dan mengisi data-data yang diminta.

Setelah semua data yang diminta dalam formulir tersebut terisi, siswa tinggal klik kirim. Maka dengan sendirinya data-data tersebut pun dikirim kepada gurunya sebagai bukti kehadiran.

Dengan aplikasi ini, guru tidak perlu merekap ulang setiap harinya, sebab di setiap harinya sistem akan mengkategorikan data-data yang masuk. Sehingga hal ini dapat mempermudah guru atau dosen untuk mengontrolnya.

3. Hadirr

Sebagaimana namanya, aplikasi ini digunakan untuk mengabsen dan mencatat kehadiran siswa-siswi secara online. Aplikasi absensi ini dilengkapi dengan fitur GPS, yang dapat menunjukkan lokasi tempat melakukan absensi.

Artinya ketika guru maupun siswa melakukan absensi namun tidak ada di kelas maka akan ketahuan melalui fitur ini. Namun, aplikasi ini memiliki kekurangan dalam hal interface yang pengoperasiannya cukup rumit.

4. Zoho Form

Aplikasi untuk mengabsen siswa secara online selanjutnya adalah aplikasi Zoho Form, sebuah aplikasi yang penggunaannya cukup mudah, yakni dengan mengisi link form yang dibagikan guru.

Selain itu, dalam aplikasi ini terdapat fitur untuk memasukkan kotak tanda tangan dalam form nya untuk diisi. Dengan hal ini, siswa pun tidak bisa berbuat curang, karena tanda tangannya pasti berbeda-beda.

5. Absensi Siswa

Aplikasi absensi siswa online gratis yang terakhir yaitu aplikasi bernama Absensi Siswa yang menawarkan banyak fitur untuk memanajemen kehadiran siswa. Dengan aplikasi ini juga pengelolaan absensi online pun akan lebih mudah, efektif dan efisien. Selain itu, dalam aplikasi ini juga tersedia fitur absensi default yang memungkinkan verifikasi kehadiran siswa dengan cepat.

Itulah beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk mengabsen dan mencatat kehadiran siswa secara online dengan mudah. Dengan aplikasi di atas juga waktu yang digunakan untuk mengabsen lebih efektif dan efisien, sebab tidak memerlukan waktu yang cukup banyak. Penggunanya pun cukup mudah dan jika terdapat kesulitan, maka bisa melihat atau menonton tutorial penggunaannya melalui YouTube atau platform lainnya.

About Dee

Seorang yang penuh rasa ingin tahu dan ambisius yang selalu mencari karya klasik. Penggemar kopi dan teknologi terbaru.