Ini Cara Menggunakan NFC untuk Pembayaran, Mudah dan Praktis!

  • Whatsapp
Ini Cara Menggunakan NFC untuk Pembayaran

Teknologi dilahirkan untuk memudahkan kehidupan manusia. Hal itu benar adanya mengingat perkembangan teknologi semakin lama semakin canggih dan dapat mempersingkat waktu penggunanya. Salah satu teknologi yang ramai dibicarakan adalah NFC. Teknologi ini dapat difungsikan untuk bermacam hal termasuk pembayaran. Cara menggunakan NFC untuk pembayaran akan dibahas pada artikel ini selengkapnya.

NFC adalah suatu teknologi yang dapat mengkomunikasikan dua perangkat dalam jarak dekat yakni kurang dari 4 cm. Hampir serupa dengan WiFi dan bluetooth, NFC memiliki fitur yang lebih mumpuni. Teknologi ini dapat melakukan pertukaran data antar ponsel hingga menyelesaikan pembayaran. Simak uraian di bawah untuk penggunaan NFC sebagai alat pembayaran.

Cek Smartphone Apakah sudah Tersedia Teknologi NFC atau Belum

NFC berisi teknologi terbarukan, tentu banyak yang ingin memiliki NFC di ponselnya. Fiturnya dapat menyambungkan perangkat tanpa perlu pairing manual serta lebih mudah, aman dan cepat. Sayangnya, tidak semua ponsel dilengkapi dengan kecanggihan ini. Untuk menelusuri apakah ponsel pengguna sudah memiliki teknologi NFC, begini cara mengeceknya:

  • Jika dikunci, buka kunci layar smartphone dan masuklah ke menu “Setting”.
  • Gulir ke bawah hingga menemukan “Connections” lalu tekan sub menu tersebut.
  • Di dalam pilihan Connections cari NFC. Jika pengguna menemukannya, berarti ponsel sudah dipasangkan teknologi tersebut.
  • Untuk mengaktifkan NFC, tekan tombol on offnya dan pastikan tersetting pada posisi “On”.
  • Maka teknologi NFC siap digunakan untuk berbagai keperluan.

Tidak semua ponsel dibubuhi perangkat NFC dan tidak semua ponsel non NFC bisa dipasangkan NFC. Teknologi ini merupakan fitur bawaan yang sudah disesuaikan dengan spesifikasi mobile tersebut. Jika ingin memasang NFC pada ponsel non NFC, harus menggali informasi terlebih dulu apakah ponsel dapat support pada fitur NFC atau tidak.

Jika memang support, proses pemasangan harus dilakukan oleh seseorang yang sudah ahli. Terdapat dua cara untuk menambahkan NFC manual yakni dengan memasang program atau memasang perangkat pada ponsel. Adapun cara lain untuk mengaktifkan NFC adalah:

  • Dalam display layar depan atau di manapun, pengguna dapat menarik layar ke bawah dari atas untuk melihat jalan pintas menu.
  • Cari NFC pada banyaknya menu disana.
  • Jika ditemukan, tap pada NFC maka fitur NFC siap digunakan.

Lakukan Pembayaran dengan Memanfaatkan NFC

Beruntunglah pengguna yang sudah memiliki NFC pada ponselnya sehingga dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Cara menggunakan NFC untuk pembayaran cukup mudah, pastikan teknologi tersebut sudah aktif dan siap digunakan. Berikut cara melakukan pembayaran melalui NFC:

1. Melihat Saldo Kartu Pembayaran

Aktifkan NFC dan install aplikasi dompet digital atau aplikasi pembayaran seperti Bukalapak, Tokopedia dan lain-lain. Di bagian belakang ponsel silahkan tempelkan kartu pembayaran pengguna lalu bukalah aplikasi pembayaran tadi. Nantinya saldo pada kartu pembayaran akan terlihat pada layar ponsel.

2. Top-up Dana ke Kartu Pembayaran

Untuk mengisi saldo kartu tol atau kartu pembayaran lain, tempelkan kartu pembayaran tersebut pada bagian belakang handphone dimana NFC terpasang. Buka aplikasi pengguna yang berisi saldo lalu tekan “Top Up”. Isikan berapa nominal yang akan dikirimkan dan akhiri proses dengan menekan tombol bayar.

3. Mengatasi Pembayaran Non Tunai dengan Teknologi NFC

Aktifkan NFC sebelum melakukan pembayaran. Selanjutnya pengguna bisa menempelkan handphone ke alat yang memberikan informasi berapa yang harus di bayar. Secara otomatis NFC akan menampilkan data pembayaran sehingga proses bayar dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Itulah cara menggunakan NFC untuk pembayaran, cek saldo hingga mengisinya pada kartu pembayaran. Di Indonesia sendiri NFC baru bisa dimanfaatkan untuk mengecek saldo pada kartu pembayaran serta mengisi dana melalui dompet digital dengan beberapa bank baik itu swasta maupun pemerintah. Hal tersebut karena penggunaan NFC belum maksimal pada beberapa perangkat sehingga fitur-fiturnya belum bisa digunakan.

Baca Juga:
Cara Membatasi Bandwidth WiFi dengan dan Tanpa Aplikasi Tambahan
Cara Melihat Password WiFi yang Tersambung di Hp dengan Aplikasi
Cara Memprioritaskan Jaringan WiFi dengan Mudah

Related posts