Pengertian Server dan Jenis Server yang Wajib Anda Tahu

Pengertian Server Dan Jenis Server Yang Wajib Anda Tahu
pixabay.com

Pengertian server sendiri merupakan sistem pada komputer yang menyediakan sumber daya sebagai penyimpanan data dan layanan tertentu. Mungkin kadang kita tidak sadar telah menggunakan server, padahal saat kita berselancar di dunia internet sebenarnya kita sedang menggunakan server. Server ini bisa digunakan untuk menyimpan data atau dokumen tertentu, biasanya server ini digunakan untuk menampilkan website.

Pengertian Server Dan Jenis Server Yang Wajib Anda Tahu
pixabay.com

Jenis dan Pengertian Server

Mungkin kita tidak tahu bahwa server ini memiliki banyak jenis dengan berbagai fungsinya masing-masing. Misalnya untuk email, DNS, dan yang paling sering adalah untuk website. Dalam bentuk server biasanya terdiri dari hardware, software, dan virtual machine, tentunya mereka juga memiliki bentuknya masing-masing.

Misalnya saja hardware yang biasanya memiliki bentuk jaringan komputer dengan ukuran yang besar sehingga mampu menampung RAM. Nah untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa jenis dari server yang harus Anda tahu.

Web Server  

Jenis server yang pertama adalah web server, pengertian dari server satu ini adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan website. Server ini biasanya digunakan untuk pengaturan dalam memproses website dalam penyimpanan data.

Misalnya seperti dokumen HTML, file CSS, serta Javascript, nah web server ini bertugas untuk menampilkan halaman website. Sebelum itu biasanya web server akan memproses permintaan dari browser, setelah itu barulah akan dikirim ke browser dan ditampilkan.

Mail Server

Jenis server berikutnya ini berfungsi untuk menyediakan fasilitas pengelolaan serta penyimpanan data email. Mail server ini akan bertugas menampung dan meneruskan email yang berasal dari pengirim ke penerima email.

Ibaratnya mail server ini merupakan kantor pos virtual, ini Akan berfungsi saat Anda mengirimkan email maka server ini akan mengidentifikasi alamat penerima. Mail server ini biasanya digunakan oleh pebisnis karena dapat digunakan untuk mengirim email ke banyak pengguna.

Application Server

Jenis dari server berikutnya ini mungkin jarang diketahui, untuk pengertian server ini sendiri adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk memberikan layanan. Selain itu server ini juga digunakan untuk melakukan proses layanan pada setiap permintaan akses yang terhubung dengan jaringan.

Biasanya application server ini berfungsi  untuk membuat website dan aplikasi yang dinamis misalnya seperti layanan pesan dan aplikasi transaksi. Application server ini juga menyediakan layanan seperti layanan client menggunakan protokol HTTP.

Database Server

Jenis server yang berikutnya in memiliki pengertian server  yang merupakan sistem komputer yang digunakan untuk mengakses dan mengambil data. Biasanya jenis server ini banyak digunakan perusahaan dengan tujuan untuk menyimpan serta mengolah data dan informasi. Bagi Anda yang ingin mengakses server ini maka perlu untuk menggunakan bahasa query yang disesuaikan dengan database. Query yang paling populer adalah jenis SQL.