Review realme GT 5G, Flagship Killer Terbaru dari realme

  • Whatsapp
realme GT 5G Indonesia

Dekke.net – Ponsel ber-merk realme memang biasanya dikenal sebagai jagoan di segmen menengah ke bawah. Namun, belakangan ini, realme semakin menunjukkan tajinya untuk bersaing dengan produsen ponsel kelas atas. Merk ini pun berencana untuk merilis ponsel terbaru mereka, realme GT 5G, yang digadang-gadang akan menjadi “flagship killer of the year”.

Debut perkenalan realme GT sendiri diumumkan pada 15 Juni yang lalu. Produsen ponsel ini mengatakan bahwa ponsel terbaru mereka ini akan memiliki chipset berkelas tinggi sebagai jeroannya, yaitu Qualcomm Snapdragon 888 5G. Tidak heran memang mengapa ponsel ini membawa slogan Sheer Speed Flagship dalam promosinya.

Produsen ponsel realme Indonesia sendiri belum berkomentar lebih lanjut mengenai apakah ponsel realme GT akan hadir di Indonesia. Namun, melihat sejarah rilis ponsel dari produsen ini, ada kemungkinan besar bahwa pecinta realme di tanah air akan dapat menikmati performa terbaik dari ponsel ini dalam waktu dekat.

realme GT 5G China B1

Desain realme GT 5G

Dalam promosinya, realme GT diperkenalkan dalam pilihan warna Racing Yellow. Warna seperti ini biasanya banyak ditemui pada desain mobil balap dan mobil sport di kelas atas. Tidak heran memang bahwa realme GT sendiri terlihat lebih mewah dengan pilihan warna seperti ini. Kesan pertama yang didapatkan dari desainnya adalah sebuah ponsel yang menyerupai supercar.

Selain memiliki warna Racing Yellow,  pada bagian belakang ponsel ini juga  dapat ditemui sebuah garis hitam yang terbuat dari material kaca. Penambahan desain hitam seperti ini semakin menambah corak supercar yang terdapat pada ponsel realme GT 5G.

157309 phones review realme gt review image2 2t0i9kszuv

Kesan premium pada bagian belakang ponsel ini juga muncul berkat adanya material yang digunakan sebagai bahan utama untuk membentuk bagian belakang. Corak kulit ini sangat nyaman untuk digenggam serta memberikan kesan mahal terhadap keseluruhan bentuk ponsel. Sementara itu, pada bagian garis hitam di bawah kamera juga terlihat ornamen garis-garis biru yang membentuk huruf “V”. Ornamen ini membuat ponsel terlihat lebih elegan terutama ketiga elemen kaca hitam tersebut terkenal pantulan cahaya.

Kelebihan menggunakan material kulit pada belakang ponsel adalah pengguna tidak perlu khawatir lagi dengan adanya bekas sidik jari yang mungkin tertinggal pada saat penggunaan. Hanya saja, material ini belum bisa dipastikan apakah akan lebih tahan lama jika dibandingkan dengan material plastik yang biasa ditemukan pada kebanyakan ponsel.

Sementara untuk bagian depan, pengguna ponsel realme GT akan bisa menemukan layar selebar 6,43 inci yang dibuat dengan teknologi Super AMOLED. Resolusi yang ditawarkan oleh ponsel ini adalah Full High Definition Plus. Sebagai tambahan, pengguna juga akan lebih dimanjakan dengan adanya fitur refresh rate sebesar 120Hz. Untuk pengguna yang hendak menggunakan ponsel ini untuk bermain game, mereka juga akan bisa menikmati pengalaman gaming yang lebih responsif dengan adanya touch sampling rate sebesar 360Hz.

157309 phones review webstory image4

Layar yang ditawarkan oleh realme GT 5G juga terkesan lebih lega dibandingkan dengan ponsel kebanyakan karena tidak ada notch yang terletak pada bagian atas layar. Fingerprint scanner juga  diselipkan di belakang layar sehingga tidak merusak keseluruhan desain dari ponsel. Material premium yang digunakan juga membuat bodi ponsel ini menjadi lebih nyaman untuk digenggam.

Sementara itu, pada bagian  bawah ponsel terdapat slot USB-C dan audiojack 3,5 mm. Sayangnya, pengguna tidak akan bisa menggunakan micro SD dikarenakan tidak adanya slot memori tambahan pada ponsel ini.

