Manfaat dan Cara Melihat Engagement Instagram Terjitu

  • Whatsapp
Cara Melihat Engagement Instagram

Instagram menjadi sarana yang mampu mewadahi berbagai aktivitas. Mencari informasi, mendapatkan hiburan, hingga meraih penghasilan. Instagram kini menjadi media sosial dimana banyak pengguna memanfaatkannya untuk branding, promosi, hingga menghasilkan rupiah. Engagement menjadi poin penting di sini. Cara melihat engagement Instagram bermanfaat untuk mengetahui seperti apa algoritma akun tersebut seperti likes, komentar, serta pengikut.

Manfaat dan Cara Melihat Engagement Instagram

Manfaat Melihat Engagement

Saat ini penggunaan kata engagement cukup sering terdengar, namun mungkin belum banyak orang yang memahami apa arti serta manfaatnya. Engagement merupakan komunikasi yang terjalin antara akun pengguna dengan pengikutnya. Sebelum mengetahui cara melihat engagement Instagram, terlebih dahulu pahami manfaat dari engagement Instagram:

1. Mengukur Promosi

Manfaat pertama adalah melihat bagaimana laju promosi ataupun kampanye yang sedang dijalankan. Sebanyak apa informasi tersebut dapat dijangkau oleh pengikut dan penghuni Instagram lainnya. Semakin banyak yang melihat, artinya semakin cepat pula informasi tersebut tersebar dan mendekatkan pada tujuan postingannya. Misalnya saja mempercepat penggalangan dana, mengajak orang untuk menggunakan masker dengan benar, dan lain-lain.

2. Model Postingan Favorit dan Interaksi

Melalui engagement pengguna dapat melihat seperti apa bentuk postingan yang lebih banyak dijangkau. Bahkan bisa disukai oleh pengikut maupun yang bukan pengikut. Data lain yang didapatkan adalah hastag mana saja yang mampu menjangkau lebih banyak impresi sehingga bisa diterapkan di postingan berikutnya.

3. Analisa Postingan

Engagement bisa membantu penggunanya dalam menganalisis setiap postingan. Hasilnya dapat digunakan untuk menaikkan engagement rate. Tujuannya tentu supaya postingan yang diunggah tidak hanya dilewati saja melainkan juga diberi like, komentar, bagikan, dan sebagainya.

Cara Untuk Melihat Engagement di Instagram

Setelah mengetahui apa saja manfaat engagement, sekarang pengguna bisa mulai mencoba melihat sendiri engagement akunnya. Perlu diingat bahwa engagement tidak bisa dilihat dari akun personal. Oleh karena itu, akun harus diganti menjadi business account terlebih dahulu untuk mendapatkan data ini. Contoh akun bisnis misalnya kategori food & beverage, personal blog, education, media/news dan sebagainya yang biasanya tertera di bawah nama profil pengguna:

1. Melihat Insight

Perhatikan bagian yang bertuliskan insight dalam sebuah postingan. Ada beberapa jenis insight yaitu insight content, audience, dan activity. Caranya dengan buka sebuah postingan, kemudian tekan “View Insights”. Di sini akan ditampilkan jumlah interaksi. Ada jumlah pengunjung profil, jumlah website di-klik, juga berapa yang pernah menghubungi nomor hp yang tertera di profil Instagram.

2. Melihat Impresi

Lihat daerah Insight. Pada bagian ini tertera demografi dari pengikut akun seperti gender, usia, serta asalnya. Cara melihat engagement Instagram berikutnya adalah memperhatikan pada waktu kapan saja followers paling banyak aktif menggunakan Instagram. Hal ini berguna untuk membuat jadwal waktu posting, sehingga kemungkinan bertambahnya engagement akan lebih tinggi.

3. Menghitung Engagement

Hitunglah engagement rate dengan mengunjungi situs  https://phlanx.com/engagement-calculator dan memasukkan data yang diminta. Ada juga cara manual yang bisa dilakukan dengan mudah, yaitu memakai rumus matematika sederhana. Jumlahkan total like + komentar yang didapat dari 12 unggahan terakhir. Setelah mendapatkan angkanya, bagikan dengan jumlah pengikut. Hasil yang didapatkan dari penjumlahan tersebut adalah engagement rate. Semakin tinggi angkanya, berarti engagement rate akun tersebut semakin baik.

Itu tadi informasi mengenai manfaat dan juga cara melihat engagement Instagram. Pemahaman ini terlihat bahwa Instagram seiring perkembangan zaman bukan lagi berfungsi sebagai tempat untuk berbagi momen saja. Instagram juga menjadi ladang edukasi, lapak berjualan produk dan jasa, hingga perkembangan personal (self growth) yang dapat dilihat lajunya melalui data engagement.

Baca Juga:
5 Cara Melihat Pesan yang Dihapus di Instagram
Cara Melihat Close Friend Instagram Orang Lain, Ini Jawabannya!
5 Cara Melihat Komen Terbanyak di Instagram

Related posts