Fitur dan User Interface realme GT 5G

Untuk pengguna yang sudah biasa menggunakan ponsel dari realme, maka user interface yang ditawarkan oleh realme GT Indonesia akan terlihat familiar. Ponsel ini memang masih menggunakan realme UI 2.0  yang biasa ditawarkan oleh produsen realme pada ponsel keluaran mereka. User interface ini sendiri merupakan modifikasi dari Android 11 sehingga  para pengguna sudah bisa menikmati berbagai fitur yang ditawarkan oleh Android versi ini.

174ad46b65

Para pengguna yang hendak menggunakan NFC juga sudah bisa menggunakannya pada ponsel realme GT. Sementara untuk para pengguna yang sering melakukan aktifitas gaming pada ponsel mereka, realme GT juga menyediakan fitur Game Space yang sangat berguna untuk meningkatkan performa ponsel pada saat digunakan untuk bermain game.

Untuk konektivitas, realme GT merupakan salah satu ponsel yang sudah menyediakan konektivitas 5G untuk para penggunanya. Terdapat juga teknologi Smart 5G yang memungkinkan ponsel untuk mengubah jaringan yang digunakan dari jaringan 5G ke 4G dan sebaliknya secara otomatis tanpa mengurangi kualitas sinyal. Pengguna juga akan terhindar dari koneksi yang buruk dengan adanya Wifi 6 yang tersedia pada ponsel ini.

Fotografi dan Video

Untuk urusan fotografi dan pengambilan video, spesifikasi realme GT 5G sudah dilengkapi dengan kamera utama yang memiliki kemampuan 64MP. Sensor kamera sendiri merupakan keluaran Sony dengan tipe IMX682. Terdapat juga fitur untuk pengambilan gambar ultra wide angle sebesar 8MP dan kamera makro 2MP. Sementara untuk kamera depan terdapat juga fitur kamera 16MP untuk pengambilan gambar dengan mode wide angle.

6b2525f870

Sementara untuk perekaman video, kamera ponsel ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi EIS dan UIS yang dapat mengurangi getaran dan menambah kestabilan gambar dalam proses pengambilan video. Resolusi maksimal dari video yang ditangkap adalah 4K dengan maksimum frame rate pada 30fps.

Performa dan Harga realme GT 5G Indonesia

Performa realme GT sudah tidak perlu diragukan lagi, mengingat chipset yang digunakan adalah Snapdragon 888 yang sudah terbukti memiliki kemampuan yang mumpuni. Selain itu, chipset ini juga memungkinkan realme GT untuk terkoneksi dengan jaringan 5G yang semakin mendukung kecepatan ponsel ini. Di dalam ponsel ini juga terdapat RAM LPDDR5 sebesar 8GB dan memori internal sebesar 128GB. Spesifikasi ini sudah sangat cukup untuk digunakan dalam berbagai keperluan.

Pada pengujiannya, realme GT 5G mampu memainkan game Genshin Impact pada kualitas Highest Frame Rate dengan menghasilkan gambar pada 60Hz. Game yang dikenal berat ini mampu dijalankan oleh ponsel ini tanpa masalah sama sekali. Adanya fitur steel vapor cooling juga membuat aktivitas gaming berat menjadi lebih nyaman tanpa adanya ancaman panas yang berlebih.

157309 phones review webstory image3 clswece0hh

Untuk performa baterai, realme GT sudah dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4.500 mAh yang digadang-gadang cukup untuk aktivitas seharian. Sementara itu, pengisian baterai juga akan lebih cepat dengan adanya fitur SuperDart Charge yang bisa mengisi kapasitas baterai hingga 100% hanya dalam 30-45 menit saja. Charger dengan daya 65W juga disertakan dalam paket penjualan.

001a316f43

Kesimpulan

Keputusan realme untuk bersaing di segmen ponsel kelas atas memang patut diacungi jempol. Adanya realme GT akan semakin menguatkan jejak realme di persaingan ponsel dalam negeri. Fitur-fitur mumpuni yang ditawarkan juga tidak kalah dengan ponsel keluaran merk lain yang sudah terlebih dahulu beredar dipasaran.

Distributor realme sendiri masih belum berkomentar resmi mengenai harga realme GT 5G Indonesia jika nantinya rilis di Indonesia. Namun, ponsel ini sudah beredar di pasaran global dan dihargai sekitar Rp. 7,8 juta rupiah. Harga yang cukup menarik jika dibandingkan dengan fitur-fitur yang ditawarkan.

Baca juga: Poco M3 Pro 5G Sudah Dirilis, Siap Bersaing Dengan realme 8 5G, Cek Harga dan Spesifikasinya

 

Related posts